Rabu, 07 Agustus 2013

Anggur Di Busway Istanbul

Jembatan Penyeberangan Untuk Penumpang Busway
Nggak Ada Bedanya Dengan Jakarta

Jalur Busway Diberi Pagar Tinggi
Mobil Pribadi Dan Sepeda Motor
Nggak Bisa Numpang Lewat Dong
Rumah saya dekat sekali dengan jalur busway di Jakarta, itulah sebabnya saya begitu familiar dengan tata cara naik atau turun busway di Jakarta. Ternyata memahami tata cara naik busway di tanah air nggak ada ruginya. Di Istanbul, transportasi semacam busway juga ada dan tata cara bayar, naik dan turun sama saja dengan di Jakarta. Pokoknya tinggal 'Plug And Play', masuk saja ke salah satu tempat pemberhentian di Istanbul dan ikuti semua tata caranya seperti di Jakarta. Nggak usah kuatir nggak dapat bus, jumlah bus sangat banyak dan hampir setiap 5 menit ada bus yang lewat.


Jalur Busway Di Tengah Jalan
Anggur, Anggur !!!, Dijamin Sopir Bus Bengong Dan
Mencari Asal Suara

Kejam !!!! Mau Putar Balik Saja Susah
Ngapain Sih Dipagar Tinggi
Mau berhenti dan turun dengan santai coba saja ikuti cara di Jakarta. Teriak saja 'Anggur, Anggur, Anggur....!!!'. Dijamin sopir bus Istanbul tahu maksud anda. Di Jakarta saya terbiasa diteriaki 'Anggur' oleh penumpang dan kondektur kalau mau turun dengan santai sambil lenggang kangkung. Cara jalan saya yang pelan dan hati hati seringkali dianggap 'Orang Tua' yang perlu waktu lebih lama untuk turun dari bus. Terkadang memang saya harus mengelus dada dianggap 'Anggur Cap Orang Tua' oleh kondektur dan penumpang busway di Jakarta. Tetapi, sebenarnya saya berterima kasih juga. Di Istanbul cukup dengan berteriak 'Anggur' keras keras beberapa kali bisa membuat sopir bus menoleh ke belakang dan memperlambat keberangkatan bus. Nggak percaya, silahkan mencoba sendiri. Teriaklah yang keras tiga kali saja, pasti si sopir menoleh kebelakang, bengong dan mencari asal suara. Dan akibatnya anda bisa turun dengan santai sambil lenggang kangkung.


Penumpangnya Banyak Dan Rata Rata Jalannya Cepat
Teriak Saja Anggur Supaya Si Sopir Sabar Nunggu Anda

Jumlah Bus Sangat Banyak
Hampir Tiap 5 Menit Ada Bus Yang Lewat

Penumpang Busway Berjubel Turun Dari Jembatan

Enak Mana Dengan Jakarta
Di Jakarta Mobil Pribadi Dan Sepeda Motor
Bisa Numpang Lewat Melalui Jalur Busway

Baca Juga :

2 komentar:

  1. jadi inget waktu mampir di museum sultan ahmed. Tiket masuk pake lira, waduh waktu itu cuman bawa US $. Harus keluar dulu cari money changer and lumayan jauh … salam kenal mas :)

    BalasHapus
  2. saat di Istambul, saya kemana-mana naik tramvay…murah & nyaman…
    jalurnya juga steril dr kendaraan lain, jadi gak ada resiko nabrak orang, motor, dll…
    gak kaya di Indo…jalur busway bisa diserobot kendaraan lain, kalo dilarang malah maksa & ngancam…kalo kesenggol atau tertabrak busway…sopir busway yg disalahin….

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.