Jumat, 07 Juli 2017

Bling Bling Matatu Kenya

Namanya Matatu Di Kenya
Serbaguna Bisa Buat Nonton Sepak Bola Bersama

Mungkin anda masih ingat percakapan atau lagu dalam film kartun Lion King. Ada lagu dan juga kalimat yang paling sering diucapkan dalam film tersebut yaitu Hakuna Matata. Ini bahasa Swahili Kenya yang berarti 'Nggak Jadi Masalah' atau 'No Problem'. Sebuah kalimat yang juga sehari hari saya dengar diucapkan oleh penduduk Kenya. Kesannya orang Kenya itu suka 'menggampangkan' semua masalah. Dikit dikit mengucapkan 'Hakuna Matata...... Hakuna Matata' dimanapun juga.


Kepalanya Truk Tapi Ekornya Full Karaoke



Kalau tiba tiba ada Angkot nyelonong, ugal ugalan atau berhenti mendadak, yang sering saya dengar 'Huhh Matatu Matata !'. Nah ini artinya Matatu Bermasalah. Matatu itu adalah nama angkutan umum warna warni, full music dan gemerlap penuh lampu di Nairobi dan kota kota lain di Kenya. Matatu adalah angkot swasta. Angkot yang normal tanpa hiasan warna warni dan accesories heboh milik pemerintah namanya SACCO. Kalau di Indonesia SACCO itu kira kira sama dengan DAMRI.


Selebritis Top Kenya Namanya Maje


Matatu ada yang berukuran kecil, sedang dan besar. Kira kira seukuran Mitsubishi Colt, Toyota Hi Ace, Metromini atau bahkan truk yang dimodifikasi menjadi angkutan umum. Dibandingkan dengan Bus Kota/Antar Kota SACCO yang normal tanpa gambar, lampu, sound system dan accesories heboh, Matatu ini terlihat lebih agresif mencari penumpang. Kondektur / Keneknya terlihat selalu bergelantungan di pintu sambil teriak teriak mencari penumpang.


Semakin Hebring Semakin Tertarik Penumpang
Untuk Mencoba Naik


Tampilan Matatu terlihat sangat atraktif sekali. Dari luar seluruh body bus/truk digambari tokoh atau selebrities terkenal. Mulai Bob Marley, Ronaldo, sampai Spiderman. Ada juga gambar  artis artis lokal yang kira kira paling cantik dan semlohe di Kenya. Tulisan tulisan graffity warna warni dalam bahasa Swahili juga ada. Mungkin artinya,  'Kunanti Jandamu', 'Piye Kabare, Enak Jamanku To' dll


Musiknya Kencang
Penumpang Boleh Joget Di Trotoar

Yang membuat saya tertarik untuk menuliskan dalam blog ini adalah suara musiknya yang hingar bingar sangat keras sekali. Bisa budeg kalau naik Matatu kira kira 2 jam saja keluar kota. Kalau malam hari, lampu warna warni dinyalakan semua menambah hebring angkutan umum khas Nairobi dan kota kota besar di Kenya ini.


Ada TV Lebar Bisa Buat Nonton Sepak Bola Bersama

Saya sempat heran juga, Matatu ini kalau malam hari banyak yang berubah fungsi menjadi tempat Karaoke, Nonton Sepak Bola Bersama, Cafe Tempat Ngopi dan berbagai macam hiburan malam. Keren kan, disaat penumpang sepi, langsung diubah fungsikan jadi tempat hiburan malam. Saya perhatikan isi interiornya, ternyata ada Wifi, TV Layar Lebar dengan sound system canggih didalamnya. Dan terlihat ada beberapa gadis pakai rok mini sedang berKaraoke. Asyikkkkk ......, silahkan sruput dulu welcome drink khas Matatu Kenya, air mineral Cap Keringet  seperti gambar dibawah ini, Suegerrrrr ....


Air Mineral Terkenal Di Nairobi Kenya
Suegerrrrr Pol

Penampakan Malam Hari
Cerdas, Daripada Nggak Ada Penumpang Lebih Baik Buat
Karaoke



Hati Hati Kalau Naik Matatu Malam Hari
Banyak Kasus Kriminal Bermula Dari Matatu


Setiap Tahun Ada Lomba Design Matatu
Berhadiah Besar


Siang Hari Cari Penumpang Ugal Ugalan

Saling Salip Menyalip Berebut Penumpang


Akhirnya Terperosok Masuk Ke Parit


Ada Matatu Yang Melayani Antar Kota
Bersaing Dengan SACCO


Putar Balik Di Jalanan Sempit
Hakuna Matata (No Problem)



Ngetem Cari Penumpang
Pokoknya berhenti Dimanapun Juga Hakuna Matata



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.