Hari Kerja Jam 11:00 Sepi Bisa Tiduran Di Jalan Raya |
Bagi yang belum pernah mengunjungi kota Dusseldorf, Jerman tentu bayangannya adalah sebuah kota industri yang super sibuk dengan penduduk yang juga tak kalah sibuknya menjalankan roda ekonomi kota. Berita berita ditanah air biasanya seperti itu. Saya yang sehari hari sering keluar masuk melewati kota ini ternyata mengatakan bahwa kota ini 'tidak sesibuk kota Bandung'.
Baik hari kerja maupun akhir pekan aktifitas penduduknya terlalu monoton. Pagi hari berangkat kerja, sore pulang kerumah langsung nonton TV, weekend makan diluar bersama keluarga atau yang doyan minuman keras ngumpul di pub/cafe saat akhir pekan.
Jam 09:30 Pagi Baru Berangkat Kerja |
Baik hari kerja maupun akhir pekan aktifitas penduduknya terlalu monoton. Pagi hari berangkat kerja, sore pulang kerumah langsung nonton TV, weekend makan diluar bersama keluarga atau yang doyan minuman keras ngumpul di pub/cafe saat akhir pekan.
Ditengah Kota Saat Hari Kerja Weekend Lebih Sepi Lagi |
Kota Dusseldorf luasnya sekitar 75 % Kota Bandung. Luas tepatnya sekitar 217 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 593.000 dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 2730 per Km2. Kalau susah membayangkan, anggap saja sekitar 20 - 25 % jumlah penduduk Bandung. Jadi, siapapun yang datang ke kota ini bisa merasakan layak tidak melakukan investasi di kota ini.
Aktifitas ekonomi penduduknya perkiraan saya setara dengan kabupaten Majalengka. Jumlah peredaran uang dari aktifitas perdagangan penduduk nyaris tidak terlihat dan sangat berbeda sekali dengan kota kota ditanah air dimana mulai pagi hari terlihat jelas aktifitas ekonominya dimana mana, seperti buka lapak menggelar dagangan di trotoar, warung padang mulai buka, tukang tambal ban melayani konsumen dan lain lain aktifitas ekonomi yang bisa mendatangkan uang.
Sama Dengan Orang Indonesia Nonton Kalau Ada Bangunan Digusur |
Aktifitas ekonomi penduduknya perkiraan saya setara dengan kabupaten Majalengka. Jumlah peredaran uang dari aktifitas perdagangan penduduk nyaris tidak terlihat dan sangat berbeda sekali dengan kota kota ditanah air dimana mulai pagi hari terlihat jelas aktifitas ekonominya dimana mana, seperti buka lapak menggelar dagangan di trotoar, warung padang mulai buka, tukang tambal ban melayani konsumen dan lain lain aktifitas ekonomi yang bisa mendatangkan uang.
Kereta Api, Cukup Padat Saat Berangkat Dan Pulang Kerja Saja |
Seandainya saya diminta survive dikota ini kira kira bisa hidup tidak ?. Dengan tegas saya katakan 'bisa mati hanya dalam waktu seminggu'. Kota ini terlalu sepi untuk bisa survive dengan berbisnis pribadi. Mau buka warung padang, siapa yang mau datang. Buka tambal ban di trotoar juga jarang mobil lewat. Jadi Pak Ogah menyeberangkan mobil atau orang juga nggak ada yang lewat.
Jalan Sepi Kayak Gini Saja Saya Diwanti Wanti "Hati Hati Kalau Nyeberang Jalan Banyak Kendaraan" |
Lalu kemana saja penduduknya ? Ternyata sama saja dengan kita, lebih asyik nonton penggusuran rumah dibanding berdagang. Kreatifitas dan jiwa enterpreunershipnya tidak ada, kalaupun ada tidak secanggih orang Indonesia. Di tanah air, kalau ada bangunan dirobohkan maka dalam hitungan detik saja daun pintu, kusen, toilet, ubin keramik dan wastafel sudah diambil dan diperdagangkan disekitar bangunan. Disini cuma jadi tontonan doang. Mana bisa saya bertahan hidup dikota seperti ini.
Mobil Parkir Dan Tidak Bergerak Berhari Hari Penumpangnya Pindah Naik Kereta Api |
Kereta Api Atau Trem Dalam Kota Jalan Sempit Gantian Dengan Kereta Api |
Sama Dengan Orang Indonesia Kalau Rumahnya Digusur Memprovokasi Tetangganya |
Sama Dengan Orang Indonesia Kalau Rumahnya Digusur Marah Marah Dan Menyalahkan |
Baca Juga :
Assalamualaikum ... saya ingin bertanya banyak tentang kota dusseldorf. bisa saya minta emailnya pak? this is my email address fadhlansaini@gmail.com
BalasHapusterimakasih pak sblmnya..
Ada di HUBUNGI KAMI, di menu bar atas
Hapus