Selasa, 08 Juli 2014

Bulan Puasa Ala Batman Di Kuwait

Nonton World Cup Di Kuwait
Sambil Nunggu Sahur


Penuh Sesak Nonton
World Cup
Memang enak sekali di Indonesia, sepanjang tahun siang dan malam selalu sama. Jadi kalau memasuki bulan puasa serasa sudah hapal di luar kepala, sahur sekitar jam 3 pagi dan mulai tidak boleh makan dan minum mulai sekitar jam 04:20an pagi. Sore hari bisa jalan jalan mencari hidangan buka puasa dimana saja. Sambil ngantri beli makanan bisa ngobrol dengan tetangga atau siapa saja yang kebetulan sedang ngantri. Adzan Maghrib saat buka puasa setiap tahunnya juga tidak pernah berubah. Paling banter beda 5 sampai 10 menit dibanding tahun tahun sebelumnya.


Melek Sampai Sahur Diskusi Hangat
Tentang Capres, World Cup Dan Traweh


Pendukung Jokowi
Vs Prabowo
Di Kuwait, waktu Subuh dan Maghrib tidak selalu sama setiap tahunnya tergantung bulan apa. Perbedaan waktu sholat bisa bergeser sekitar 3-4 jam terutama saat Musim Dingin dan Musim Panas. Saat Musim Dingin, jam 6 pagi terkadang masih gelap gulita. Nah sekarang ini bulan Ramadhan bertepatan dengan bulan July, saat Musim Panas di Kuwait. Sekitar Jam 3 pagi sudah terdengar Adzan Subuh. Waktu berbuka puasa sekitar jam 19:00an, artinya waktu puasa saat musim panas di Kuwait jauh lebih panjang dibanding dengan di Indonesia. 



Buka Puasa !!!
Lokasi Pasar Ikan Al Kout Fahaheel

Sahoor Sahoor
Pada saat pertama kali saya di Kuwait, memang saya sempat kaget. Heran karena kehidupan di Kuwait baru dimulai tengah malam. Sudah jadi hal yang umum di Kuwait kalau malam hari pada melek semua dan mulai tidur setelah sholat subuh. Bangun lagi menjelang Maghrib, orang Arab memang terbiasa 'molor' kalau siang hari dan melek malam hari. Lama lama kita bisa juga mengikuti pola hidup penduduk lokal. Kebetulan saat ini sedang ada World Cup, ada juga PILPRES sehingga tidak ada habis habisnya mengisi waktu malam hari. Mulai Traweh, Nonton Bola, Ngotot ngototan mendukung Capres Prabowo Vs Jokowi sampai keliling apartment kawan cari undangan sahur, siapa tahu diundang sahur.

Bangun Bangun !!!!
Sudah Jam 1 Siang Belum Bangun Juga, Halooo !!!

Makin Malam Makin Ramai
Sekaligus Sahur
Apa nggak sekolah atau kerja ?. Saat musim panas, semua sekolah libur sampai 3 bulan. Jam kerja kantor juga berubah. Yang biasanya masuk kerja jam 7 pagi, saat bulan Ramadhan jam kerja dimulai jam 09:00 pagi dan ada beberapa kantor yang baru mulai lebih siang lagi. Pulang kerja tetap sama jam 15:00. Artinya, jam kerja dapat discount 2 jam menjadi hanya 6 jam saja. Mall  dan toko sepi dan terasa ogah ogahan saat siang hari. Tetapi mulai ramai kembali setelah  jam 10 malam. Restaurant banyak yang baru tutup saat adzam subuh berkumandang. Yah, beginilah gaya hidup Batman saat bulan Ramadhan di Kuwait, siang tidur, malam melek.

Kucingpun Ikut Tidur Karena Puasa
Nggak Ada Yang Ngasih Makan Karena Semua Tidur

Ngantuk Berat Sudah Jam 13:00 Siang

1 komentar:

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.