Kamis, 01 Agustus 2013

Turki Setelah VOA Dan eVisa

Pintu Gerbang Ataturk Airport
Lebih Ramai Dibanding Sebelum Ada eVisa

Pasar Ataturk Airport
Istanbul
Turki baru saja menerapkan aplikasi eVisa tanggal 17 April 2013 yang lalu. Semua bangsa dari berbagai macam negara diseluruh dunia sekarang bisa mengajukan eVisa secara online hanya melalui komputer atau smartphone dimanapun sedang berada. Hasilnya luar biasa, seperti 'menyerok ikan di empang'. Hanya dalam hitungan hari saja sejak diberlakukan eVisa, maka bandara Ataturk berubah menjadi 'Pasar' yang cukup gaduh. Ramai sekali orang berdatangan untuk tujuan wisata ke Istanbul, Turki dan akibatnya booking hotel di Istanbul semakin sulit dan cukup jauh dari obyek wisata sekitar Sultan Ahmet. Bisa jadi hotel hotel di sekitar Sultan Ahmet tidak murah lagi sekarang.



Ngantri Berkelak Kelok Dan Putar Puter
Panjang Dan Tak Bergerak

Tawar Menawar Taxi
Taksi dari Ataturk Airport menuju kota Istanbul juga cukup sibuk sekali. Kelakuan sopir taxi sangat mirip dengan di tanah air. Argometer dimatikan dan sopir taksi mengajak calon penumpang untuk tawar menawar. Mobil pribadi ngompreng juga ada, silahkan tawar menawar langsung dengan sopir. Sopir mobil omprengan ini cara mencari konsumen juga sama dengan di tanah air, yaitu tahu tahu berdiri didepan anda saat anda 'clingak clinguk' baru keluar dari bandara. Kalau anda setuju dengan harga taxi omprengan ini, maka anda diminta menunggu ditempat tertentu saat si sopir mengambil mobilnya. 


Perlu waktu 1 sampai 2 jam Untuk
Bisa Lolos Dari Loket VOA Dan Imigrasi
Paling enak naik Airport Shuttle Service (Bus Havas), tetapi perlu berjuang dulu untuk bisa menemukan terminalnya disekitar airport karena godaan saat dicegat sopir taxi dan sopir mobil omprengan untuk menggunakan mobilnya sangat kuat sekali dan cukup susah untuk melepaskan diri dari Rayuan Mautnya.. 

Antrian Tidak Bergerak
Ada Juga "Slonong Boy" Yang Nggak Mau Ngantri

Ada Pengumuman Anak
Hilang Juga Di Ataturk Airport
Naik kereta api Istanbul LRT (Light Rail Transportation) hanya untuk tujuan ke Aksaray saja (berada di bagian benua Eropa). Lumayan ribet kalau hotel anda berada di pusat kegiatan wisata Sultan Ahmet, karena anda harus pindah kereta api atau bus. Bisa sakit 'Boyok' kalau koper bawaan anda banyak. Saya sarankan naik taxi saja karena Ataturk Airport tidak terlalu jauh dari pusat kota Istanbul. Dari ongkos tidak terlalu mahal, tetapi awas, kalau pesawat anda turunnya di Sabiha Gokcen Airport, lokasinya diluar kota Istanbul. Bisa bangkrut dan langsung '"Kere" kalau naik taxi dari Sabiha yang jaraknya kira kira 2 - 3 jam perjalanan dengan taxi saat kota Istanbul sibuk dan macet.


Lepas Dari Loket Imigrasi
Eh Macet Lagi

Sopir Taxi Omprengan Diantara Penjemput
Semua Sopir Sibuk Cari Konsumen

Penumpang Taxi Omprengan
Disuruh Nunggu Saat Sopir Omprengan Mengambil Mobil

Taxi Taxi ....Taxi.....!


Baca Juga :

4 komentar:

  1. Mantap mas, maturnuwun infonya

    BalasHapus
  2. naik LRT sebenernya gak ribet-ribet amat kok pak, tinggal ganti tram aja di Aksaray, trus nyampe deh di Sultan Ahmet. Tapi kalo bawaaanya banyak emang repot, soalnya tram-nya penuh terus :)

    BalasHapus
  3. Biarpun ngantri panjang, kalo terjadi di Istanbul aku rela deh :)
    Makasih infonya mas Ardi. Eh ya bagaimana kabar rencana bikin bukunya?

    BalasHapus
  4. buat yang skrg lagi tinggal di istambul emai sy yaaa ... yyuni6187@gmail.com
    ada yg mau ditanya . eh ada yg menarik apa iya sopir taxy disana pandai bhs jawa ? hehehe



    salam

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.