Sabtu, 12 November 2011

Dari mBedagan Ke mBahrain

Menuju Hotel Dituntun GPS
Bahrain Malam Hari Begitu
Indah, Bersih Dan Aman
Saya lahir dan besar disalah satu kampung bernama mBedagan di daerah mBojong (sekarang Jalan Pemuda), pusat kota Semarang. Saya sudah tidak tahu lagi dimana rumah saya dulu karena sekarang sudah berubah menjadi gedung megah sebuah Bank dan Mall. Saat itu, saya juga tidak pernah berfikir bahwa bermula dari rumah kampung kecil ini masa depan dan cita cita saya terukir dengan indah. Sebuah cita cita anak kecil ketika ditanya oleh Bude Warti selalu saya jawab 'Cita citaku numpak montor mabur'. Bude Warti tidak pernah tahu, anak kecil yang selalu ditanya tersebut sekarang sedang naik 'montor mabur' ke mBahrain. Tulisan ini untuk Bude Warti almarhum untuk membayar hutang saya yang belum sempat saya bayar ketika Bude selalu bertanya 'Numpak montor mabur arep lungo nang ngendi nduk, bude mengko dicritani yo ?' (Naik pesawat terbang kemana Nduk, Bude diceritain nanti ya ?)


Mobil Sewaan
Lebih Murah Dibanding
Harga Sewa Mobil Di Indonesia
Bude, saya berangkat dari Kuwait ke mBahrain jam 7 malam naik Al Jazeera Airways, 'montor mabur' paling murah yang saya pilih karena ongkosnya cuma KD 19. Saat liburan panjang Idul Adha seperti sekarang ini, semua 'montor mabur' tarifnya bisa naik sampai berlipat lipat. Sayang baru 45 menit terbang, 'montor mabur' yang saya naiki telah mendarat di mBahrain International Airport. Dari Kuwait sebenarnya jaraknya dekat sekali, cuma 432 Km saja dan bisa ditempuh dengan mobil sekitar 4 jam, tetapi saya tidak bisa menggunakan jalan darat karena harus melalui Saudi Arabia. Visa melintasi Saudi Arabia akan ditolak karena saat ini sedang ada Haji di Saudi. Biasanya sebulan sebelum / sesudah hari raya Haji/Idul Adha, semua pengajuan visa Saudi selalu ditutup.


Tidak Terlalu Padat Dan Ramai
Mungkin Turis Masih Takut
Ke Bahrain Sejak Ada Demo Mar 11
Di mBahrain saya sewa mobil karena mau ngirit. Bude tahu kan kalau saya sejak masih kecil selalu pelit ?. Saya cuma mengandalkan GPS untuk mengunjungi tempat tempat wisata di mBahrain. Terlalu mahal bagi saya kalau harus menggunakan tour guide atau naik taksi berkali kali. Sewa mobil di Bahrain cuma sekitar Rp 225.000 (KD 7) per hari sudah termasuk asuransi kecelakaan minor. Alasan lain kenapa saya selalu menggunakan mobil sewa dan GPS kalau saya jalan jalan ke negara manapun adalah agar saya bisa bergerak kemanapun saya menginginkan. Saya ingin melihat suatu negara bukan hanya yang terlihat bagus saja, tetapi saya juga ingin blusukan kekampung kampung atau tempat unik yang saya ketahui dari internet. Selama GPS maih menyala, saya tidak takut pergi kemanapun. Biar saja kalau ada orang yang menganggap saya sinting.


Jayyid Dan Mumtaz
Jayyid Dan Mumtaz
Seandainya Saja Saya
Membaca, Tentu Bisa
Hemat
Pagi sekali setelah sarapan pagi di Hotel, saya memulai perjalanan keliling Bahrain. Sudah tentu, acara dimulai dari mengisi bensin disebuah pompa bensin terdekat dari Hotel. Petugas pompa bensin hanya bisa bahasa Arab saja, Begitu mobil berhenti, sambutan yang diucapkan bukan 'Good Morning' atau 'Assalamualaikum' tetapi 'Jayyid ... Mumtaz ..... !!!!'. Saya tidak tahu maksudnya, tetapi karena Jaim (Jaga Image) maka secara yakin dan mantap langsung saya jawab 'Full...., Full Tank ...!'. Tampaknya komunikasi dengan petugas pompa bensin tidak nyambung, si petugas menyapa lagi dengan lebih keras dan garang 'Mumtaz ...!'. Karena nggak tahu maksudnya langsung saya jawab 'Yes....!'. 
Ternyata saya salah jawab, begitu saya jawab 'Yes !', yang diisikan ke mobil sewaan saya adalah bensin yang termahal bernama Mumtaz 95. Sial, hari pertama ini, si turis ngirit ternyata gagal mengirit gara gara tidak tahu arti Jayyid (Premium) dan Mumtaz (Super).

Ikuti Cerita Berikutnya tentang perjalanan ke Bahrain Causeway, Bab Al Bahrain, Manama Souq, Bahrain National Musseum, Saar Settlement, Barbar Temple, Bahrain Ford, Arad Fort, Qal'at Al Bahrain dan tentu saja shopping di Seef Mall, Dana Mall, Marina Mall, City Center dan lain lain.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.