Senin, 19 Agustus 2013

KVK, Kumpulan Vedagang Kakilima Belanda

Dagangan PKL Di Albert Cuyp Markt
Amsterdam

Bulan Ramadhan ini saya pulang ke tanah air tercinta Indonesia. Seperti biasa pemandangan dimana mana adalah aktifitas ekonomi di tanah air yang luar biasa besar potensinya kalau dikelola dengan baik, yaitu pedagang kaki lima. Dari siaran radio yang saya dengar melalui mobil yang saya kendarai, saya bisa mengetahui Gubernur/Wagub DKI Jokowi/Ahok sedang sibuk mengurus para PKL di Tanah Abang yang susah sekali diatur. 


Restaurant Indonesia
Sukses Di Belanda

Preman preman di tanah abang ngamuk karena penghasilannya dari memalak PKL bakalan habis kalau semua PKL dipindahkan ke Block G dari tempat biasanya membuka lapak di jalan raya. Kenapa dari jaman dulu kala di Indonesia selalu ribut antara pemerintah dan PKL ? 


Aku Dan Suami Istri Pemilik
Restaurant Lestari Arnhem

Indonesia punya Kementerian Perdagangan Dan Perindustrian, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kamar Dagang Indonesia, Perusahaan Daerah Pasar dan lain lain. Tapi urusan Pedagang Kaki Lima tidak pernah beres dan terintegrasi dengan baik. Masing masing kementrian tidak pernah mencari solusi bersama membantu wiraswastawan kecil untuk lebih baik. 

PKL Di Albert Cuyp Markt

Setiap tahun pemda selalu 'Fire Fighting' padahal Indonesia punya banyak sekali lulusan perguruan tinggi jurusan informatika. Bisa jadi PNS atau staff kementerian diatas terlalu 'Jadul' dan masih 'Gaptek' dan tidak tahu sama sekali pentingnya database yang terintegrasi. Atau mereka sangat cerdas sekali dan tahu kalau system informasinya bagus maka tidak punya peluang lagi untuk 'korupsi'. Siapa tahu kan ?


PKL Buah Buahan Di Belanda

Di Belanda, urusan PKL bisa beres dan cukup ditangani oleh KVK (Kamer Van Koophandel). Semacam Chamber Of Commerce kalau dinegara lain atau KADIN kalau di tanah air. Siapapun bisa jadi wiraswastawan atau PKL termasuk orang asing. Syaratnya cuma KTP saja dan syarat ini sangat mudah sekali didapat, misal jadi mahasiswa dulu lalu residency permitnya digunakan untuk nyambi jadi PKL. Itulah sebabnya di Belanda banyak sekali Rumah Makan Indonesia, Turki, Suriname dan lain lain. Pedagang Kaki Limanya pun punya spesialisasi dagangan berdasarkan asal negaranya seperti yang pernah saya tulis di Simbok Di Pasar Albert Cuyp Amsterdam


PKL Di Semarang

Pemerintah Belanda tidak perlu sibuk menarik iuran harian atau pajak dari PKL karena melalui website KVK (Kamer Van Koophandel) semua wiraswastawan diberi hak untuk melaporkan semua cash flow harian dan dengan mudah sekali pemerintah dan PKL mengontrol berapa pajak yang harus dibayar. Satpol PP Belanda tinggal keliling bawa laptop untuk mengontrol nomor registrasi para PKL, kalau belum input laporan keuangan dan belum bayar pajak sesuai cash flownya tinggal diberi peringatan dan malah dibantu untuk mengisi laporan keuangan. 


PKL Utrecht

Soal bayar pajak, semua PKL tidak perlu harus datang ke kantor pajak, semuanya otomatis didebet dari rekening bank si PKL sesuai dengan cash flow yang dilaporkan. Pajak dari PKL diberikan kembali dalam bentuk fasalitas berdagang, jaminan sosial saat tidak bisa berdagang dan lain lain. Lokasi PKL juga sudah ditentukan dan diatur harus memenuhi syarat tertentu. Tetapi kalau mobile (Pedagang Keliling) diberi persyaratan lain yang lebih ketat supaya tidak seenaknya ngetem ditempat strategis ditempat yang dilarang untuk berdagang. 

PKL Di Rumahku Bogor

Bagaimana, mumpung sekarang masih suasana hari kemerdekaan 17 Agustus, enak mana Belanda atau Indonesia ?. Seandainya saja Indonesia masih berada diwilayah administratif Belanda, sudah pasti caranya akan sama. Pemda, PD Pasar, Preman dan entah institusi pemerintah apa lagi tidak akan ada yang mengutip iuran harian secara manual untuk dimasukkan ke kantong pribadi. 

Kacang Goreng Juga Ada

Apa sih susahnya membuat system informatika yang terintegrasi untuk seluruh negara Indonesia ? Mau dijajah Belanda kembali supaya negara ini bagus ? Atau biarkan saja merdeka seperti sekarang ini dan siapapun bisa bebas mengutip uang dari para pedagang kaki lima ?. Langkah bagus apapun yang dilakukan Gubernur/Wagub DKI terhadap pasar Tanah Abang akan tetap sia sia kalau tidak disediakan system terintegrasi yang memudahkan pedagang seperti KVK.


Kentang Goreng Keju Belanda


Baca Juga :



4 komentar:

  1. Tengkyu sudah berbagi kisah kaum Vedagang Kaki Lima di Belanda nya .
    Cheers .

    BalasHapus
  2. Mbak Susy, pulang kampung lalu nyapres aja deh mbak, kayaknya negri ini bakal makmur kalo mbak Susy yg mimpin! Welcome to Ratu Adil Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwk kwk kwk, nggak mau ah, ntar dikira nglencer terus pakai uang rakyat.

      Hapus
  3. jos....infonya...mudah" an negara kita bisa mengintip dan meniru.. tidak ada salahnya kan meniru hal yg positif

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.