Selasa, 17 April 2018

Giraffe Center Nairobi Kenya

Rotschild Giraffe
Lidahnya Panjang Dan Mulutnya Bau

Namanya Giraffe Centre. Lokasinya di Lang'ata, sekitar 5 Km dari pusat kota Nairobi, Kenya. Mulai didirikan tahun 1979 untuk melindungi habitat jerapah jenis Rotschild Giraffe yang keberadaannya mulai langka di Afrika Timur. Pengunjungnya selain turis, kebanyakan adalah rombongan anak anak sekolah beserta gurunya karena memang pada awalnya tempat ini didirikan untuk tujuan pendidikan bagi murid murid sekolah disekitarnya. Pendirinya adalah Jock Leslie Melville, cucu dari bangsawan Stottish.


Panggung Tinggi Untuk Memberi
Makan Jerapah

Pada awal mulanya, si Melville dan istrinya Betty menemukan 2 ekor bayi jerapah didekat rumahnya di Lang'ata yang sekarang ini jadi pusat Giraffe Center. Dari 2 ekor bayi jerapah tersebut kemudian tercetuslah ide untuk mengembang biakkan jerapah dan hasilnya sangat sukses sekali dan berhasil melepaskan anak anak asuhnya ke Kenyan National Park dan menginisiasi tempat pengembang biakan jerapah di lokasi lain.

Tiket Masuk Untuk Turis KES 1000
Penduduk Lokal Cukup Bayar KES 250

Tahun 1983 baru dijadikan obyek wisata resmi dengan atraksi utama 'Memberi Makan Jerapah'. Ternyata binatang segede itu makanannya 'pallet' seperti makanan ikan. Lidah jerapah ternyata panjang sekali dan bisa digunakan untuk merebut pallet dari genggaman tangan pengunjung. 

Takut Takut Dikit Saat Memberi Makan
Lidahnya Kasar, Panjang Dan Napasnya Bau

Ada juga atraksi lain yang lebih ilmiah di auditorium. Topik yang dibicarakan tentang jenis jenis jerapah yang hidup di Afrika dan bagaimana cara mengenalinya. Ternyata bulu kotak kotak coklat pada jerapah itu berbeda beda menandakan jenisnya. Ada yang segi empat di bagian leher, segi enam di kaki belakang dan ada juga yang seluruh badannya segi empat, enam atau tidak beraturan. Susah saya menghapal nama nama jenis jerapah, secara sepintas semuanya sama.

Ada Petugas Yang Menjaga Dan Mengawasi
Tingkah Polah Pengunjung Dan Jerapah

Lebih susah sekali mengingat nama anak anak Kenya yang sedang wisata ditempat ini bersama guru gurunya. Saya suruh berbaris dan lewat didepan saya berkali kali tetap aja lupa nama namanya. Wajahnya sepintas hampir sama semua dan namanya sangat susah diucapkan. Meskipun nama depannya western tetapi nama belakangnya sangat khas Afrika seperti  Nelson Kugale, Robert Uruyu, David Onyango dan saya harus memanggil anak anak tersebut dengan nama belakangnya.

Jinak Dan Asli Afrika

Jerapah Bisa Mengingat Pengunjung
Bersuara Memanggil Kalau Lewat Lagi Didepannya

Makanan Jerapah Ternyata Seperti Pallet
Makanan Ikan

Nonton Penjelasan Jenis Jenis Jerapah Afrika

Petugas Yang Menjelaskan Lucu
Bisa Menirukan Berbagai Macam Suara Jerapah

Anak Anak Sekolah Sedang
Wisata Pengenalan Kekayaan Alam Kenya

Giraffe Center Isinya Anak Sekolah
Pengenalan Binatang Sejak Dini

Wajah Dihiasi Berbagai Macam Binatang
Sebagai Pertanda Kecintaannya Terhadap Binatang

Anak Anak Kenya
Seragam Sekolahnya Bagus Bagus

Baris Berbaris Masuk Ke Area Jerapah

Baca :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.