Sabtu, 04 Januari 2014

Murah Meriah Di Factory Outlet Kuwait

Tinggal Pilih ..Tinggal Pilih...
Murah.. Murah..!

KD 1 Dapat Satu Bundel
Orang Jakarta setiap akhir pekan selalu berbondong bondong ke Bandung atau Bogor. Semua satu tujuan, wisata belanja mborong semua barang di toko toko yang ada embel embel nama 'Factory Outlet'. Laris manis, dan sudah tak terhitung lagi berapa banyak toko di tanah air yang pakai embel embel nama 'Factory Outlet' di papan nama tokonya. 




Beda Definisi Antara India
Dan Indonesia
Di Kuwait, saya kenal istilah 'Factory Outlet' dari seorang India. Yang namanya 'Factory Outlet' ternyata sangat lain dan bahkan bertolak belakang artinya. Lihat saja gambar gambar pada tulisan ini. Istilah 'Factory Outlet' ini mungkin hanya dimengerti India/Bangladesh saja. Sama sama seru dan murah meriah. Produknya bukan busana siap pakai, busana cacat pabrik atau busana untuk menghabiskan stock yang tak terjual, tapi hanya berupa potongan kain berbagai macam motif dan ukuran saja. Dua atau tiga lembar potongan kain berbagai macam corak dan ukuran, cukup diikat dengan gelang karet menjadi satu bundel dan dihargai KD 1 per bundel. Penjualnya dari India atau Bangladesh. Mereka keukeuh mengatakan dagangannya benar benar 'Factory Outlet'. 

"Yes Mam, believe me, all of this Textiles are factory outlet". 


Tas Jinjingnya Gaya Juga Bro..
Bahasa Inggris "Paris Gallery Textile Co" Kuwait
Factorynya Low Profile, Cukup Tas Kresek

Jadi mikir saya, 'Factory Outlet' kalau versi India dan Bangladesh berarti artinya 'Buangan Pabrik' bukan seperti definisi yang saya pahami di Indonesia saat ini. Setahu saya di tanah air artinya 'Showroomnya Pabrik' atau 'Showroom Barang Afkiran Pabrik'. Sangat bergengsi sekali kalau keluar dari 'Factory Outlet' di Bandung atau Bogor, pintu mobil dibukakan, tas tentengan belanja dari kertas warna coklat 'ecofriendly' dan ada tulisan nama nama kota seluruh dunia : 


"De Senza Bandoeng Factory Outlet
London - Paris - New York"


Dania Al Saada Factory Outlet
Karachi - New Delhi - Kuwait

Factory Outlet India Di Kuwait
Ketika saya tanya penjualnya, saya dapat penjelasan cukup detil. Textile Factorynya memang berada di Bangladesh dan India. Produk produk busana siap pakainya dieksport kemana mana, termasuk yang saat ini dijual di Mall Mall Kuwait. Tapi bagaimanapun juga, tetap ada rasa bangga saat saya keluar dari Factory Outlet di Kuwait ini. Tas yang saya bawa keluar dari Factory Outlet Kuwait juga ada tulisan nama kota diseluruh dunia, bahasa Inggris seperti halnya tas tas dari Factory Outlet Bandung dan Bogor, bahkan ada tulisan bahasa Arab juga disebaliknya.


"Paris Gallery Textile Co, Kuwait 
Open : 10:00 AM - 20:00 PM
Kumar - Phone +965 9787xxx
Exported Quality - Bapu Bazaar 2nd Floor-L17 , Udaipur India"


Tinggal nambahin saja, Singapore - London - New York. Cuma, sayangnya kok berupa tas kresek warna biru. Kurang ecofriendly gitu lho maksud saya ...:)


6 komentar:

  1. Main factory outlet di US bu. Dijamin bukan barang afkiran/buangan …. tapi katanya barang second line. Turis dr Canada/Cina/Jepang/Taiwan dll pasti mampir ke Seattle Premium outlet.

    BalasHapus
  2. Klu ada sisa kirim Mas ke Minas,,,heheee

    BalasHapus
  3. Ahhhhh mauuu jugaa Mbak, meski cuma bundelan kain, pasti bagus 2 motifnya. 1 KD jadinya berapa rupiah Mbak Sus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang KD 1 sekitar Rp 35-43.000. Kalau senang Quilting atau bikin taplak meja atau yang lainnya menurut saya sangat bagus dan murah sekali. Motifnya nggak pernah saya temui di Indonesia, ngejreng khas India, Pakistan, Bangladesh dan Kashmiri.

      Hapus
  4. Bunda susy factory outletnya yg jualan sprti itu daerah mana ya , mubarakiya atau farwaniya kah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Photo diatas diseberang Souq Mubarakeeyah, tetapi dimana mana ada selama didalam souq (pasar) termasuk di Farwaniyah

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.