Jumat, 09 Agustus 2013

Berlin Butut Dan Ancur

Jorok Dan Ngawur
Rumah Di Berlin Di Oret Oret Sesukanya

Berlin, Jerman. Bagi siapapun yang belum pernah ke kota ini tentu bayangannya adalah sebuah kota yang indah, bersih dan tertata rapi. Bagi yang sudah pernah tetapi hanya wisata ke Berlin beberapa hari, kesan pertama memang seperti itu karena semua bus pariwisata dan tour guide yang membawa wisatawan hanya mengarahkan ke tempat tempat yang indah, penuh dengan bangunan exotic dan bersejarah. Tetapi kalau anda cukup lama tinggal di Berlin atau sering keluar masuk kota Berlin, maka anda akan tahu sendiri seperti apa kota ini. Ternyata ibukota Jerman ini punya masalah yang sama dengan kota besar manapun, yaitu punya sisi kumuh, jorok dan tidak aman. 


Agak Bagus Warnanya,
Tapi Disekitarnya Banyak Graffiti
Jorok Dan Porno


Berlin adalah kota besar dengan penduduk yang sangat majemuk. Kaya, miskin, terpelajar, gembel, kere, preman semua ada. Di pusat kota dimana banyak tempat wisata berada dan sering dikunjungi wisatawan maka terlihat 'Kinclong', bagus dan sempurna. Semua wisatawan akan terkagum kagum menyaksikan keindahan bangunan dan berbagai macam peninggalan sejarah. Tetapi agak kepinggir sedikit saja dari tempat keramaian, terutama kalau anda mau 'melepaskan diri' dari tour guide anda, maka anda akan bisa menyaksikan segala macam pemandangan kota besar yang jauh lebih mengesankan dibanding dengan Reichstag, Bradenburg Tor, Check Point Charlie, Berlin Wall atau gedung gedung museum bergaya Gothic yang memang bagus seperti yang pernah anda lihat di majalah majalah pariwisata.


Rumah Makan Arab Di Berlin
Jadi Nggak Selera Karena Dinding
Luarnya Penuh Tulisan Jorok


Silahkan menyaksikan sendiri photo photo menakjubkan diblog ini yang barangkali anda tidak pernah menyaksikan sebelumnya. Tidak semua photo bisa saya tampilkan, yang jelas kalau anda mau wisata ke Berlin dan berani 'nyempal' dari rombongan dan lepas dari arahan tour guide anda, maka anda bisa melihat sendiri orang mabuk bawa botol di jalanan, gembel di kolong jembatan layang, Preman ABG membersihkan kaca mobil di lampu merah, pengemis di lampu merah dan orang kencing di sudut tempat praktek dokter. Nggak ada bedanya dengan kota besar lain, apalagi Jakarta.


Jembatan Karatanpun Juga
Dicorat Coret
Pingin tahu tentang dana sosial di negara negara Eropa ? Baca BPJS Inggris, Kenapa Artis Indonesia Kawin Cerai dan Social Dienst, Nganggur Aja Dibayar

Penuh Gambar, Maksud Pemilik Bar Supaya Tidak Di Oret Oret
Tetapi Tetap Saja Disemprot Cat Tulisan Mesum

Pintu Rumahpun Di Oret Oret


Hilang Sudah Bayangan Tentang Jerman Yang Indah
Setelah Melalui Jembatan Karatan Penuh Grafiti Ini

Ada Tempat Kosong Sedikit saja Di Corat Coret

Potongan Tembok Berlin
Di Perempatan Dekat Kolong Jembatan Kumuh Inilah Saya
Dipalak Preman Yang Pura Pura Membersihkan
Kaca Mobil Tapi Minta Bayaran Mahal
Hati Hati Kalau Berhenti Di Lampu Merah Jalan Ini
Banyak Pengemis Dan Preman Ngelap Kaca Mobil
Jangan Buka Kaca Jendela Mobil Anda

Kalau Halaman Depan Tempat Praktek
Dokter Kumuh Seperti Ini, Kira Kira
Dokternya Seperti Apa Ya

Lapak PKL Di Kolong Jembatan
Bau Pesing, Anda Mau Kencing
Di Pojokan ?
No Comment
Ngganteng Pol
Asyik Update Status : Tweeter Dan Facebookan


Baca Juga :

20 komentar:

  1. parah nih berlin..kirain semua jemran maju gak taunya sama aje

    BalasHapus
  2. Biasanya daerah kawasan immigran miskin seperti ini, jika Montreal kawasan yang penghuninya Negro,Afrika, Pakistan,India, dan Timur Tengah yang umumnya pekerjaan tak jelas , jika memiliki pekerjaan lumayan baik kawasannya lain. Daerah seperti ini juga umum narkoba penuh, mabuk bukan hal aneh, kalau Jakarta sekitar kampung ambon, priok rada-rada ngeri

    BalasHapus
  3. kebetulan aja tempat kumuh yang ditemuin, masih banyak kok tempat bagus di berlin. ini pasti daerah berlin pinggiran yang penghuninya jg orang pendatang, karena hal yg serba kotor bukan ciri dari orang jerman asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jamin asli Jerman. Imigran kurang berani corat coret tembok rumah orang. Sama saja seperti orang Indonesia, yang baik banyak dan yang suka sempoyongan, corat coret dan memalak orang juga tidak sedikit. Remaja atau ABG dinegara manapun sama saja, tengil dan sedang krisis identitas.

      Hapus
  4. OOoo begono ya ?
    Thx sharingnya

    BalasHapus
  5. manusia dimana2 sama ya mas… punya naluri untuk cari perhatian. gembel dimana2 ada, kumuh dimana2 ada. Cuma presentase-nya lebih sedikit dibanding kota2 di Indonesia kali ya

    BalasHapus
  6. trims. informative. taqobalallohu minnaa wa minkum.

    BalasHapus
  7. Wah, kumuh saja masih agak bersih. hehehe

    BalasHapus
  8. Bersihlah Palembang ya. Pindah ke sini aja bro..

    BalasHapus
  9. Judulnya berlebihan, org fotonya cuma masalah corat-coret tembok aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga berlebihan juga. Saya sendiri pernah ke Berlin. Rata2 negara Eropa juga ga lebih bersih dan aman daripada Indonesia. Kamu sudah pernah ke sana? Kalau belum mungkin harus melihat langsung.

      Hapus
    2. Daerah yang serem memang cirinya banyak coretan di tembok. Jangan deh sekali kali lewat daerah spt itu, apalagi cewek meskipun kotanya Berlin.

      Hapus
  10. Mba susy menarik sekali ceritanya. Yang saya tau dr poto kan cuma sisi indah2nya eropa aja.wajah jakarta di lensa orang asing malah yang kumuh2 dan miskin2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum orang Indonesia itu 'luar negeri' minded. Segala sesuatu yang berbau Europe/USA dianggap hebat, padahal belum tentu. Bule menulis hal hal yang kumuh tentang Indonesia sangat wajar, karena jalan menuju tempat wisata di Indonesia dipenuhi lapak kaki lima dan asongan. Di Europe, jalan menuju tempat wisata dibikin bersih dan indah, yang kumuh terpinggirkan. Dan perlu diingat, penduduk Indonesia sangat luar biasa banyak sehingga sangat susah diatur.

      Hapus
  11. Jadi ingat waktu jalan ke stasiun u-bahn di berlin...ternyata memang sifat orang yang suka usil...graffiti dimana mana..pojokan bau pesing..pokoknya nggak beda dengan nuansa joroknya pulogadung..:) ..pak ardi dan bu susi

    BalasHapus
  12. Ameriki emg kumuh om klo d bronx byk hobbo

    KSA (not offense) di bandara Jeddah ahhhhhhh toiletnya, dan ada pengalam "menarik" ditahan polisi (smpah tegang)

    Klo berlin hmmmm mgkn byk slum2 sering liat2 d felm2 (byasany berlin timur ya?)

    Btw di SG sisi kumuhnya apa ya? HDB FLAT yg kosong penuh coret2 ? (Byk d daerah Pasir Ris sonoan lagi hehehe)

    Klo Thailand, di rest area dan pusat oleh2 yah... gk jauh beda ama Indonesia dah siap2 lah gk kaget.
    Macet? Menyebrang? Hah Bgkok ama ja JKT. Byk anjing liar hiii mana tulisan kriting pula

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.