Kamis, 10 Desember 2009

Selayang Pandang Hawalli - Kuwait

Hawalli
Hawalli, ini adalah daerah yang paling macet dan sibuk di Kuwait selain Fahaheel. Berbeda dengan Fahaheel, daerah ini merupakan tempat perdagangan elektronik termasuk jual beli berbagai macam barang elektronik second hand, terutama Computer baik yang bermerek terkenal atau rakitan sendiri yang di Indonesia terkenal dengan sebutan Komputer Cap Jangkrik. Kalau di Jakarta mungkin bisa disamakan dengan daerah Glodok atau Mangga Dua tetapi jelas tidak sebesar dan selengkap Glodok/Mangga Dua.



Masih Hawalli Juga
Semua computer, HP dan pernak perniknya ada ditempat ini. Software bajakan juga ada, cuma kalau beli kita harus ngumpet ngumpet. Kita hanya melihat daftar software bajakannya saja dalam sebuah album dan kalau sepakat dengan harganya baru diambilkan atau dicopykan dulu sekitar 10 menit. Si penjual software bajakan ini sebelum melepas dagangannya masih harus clingak clinguk kiri kanan untuk meyakinkan bahwa kita tidak diikuti polisi pada saat bertransaksi.



Hawalli Park
Menurut data PACI pada bulan Dec 2007 jumlah penduduk ada 164,212 orang, tetapi perkiraan saya saat ini sudah lebih dari itu. Sama dengan daerah daerah lain, selain Arab, expatriate dari berbagai negara juga sangat banyak sekali, termasuk dari Indonesia. Daerah ini terasa sangt sepi sekali hanya pada hari libur Jum’at saja, hari Sabtu ramai kembali meskipun tidak seramai hari biasa. Semakin malam semakin ramai karena kebiasaan orang di Kuwait sini kalau belanja pada malam hari dan siang hari tidur molor.


Hawalli Juga
Hawalli sangat padat dan macet karena ditempat ini ada beberapa tempat yang sering menjadi sumber kemacetan, diantaranya adalah
  • Al Qadsiya Sport Club. Ini adalah salah satu stadion sepakbola terkenal di Kuwait dan sering bikin macet pada saat bubaran pertandingan nasional ataupun internasional.
  • Ada juga Mohaleb Mall, salah satu Mall besar di Kuwait yang juga bikin macet. Hampir semua mall dan tempat keramaian di Kuwait parkirnya tidak teratur meskipun sudah disediakan tempat parkir yang bagus dan memadai.
  • Hawally Park, tempat hiburan anak anak dimana didalamnya terdapat juga toko buku Jarir Book Store.
  • Berbagai macam sekolah bagus dan terkenal di Kuwait ada di Hawally, missal The American School Of Kuwait (ASK), Cambridge English School Hawally dan sekolah sekolah lain.
  • Dan lain lain
Banyak Burung Dara
Di Hawalli
Ada yang saya suka di Hawalli ini, saya bisa olahraga jalan jalan pagi dengan bebas pada hari libur sambil bermain dengan burung burung merpati jinak yang banyak terdapat di sepanjang trotoar pertokoan di Hawalli. Burung burung ini sangat jinak sekali dan tidak takut orang, bahkan mendekat kalau kita berdiri ditengah tengahnya.




Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.