Senin, 26 Agustus 2013

Susu Belanda

Belanda - Negeri Penuh Sapi

Terus terang susah sekali saya membuat judul tulisan ini dalam bahasa Indonesia. Saya hanya ingin menulis tentang Dutch Milk saja. Tetapi banyak sekali pembaca blog ini yang punya pikiran 'ngeres'. Jangan jangan ada yang berinterpretasi dan berharap saya menampilkan tulisan dan photo photo tentang Scheveningen Beach di Den Haag (The Hague).

Sapi Belanda Pakai Anting
Namanya Dolly

Memang benar sekali, setiap musim panas banyak sekali 'Dutch Milk' yang dibiarkan terbuka tanpa 'Bra' di pantai Scheveningen Den Haag. Dari melihat 'Kemasan' Dutch Milk di Scheveningen ini saja siapapun akan bisa langsung menyimpulkan betapa unggul Belanda dalam hal produk susu dan olahannya. Tapi sumprit bukan 'KemasanDutch Milk atau payudara tanpa BH dan terbuka di pantai Scheveningen yang akan saya tulis dibawah ini.

Sapi Sapiku Di Indonesia
Namanya Gogon

Rumah saya di Belanda hanya berjarak sekitar 100 meter dari peternakan sapi. Sengaja saya pilih yang dekat peternakan sapi karena kebetulan saya juga punya banyak sapi di Indonesia. Tak perlu harus jadi kader PKS kalau hanya ingin memelihara sapi. Tak perlu jadi anggota DPR kalau hanya ingin 'studi banding' tentang persapian.

Scheveningen Beach
Sengaja Berphoto Menghadap Pantai
Pemandangan Dutch Milk Di Pantai Lebih Bagus

Saya bisa melakukan sendiri apa yang saya inginkan karena rumah saya didepan kandang sapi. Saya bisa belajar sendiri bagaimana cara merawat sapi yang benar dan juga bagaimana membuat produk produk olahannya. Tidak perlu harus belajar bahasa Belanda karena sapi juga tidak tahu bahasa Belanda.

Rumput Hijau Didepan Rumah
Bisa Melihat Sapi Dari Rumah

Di Belanda, negara kecil dengan luas sekitar 41,543 Km Persegi dan jumlah penduduk hanya 16 Juta jiwa ini konon memiliki 30000 peternakan yang tersebar disegala penjuru negara. Saya bisa mempercayai karena memang Belanda sangat hijau sekali terutama kalau anda bisa menjelajahi negara mungil ini dari utara ke selatan dan barat ke timur.

Kandang Sapi Didepan Rumah

Menurut saya lebih cocok disebut negara agraris dibanding negara industri. Baca juga : Ke Belanda Apa Saja Yang Bisa Dilihat. Industri besarnya semua berada di Indonesia dan Asia Tenggara, contohnya pabrik pabrik Frissian Flag, Dutch Lady, Campina, Unilever,  dan lain lain.

Toko Keju Hasil Olahan Susu
Sapi Di Amsterdam Centrum

Beruntung kita pernah dijajah Belanda sehingga sampai saat ini tahu manfaat minum susu. Orang Indonesia sendiri diajari minum susu sapi dan makan keju oleh orang Belanda sekitar tahun 1938an. Awal mulanya dibentuklah paguyuban pengumpul susu pertama  di Indonesia yang bernama BMC (Bandoengsche Melk Centrale). Pendirinya adalah Louis Hirchsland dan Van Zijl seorang juragan susu saat pemerintahan kolonial. Produk utama BMC saat itu selain susu segar juga keju, yoghurt, mentega dan bahan lain dari susu. Itulah sebabnya di Bandung sampai sekarang ada restaurant yang bernama BMC, tempat penelitian yang sekarang dikenang sebagai Jalan Pasteur dan lain lain. Jejak sejarah ini semua ada di museum museum Belanda, terutama museum kolonialisme.


Ndeso Alkmaar
Pasar Keju Terkenal Ada Disini

Kalau anda berkunjung ke Alkmaar, kota kecil sekitar 45 Km dari Amsterdam yang terkenal dengan 'Pasar Keju'nya dan menyaksikan cara pembuatan keju maka anda bisa merasakan kota Bandung pada jaman kolonial. Tata cara pengolahan susu menjadi keju  nyaris tidak ada bedanya dari jaman dulu hingga saat ini. Cara penjualan keju di kota Alkmaar juga nyaris sama saja dengan di Bandung di masa itu. Lihat saja photo photo jadul kota Bandung di Museum Kolonial Amsterdam. Beruntung Indonesia segera merdeka dari penjajahan Belanda. Kalau tidak segera merdeka, bisa jadi akan ada 'Kemasan' Bandoeng Milk yang terbuka di pantai Situ Ciburuy, Situ Palenggan, Situ Cileunca, Situ Lembang dan Situ lain disekitar kota Bandung dan bersaing ketat dengan 'Kemasan' Dutch Milk  seperti yang terlihat di pantai Scheveningen saat musim panas. 


Di Tengah Pasar Alkmaar

Jalan Di Alkmaar
Sepi Tanpa Turis, Yang Memenuhi Kota Ini
Hanya Turis - Penduduknya Sedikit
Demo Jual Keju Di Alkmaar Untuk Turis
Ramai Turis - Sepi Penduduk

Baca Juga :

6 komentar:

  1. Sapinya keren, ada anting2nya :)

    BalasHapus
  2. Susu FF .. sejak dulu memang sudah dikenal oleh masyarakat Ind.
    * salam buat si Gogon ya … moooooo :)

    BalasHapus
  3. Kejunya menggoda…. diramai-ramaikan dipasar tuch buk? asikk dech

    BalasHapus
  4. saya suka bagian pertamanya…. hehehehehe…… SUMUR… SUSU DIJEMUR…..
    salam kenal…

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.