Selasa, 09 Juli 2013

Pipa, Obyek Wisata Paling Menarik Di Berlin

Pipa Pipa Berlin
Ada Yang Berwarna Pink Dan Biru
Fungsinya Berbeda Beda

Seni Centang Perentang
Bagus Atau Ruwet ?
Siapapun kalau ke Berlin, Jerman pasti ingin mencari Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur beberapa waktu yang lalu. Nggak salah sih, tapi apa mudah menemukannya ? Perlu perjuangan tersendiri untuk menemukannya karena tembok tersebut telah dihancurkan dan sisanya yang masih tertinggal hanya ada di Mühlenstrasse. Apa pula ini ?, orang Jerman nggak bisa bahasa Inggris, kalau ditanya jawabnya kira kira artinya "Sonoooo....!", sambil menunjuk ke satu arah yang kalau diikuti nggak akan bisa ketemu.


Truk Dilarang Masuk Kota
Bisa Sundul
Tetapi, nggak apa apa. Kita cari yang paling mudah ketemu saja. Apalagi kalau bukan "PIPA AIR", ada yang berwarna pink, biru dan ada juga yang belum dicat atau catnya sudah pudar. Pipa pipa air ini membentang diatas permukaan tanah dengan ketinggian sekitar 3 meter dan memanjang diatas trotoar, nyeberang jalan. Pipa pipa unik ini selalu jadi bahan pembicaraan para turis yang baru pertama kali ke Berlin. Ada menduga Salah Design dan ada juga yang menduga Karya Seni. Tetapi banyak juga yang mengatakan Dinas Tata Kotanya nggak punya perencanaan matang dan mengatur system pengairannya tambal sulam.


Pipa Biru - Seni Atau
Merusak Keindahan Kota ?
Jawaban sebenarnya, pipa pipa tersebut adalah pipa sementara. Pipa tersebut dipasang kalau ada pekerjaan bangunan atau konstruksi. Di kota Berlin, permukaan air tanah sangat dangkal sekali dan sama seperti kota kota di Jawa.. Menggali tanah sekitar 2 meter saja sudah keluar air tanah, dan hal ini sangat merepotkan perusahaan konstruksi saat membangun pondasi bangunan. Kalau anda ikuti pipa pipa tersebut, maka ujungnya pasti gedung yang sedang dibangun dan ujung lainnya adalah tempat pembuangan limbah. Pipa pembuangan air tanah ini berwarna Pink.


Bertahun Tahun Kalau
Pembangunan Tidak Selesai
Lalu apa maksudnya pipa yang berwarna biru ?. Sama saja, bedanya pipa ini berisi air bersih untuk kebutuhan air selama pembangunan gedung. Pipa air untuk kebutuhan rumah tangga tidak boleh digunakan untuk keperluan pembangunan gedung. Debit airnya tidak mencukupi dan nekat berani bayar mahal kalau sampai menggunakan air minum untuk pembangunan gedung. Lalu, yang warnanya bukan pink dan bukan biru maksudnya apa ?. Oh, yang itu kontraktornya bangkrut dan kabur. Bangunannya mangkrak dan pipa pipanya dibiarkan begitu saja sampai berkarat.



Bangunan Mangkrak Dan Pipa Berkarat

Baca Juga :

4 komentar:

  1. Ada juga yah Kontraktor yang kabur….uber alles…

    BalasHapus
  2. Sopo mbah yang biayain jalan-jalannnya saban hari,, pengen ikutan,,,,

    BalasHapus
  3. Haha.. bener-bener aneh ni tempat wisatanya

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.