Sabtu, 04 April 2015

Bundaran Dan Simpang Bingung Inggris

Bundaran Dilihat Dari Dalam Bus
Buanyaknya Bukan Main Di UK
Di Riau dan Padang banyak sekali perempatan yang diberi  nama Simpang Bingung atau Simpang Paniang untuk menggambarkan betapa membingungkannya kalau lewat persimpangan jalan tersebut. Yang paling sering saya lalui adalah Simpang Bingung Rumbai, Pekanbaru. Bisa bikin sakit kepala dan pening karena biasanya tiba tiba  polisi bisa muncul entah datangnya dari mana dan langsung tagak berdiri nangkepin pengendara mobil dan motor yang kebingungan salah jalan, putar balik atau jalan mundur di Simpang Bingung tersebut.

Meskipun Pakai GPS Dan Lancar Di Highway
Tapi Begitu Ketemu Bundaran Ternyata
Gemetaran Juga Saat Diklakson Mobil Lain Karena Bingung
Di UK, ternyata lebih parah dan membingungkan lagi. Tidak pernah saya gemetaran nyetir mobil di negara negara lain. Hanya di Inggris saja saya merasa panik saat mengemudi terutama saat keluar dari highway dan mulai masuk ke kota. Gimana tidak panik, jalan jalan ditengah kota manapun di UK semuanya sempit sempit. Setiap perempatan atau pertigaan ada bundaran. terkadang jumlah bundaran lebih dari satu buah. Kalau saya memperlambat mobil, mobil lain nggak bisa lewat atau mendahului. Klakson tan tin tan tun langsung bunyi dari segala penjuru arah. Paling membingungkan di Swindon. Simpang Bingung Swindon ini saking terkenalnya diberi nama Magic Roundabout. Ada 5 bundaran kecil yang mengelilingi sebuah bundaran besar. 

Magic Roundabout Swindon
Source : Google Map
Lebih parah lagi, selain bundaran dimana mana banyak juga Lampu Bangjo atau lampu merah di setiap perempatan jalan. Benar benar 'Banyak' dalam arti yang sebenarnya karena minimal ada 16 tiang 'Lampu Bangjo' / lampu marah di setiap perempatan. Setiap sisi jalan ada 4 lampu merah. Ada juga yang 17 buah, satu buah lagi lampu bangjo kuno yang digantung tepat ditengah perempatan. Saya pernah di klakson puluhan mobil di perempatan jalan di London karena kebingungan, 4 buah lampu di sisi jalan yang saya lalui lampunya menyala beda beda. Dua disebelah kiri menyala Kuning dan Hijau dan yang sebelah kanan Merah dan Kuning. 

Nah Lo ---Belok Kemana ?
Orang Padang Menamakan Simpang Paniang
Lokasi Swindon
Biasanya saya selalu 'Jaim' meskipun agak gemetaran kalau sedang kebingungan ditengah tengah bundaran atau lampu merah. Pura pura sok tahu dan yakin, langsung tancap gas dan bablas aja meskipun tetap diklakson mobil lain juga. Malu dong orang Indonesia kok kebingungan di luar negeri. Jaga Image demi nama baik nusa dan bangsa memang sangat diperlukan. Meskipun akibatnya harus langganan ketangkap camera.


Bingung Lewat Mana
Ini Namanya Simpang Bingung Swindon


Kayak Main Boom Boom Car
Pertigaan Jalan Aja Diberi Bundaran
Lokasi Winchester


Cuma Dicat Putih Bundar Saja
Gimana Nih, Mau Lurus Diterjang Saja Atau
Putar Putar Ditengah Jalan


Ini Bundaran Juga Gunanya Apa ?
Lokasi University Of Portsmouth


Boleh Nggak Dilindas Saja Kalau Mau Lurus
Lokasi Portsmouth



Apa Maksudnya Diberi Warna Putih
Ditengah Bundaran

Berapa Jumlah Lampu Merah Di Perempatan Kecil ?
Ternyata 4 x 4 = 16 Lampu Merah

Nah Lo, Kebetulan Keempatnya Warna Kuning Semua
Kalau Warnanya Beda Beda Gimana ?


Baca Juga :





7 komentar:

  1. Ini simpang bingung di Rumbai Mas....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ninik Mamak Simpang Bingung Rumbai ternyata ada di Inggris pak Eka he he :)

      Hapus
  2. Kalo di gps nya gimana buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau GPSnya mah hanya disuruh belok kiri atau kanan doang. Mana ada GPS bisa nyuruh muter muter di bunderan. Kalau bundarannya ada dua misalnya, GPS cuma ngomong Turn Right - 2nd exit tahu tahu ada roundabout berikutnya. Perlu seminggu untuk trial error sambil ndengerin perintah GPS :)

      Hapus
  3. Saya seneng baca blog ini, isinya keadaan sehari hari dan apa adanya. Bukan seperti blog lain yang isinya cuma cerita obyek wisata dan gedung yang sudah sangat terkenal. Kalau pandangan mata turis pasti cuma terkagum kagum gedung kuno dan sudah banyak diceritakan orang. Blog ini lain daripada yang lain :)

    BalasHapus
  4. simpang bingung ini juga bikin gagal orang dapet sim di UK mb Susy Ardianto btw mb udah dapet sim UK kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jeng Leni Leni Nofalina saya pakai Sim internasional...hahahah . pol. pol bingungnya nyetir di UK hanya karena bundaran seperti itu...

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.