Minggu, 03 Mei 2009

Matryoshka - Boneka Lucu Khas Russia


Ini masih cerita masa lalu, jaman dulu kala ketika mas Ardi masih ABG di Surabaya, beliau berteman dan bertetangga dengan anak seorang pelukis yang cukup terkenal saat itu. Rumahnya penuh dengan hasil karya seni baik itu patung, lukisan dan berbagai macam souvenir dari berbagai penjuru dunia. Salah satu yang menarik dan melekat dalam pikirannya sampai dia dewasa dan berumah tangga adalah boneka Russia, atau lebih dikenal dengan nama Matryoshka. 'Suatu saat, saya akan datang sendiri ke Russia untuk memiliki Matryoshka pilihanku sendiri', begitulah kira kira pikirannya selama bertahun tahun. Entah karena kekuatan pikiran atau sedang mujur, tanggal 9 April 2009 yang lalu si 'doi' berhasil menuruti apa yang dicita citakannya sejak jaman dulu kala.



Matryoshka adalah boneka khas Russia dimana kalau dibuka maka didalamnya ada boneka Matryoshka lagi yang lebih kecil. Satu buah Matryoshka ukuran sedang didalamnya bisa terdiri dari 10 buah boneka atau bahkan lebih. Semakin banyak isinya harga akan semakin mahal dan semakin detail lukisan pada boneka harga juga semakin mahal, apalagi kalau pembuatnya adalah artis atau 'hand crafter' terkenal Russia pasti harga akan jadi mahal sekali. Kira kira harganya berkisar antara RUB 350 sampai RUB 25000, tinggal pilih mau yang mahal atau murah semua bagus dan unik.



Boneka Matryoshka ini konon idenya berasal dari Jepang dan sudah ada dan menjadi trade mark Russia sejak tahun 1890. Konon Sergei Maliutin, seorang pelukis Russia dari Abramtsevo terinspirasi dengan boneka kayu klasik Jepang Shichi Fuku Jin (7 Dewa Keberuntungan) dan Fukurokuju (boneka lelaki lucu dengan kepala botak). Pelukis ini minta bantuan kawannya seorang pengrajin untuk membuat bonekanya dan kemudian dilukisnya. Yang unik, lukisan pada boneka ini berisi cerita cerita berseri mulai dari cerita klasik Russia, kepahlawanan Tsar Russia, dan bahkan yang sedang laris saat ini adalah tentang 'American's Friends' seperti Osama Bin Laden, kalau dibuka didalamnya ada Saddam Hussein, dibuka lagi ada Ahmadinejad dan lain lain.

Tempat tempat yang banyak menjual boneka Matryoshka dan cukup populer bagi turis diantaranya adalah :

Ismailovo Market - Moscow

Ini adalah pasar khusus kerajinan dan hasil karya orang Russia. Semacam pasar Tanah Abang atau Pasar Pagi Mangga Dua di Jakarta. Umumnya Matryoshka yang dijual dipasar ini dengan standard kualitas kurang begitu baik tapi jelas harga sangat murah. Ukuran standard (terdiri dari 7 - 10 buah) bisa didapat dengan harga RUB 300 - RUB 600. Suasana dipasar ini jelas sangat ramai karena yang dijual tidak cuma souvenir tetapi juga pakaian dan segala macam pernak pernik rumah.




Asyiknya belanja ditempat ini adalah penjual dan pembeli bisa bertransaksi sambil jogging atau lari lari ditempat. Ya benar, kita harus menahan dingin sambil tetap lari ditempat pada saat bertransaksi. Njajan ditengah pasar juga terasa lain daripada yang lain disini, sambil nyeruput teh hangat kadang kadang tersentak kaget karena tiba tiba ada pedagang yang teriak teriak keras menjajakan dagangannya, tetapi akhirnya tahu juga, kenapa mereka sering harus teriak keras keras ternyata sebenarnya hanya agar keringatan dan bisa menahan dinginnya udara saja. Betul juga, daripada diam kedinginan...

Old Arbat Street - Moscow

Ini adalah 'Malioboro'nya kota Moscow tempat turis berlalu lalang jalan kaki. Kedua ujung jalan ditutup untuk kendaraan sehingga isinya cuma pedagang dan pejalan kaki saja. Dijalan ini banyak seniman yang mangkal disini mulai dari seniman lukis, musik sampai tari. Setahu saya, perdagangan ditempat ini baru hidup setelah jam 10 pagi, gambar disamping diambil sekitar jam 9:30 pagi, masih cukup sepi dan bisa berjalan santai.




Toko toko souvenir dikiri dan kanan jalan kebanyakan menjual souvenir dengan kualitas bagus hasil karya seniman terkenal Russia, sehingga secara umum harga Matryoshka ditempat ini jauh lebih mahal tapi sangat bagus sekali. Matryoshka ukuran standard ada yang mencapai RUB 20000 dan ada juga yang besar dengan isi hampir 50 biji dengan harga RUB 50000, tetapi semua toko disini menerima pembayaran dengan memakai kartu kredit Visa atau Master Card.



Tetapi jalan jalan ditempat ini rasanya menarik sekali, disamping bisa melihat Boneka Matryoshka dengan kualitas baik, kita juga bisa melihat pelukis jalanan sedang melukis wajah para turis dan juga memilih restaurant Russia yang khas dan berselera. Di jalan Arbat ini juga terdapat rumah bersejarah, kalau nggak salah rumahnya Pushkin, siapa tokoh ini harap jangan tanyakan saya. Dengan tegas akan saya jawab tidak tahu, mungkin selebritis atau mungkin juga tokoh politik. Nggak peduli yang penting jalan jalan sambil kedinginan.




Red Square - Moscow

Di Red Square, umumnya pedagang kaki lima juga menjajakan boneka Matryoshka. Kualitasnya relatif sama dengan pasar Izmailovo tetapi jelas dengan harga yang sedikit lebih mahal karena tempat ini adalah pusatnya para turis ngumpul. Tidak terlalu banyak pilihan karena jumlah pedagang kaki lima juga tidak begitu banyak, tampaknya walikotanya membatasi jumlah pedagang kaki lima di Red Square.

Baca Juga :

6 komentar:

  1. Matryoshka dari Rusia sdh di Jakarta!!!!!
    www.matryoshka.co.id

    BalasHapus
  2. Toko Matryoshka ada juga di Mall Kota Kasablanka Jakarta. Nggak perlu repot harus ke Rusia.

    BalasHapus
  3. mbak. numpang promosi ya….aku jual boneka matryoshka yang masih mentah (belum dicat atau dilukis) terbuat dari kayu mahoni,,, bukan import dari rusia tapi buat sendiri,,, harga 50rb/set…. 1 set terdiri dari 5 boneka… kamu2 bisa ni berkreasi sendiri dan menuangkan ide2 kreatif kamu di boneka itu,,, dan dapatkan boneka matryoshkaMU sendiri,,, hasil karya kamu sendiriiiii,,,,,,Kereeeeeeennn kan… makasih,,, kalau mau tanya2 ya kirim aja,,,email.( hen.ku51215121@gmail.com) atau biar cepet balesnya sms aja ke 085706562013… ketik aja pertamanya matryoshka spasi trus tanya apa gt, biar ga salah jawab,,, trimakasih,,,,

    BalasHapus
  4. Nama tokonya apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di mall KoKas, dekat klinik gigi. Satu lantai dengan starbuck. Cari saja sendiri..

      Hapus
  5. masih ada dijual bonekanya yg belum dicat sama skali?
    kalau ada sya ingin pesan 5, bagi yang jual mohon beri tahun saya ini nama e-mail (afifahafifah98@gmail.com)

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.