Jumat, 18 Juli 2014

Gabgha - Kumpul Kumpul Tengah Malam Kuwait

Diwaniyah Kuwait

Bagian Dalam Diwaniyah
Kalau Ngomong
Harus Teriak
Rumah saya dekat dengan gedung Public Diwaniyah, kalau di Indonesia semacam Balai Desa, Gedung Pertemuan atau semacamnya. Diwaniyah / Dewaniya semacam ini hanya ada di Kuwait dan digunakan umumnya untuk pertemuan bisnis, pertemuan politik sampai ngobrol ngalor ngidul nggak tentu arah. Ada beberapa macam Diwaniyah yang saya ketahui seperti Public Diwaniyah, Private Diwaniyah dan Family Diwaniyah. Diwaniyah Pribadi biasanya untuk kumpul kumpul teman dekat saja. Diwaniyah Umum gedungnya sangat besar sekali dan punya schedule acara mingguan dimana semua orang bisa datang dan bergabung. Diwaniyah Keluarga ukuran paling kecil, kalau di tanah air mungkin bisa disebut Ruang Tamu dan umumnya menyatu dengan rumah.


Cemilan Arab Acara Gabgha Ramadhan
Semuanya Manis Manis

Ada beberapa Diwaniyah khusus untuk ngobrol Politik dan ada pula yang dibuat khusus untuk anak anak muda. Semuanya buka setelah sholat Isya sampai sekitar jam 11 Malam. Tetapi saat bulan Ramadhan seperti saat ini bukanya setelah Sholat Tharaweh atau sekitar jam 11 malam. Nggak seperti biasa Diwaniyah dekat rumah saya ini buka tengah malam. Sehingga saya sempatkan waktu untuk mengusut,. Ada apa gerangan Diwaniyah di Kuwait semakin malam semakin ramai sepanjang bulan Ramadhan.

Gabgha Ramadhan Night
Photo Source : Sent By Nasser Al-Azmi

Ternyata ada pesta makan makan, namanya Gabgha Ramadhan, sering juga disebut Gabgha Ramadhan Night. Di beberapa Diwaniyah, acara makan makan tengah malam ini hanya diadakan pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan saja. Nah, ini yang menarik. Ada hubungannya dengan acara menyambut datangnya Nuzulul Quran atau tidak ?. Bisa ya bisa juga tidak tergantung panitianya. Kalau panitianya punya tujuan seperti itu maka acara akan disertai acara keagamaan/pengajian tetapi yang paling sering adalah acara ngobrol dan makan makan bebas dan santai saja karena untuk pengajian sudah punya tempat tersendiri yaitu Masjid.

Pagi Hari Pesta Tengah Malam
Telah Selesai


Itulah sebabnya kenapa didalam Diwaniyah banyak berserakan kartu permainan dan anda bisa main Kout, Hand, Sebeitha, Nithala, Trix atau Balot. Hah... mainan apa pula itu ?. Nggak tahu, jangan tanyakan ke  saya, Saya sendiri nggak tahu cara memainkannya. Yang jelas, semua permainan dilombakan tiap malam dan dari rumah bisa terdengar suara hingar bingar  musik arab. (Note : Cuma dengar saja karena nggak pernah ada yang ngundang). Bahasa 'ngeles'nya kira kira "Males ah datang, ribet sekali harus memakai pakaian tradisional Arab Dishdasa hanya untuk makan makan saja". 

Public Dewaniyah Di Egaila


NOTE : 
Sorry ya, nggak bisa menampilkan photo makanan yang uenak uenak, nanti saya update kalau ada yang mau ngundang ya

Diwaniyah Pribadi
Hanya Untuk Kawan Dekat Saja


Baca Juga :

1 komentar:

  1. assalmmualaikum. salam kenal, idzin baca artikelnya ya, wassallam.

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.