Jumat, 14 November 2014

Yang Unik Saat Cari SIM Di Kuwait

Sewa Mobil Untuk Belajar Mengemudi Keliling Kota
Setirnya Ada Dua - Kiri Dan Kanan
Indonesia ada peraturan lalu lintas yang unik dan sering jadi pembicaraan orang orang di Kuwait, yaitu 3 In 1. Setiap kali ada teman sekantor pergi ke Indonesia baik untuk tugas kerja maupun wisata, selalu saja yang ditanyakan adalah jalan macet dan peraturan 3 In 1 di jalan jalan protokol Jakarta. Biasanya kalau ditanya seperti itu dengan bangga saya jawab :

'Sekarang kamu baru tahu, jalan macet itu menunjukkan aktifitas ekonomi Indonesia jauh lebih besar dari negaramu'
'Harga mobil di Indonesia itu 2 Kali lipat harga mobil di Kuwait dan semua orang Indonesia bisa membelinya'
'Bensin di Indonesia itu lima kali lipat harga bensin di Kuwait, Dan semua cuma dibakar di jalanan'

Biasanya manggut manggut dan langsung pergi. Mungkin dalam hati mengatakan 'Pagi pagi ada wong gendeng khotbah'

Suasana Perjuangan Mengurus SIM Di
Kuwait

Seringkali saya juga membalas dengan mempertanyakan aturan aturan aneh dan unik yang juga ada di Kuwait. Contohnya persyaratan untuk bisa dapat SIM di Kuwait. Sangat rumit, menghabiskan tenaga dan waktu untuk bisa dapat SIM. Cara Kuwait untuk mencegah kemacetan di jalan raya yaitu dengan mempersulit SIM bagi pendatang (expats). Hanya expats dengan profesi atau pekerjaan tertentu yang bisa dapat SIM. Tidak tercantum dalam daftar, yah dengan berat hati dipersilahkan jalan kaki, naik bus, naik taxi atau nebeng kawan yang punya SIM. 



Mobil Sewa Untuk Latihan Mengemudi Dan
Ujian Praktek Setirnya Dua


Lebih unik  lagi adalah tercantumnya profesi Judges, Doctor, Engineer dan Accountant didalam list. Kita tahu mereka semua adalah Sarjana, sama halnya dengan Sarjana Filsafat, Sarjana Psikologi, Sarjana Sospol, Sarjana Ilmu Komunikasi dan lain lain. Tapi nasib Sarjana Filsafat, Sarjana Psikologi, Sarjana Sospol, Sarjana Ilmu Komunikasi dll beda, Mereka nggak bakalan bisa punya SIM di Kuwait. Komplain, protes dan berkeluh kesah antar sesama expats sudah terlalu sering kita dengar dan hasilnya malah jadi bahan tertawaan sesama expats. Salahnya sendiri kenapa nggak sekolah kedokteran atau tehnik dulunya.

Ibu Ami Malu Malu Diphoto Saat Berjuang
Untuk Mendapatkan SIM


Di Kuwait siapapun tahu bahwa hasil utamanya adalah minyak. Dan nggak bakalan minyak bisa ditemukan tanpa peran serta dari seorang Sarjana Geology dan Geophisics. Orang orang nomor satu di dunia perminyakan ini sampai saat ini masih nebeng Petroleum Engineer, Mechanical Engineer atau Electrical Engineer. Setelah diusut kenapa pemerintah Kuwait tidak tahu betapa pentingnya seorang Geologist dan Geophiscist dalam menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi kemajuan Oil Industry di Kuwait, ternyata dalam pikiran orang Arab mereka bukan dianggap engineering degree dan masuk dalam kategori AL FALAQ. Masih serumpun dengan tukang batu akik, tukang gali kuburan,tukang cari batu, tukang ramal bintang dan nasib. GEO itu pasti ada hubungannya dengan menggali tanah atau meramal bintang dan nasib. Sarjana Astronomy juga satu kasta dengan Geologist dan Geophiscist.


Materi Ujian Tulis Untuk Dapat SIM
Di Kuwait


Seorang Arsitek, Interior Design, Product Design, Art Design nasibnya juga relatif sama saja. Begitu pak polisi sudah mengeluarkan kata kata 'No... Finish....Khalash....Khalash'. Artinya pak polisi tidak tahu juga bahwa mereka itu juga Sarjana atau Degree dari perguruan tinggi ngetop di dunia. Kalau ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata mereka dianggap masuk dalam kelompok DECORATOR. Artinya masih satu kasta dengan tukang reklame, tukang rias pengantin, tukang cat dan tukang kebun,


Silahkan baca daftar expats yang berhak punya SIM di Kuwait pada berita dibawah. Kalau jabatan atau gelar kesarjanaan anda tidak termasuk dalam list yang diijinkan untuk punya SIM, maka sebenarnya cara termudah untuk mendapat SIM hanya item 1 dan 2, yaitu  menikahlah dengan Kuwaiti. Gampang, cepat dan langsung beres.dapat SIM baru, bisa keliling kota naik mobil sendiri. Itupun kalau ada Kuwaiti yang mau, umumnya sih nggak ada yang doyan.


Pintu Masuk Menuju Ujian Praktek
Harus Sholat Tahajud Dan Dizikir Sepanjang Jalan
Agar Bisa Lulus


Conditions For Expats To Get Driving Licenses ‘Amended’

KUWAIT CITY, Oct 26: The Ministry of Interior is said to have amended some provisions concerning conditions for obtaining a driving license in Kuwait for expatriates, reports Al-Watan Arabic daily. The daily said, according Article 85: Expatriates, who apply for driving license, should have a university degree, a salary of not less than KD 400 per month, valid residence permit and fulfill certain conditions. This is in addition to they should have resided in the country for at least two years and meet the conditions of age and health in addition to others, subject to passing a driving test conducted by the General Traffic Department.

Medan Perjuangan Berat Untuk Bisa Dapat SIM
Mulai Test Parkir Sampai Puter Puter Sampai Pusing


Those eligible are as follows:

■ Non-Kuwaiti women married to Kuwaiti men including widows and divorcees provided they have children. 
■ Non-Kuwaiti men married to Kuwaiti women and have children. 
■ Bedoun holding valid security cards. 
■ Students - provided they are registered at any of the universities or applied institutions in Kuwait. 
■ Expatriate housewives who have children and provided their husbands are eligible for driving license. This does not include drivers and company representatives. 
■ Members of the diplomatic corps. 
■ Professional in sports federations, clubs and government sectors. 
■ Drivers and representatives who hold valid legal driving licenses issued by their countries or any other country. 
■ Domestic workers who have been working for a period of not less than 5 consecutive years in a similar capacity provided they change their profession to driver. 
■ Technicians working in the oil fields. 
■ Undertakers 
■ Nursing staff, physiotherapists and prosthetic limbs technicians. 
■ Medical emergency technicians and paramedics, lab technicians and radiologists. Those who are exempted from the ‘length of stay’ condition and the stipulated salary stipulated in above include: 
■ Judges and members of the Public Prosecution, the advisors and experts. 
■ Teaching staffs of the universities, faculties and Applied Institutes. 
■ Managers of companies and institutions, journalists and media personnel. 
■ Doctors, pharmacists, engineers, assistant engineers and accountants
■Teachers and social workers. 
■ Researchers, judiciary persons, translators, librarians and imams working in government agencies.
■ Sports trainers working at sports federations and clubs and government agencies. 


Pintu Keluar Test Praktek
Eh Nggak Lulus Juga Dan Harus Mengulang Lagi


The licenses of drivers and representatives will be cancelled upon thier cancellation of their residence permit, or should there be any change in profession based on which the driving license was issued. The person will then not be eligible to apply for driving license for at least two years.


Mengulang Test Praktek Bisa
Sampai 10 Kali. Cukup Bayar Meterai
Pakai Mesin Ini Setiap Kali Ngulang


Sampai Hapal Dan Akrab Dengan Sopir Mobil Ini
Eh Ketemu Lagi, Sudah Berapa Kali Ngulang ?

Baca Juga :

8 komentar:

  1. ternyata sulit juga ya untuk dapat SIM di kuwait,,

    BalasHapus
  2. keren gan article nya.

    BalasHapus
  3. Wah Pak Ardi Al-Wayshappy nyelip foto orang yg gak lulus kemarin test nyetir *nunjuk tangan. Itu foto bukan malu2 pak.. kalau tau mau di foto in shaa Allah action dadah dadah.. seperti biasa tulisannya menghibur dan informatif pak!

    BalasHapus
  4. Bunda Susy... Apa benar banyak Diet Centre di Kuwait? Ada program penggemukan badan kah? Hehe... Matursuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang banyak itu GYM, mulai di apartment sampai di gedung gedung besar dan mewah punya sarana olahraga ini.. Beberapa rumah makan Dietcare juga ada.

      Hapus
  5. Owh... Pantesan Bunda Susy langsing banget... Hehe..
    Ada temen yg gabung diet centre katanya, jd delivery foods tiap hari dan diet chckny sminggu skali... Prospek bisnis ya diKuwait apa aja bisa..

    BalasHapus
  6. Saya mau bisnis travel ke kuwait minggu depan, yang biasanya jadi tempat kumpul2 profesional Indonesia dimana ya Om Ardy/Bunda Susy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuwait bukan negara yang terbuka untuk turis. Nggak bisa ndatangin turis masuk ke Kuwait. Yang bisa ngirim orang Kuwait wisata ke luar negeri. Turis apaan perlu nemuin profesional Indonesia. Itu mah bukan turis, tapi orang mau cari peluang kerja.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.