Jumat, 29 Oktober 2010

Harris, Sang Manager Apartment

Kayak Direktur
Wakil Pemilik Apartment
Haris atau Harris kalau di Indonesia adalah nama seorang laki laki yang gagah dan ngganteng dan tentu saja punya jabatan yang mentereng dan jadi pujaan hati setiap wanita. Tetapi kalau di Arab artinya adalah penjaga dan khususnya di Kuwait, Harris adalah nama yang umum dipakai untuk penjaga rumah atau apartment. Meskipun nama aslinya Akbar, Abdul atau Ridwan tetap saja panggilannya Harris. Tugasnya bukan cuma menjaga rumah/apartment saja tetapi juga bertanggung jawab terhadap kebersihan seluruh rumah/apartment. Tanggung jawab yang lain adalah mencuci mobil, membelikan sesuatu ke bakala (kios kelontong) terutama gallon air mineral yang berat dan segala macam urusan kecil yang umumnya penghuni rumah/apartment malas melakukannya seperti menyetrika pakaian atau tugas tugas yang perlu tenaga besar. Tentu kalau diminta oleh penghuni rumah/apartment dengan memberi tips dan biasanya kita beri tips bulanan bersamaan dengan waktu kita membayar sewa rumah/apartment.


Bisa Diminta Bantu
Buatkan Kotak Kayu Dan
Cuci Mobil
Di Kuwait, untuk bayar sewa rumah/apartment biasanya cukup kita setorkan ke Harris ini saja tidak perlu harus langsung ke pemilik rumah/apartment. Itulah sebabnya kekuasaan Harris jauh melebihi pemilik rumah/apartment, kalau sudah mengatakan Laa (Tidak) maka kita tidak bisa apa apa untuk negosiasi ulang dengannya. Umumnya orang orang seperti ini sangat taat terhadap instruksi dari pemilik rumah/apartment. Sekali mengatakan Laa, maka seterusnya Laa dan tidak goyah sogokan apapun. Pernah saya minta tolong untuk ngecat salah satu dinding karena saya ingin warna lain, jawabnya cukup Laa.... Laaaa....Laaaaa dan saya sodori uang berapapun tetap saja Laaaaa !!!!. Saya cuma bisa ngloyor pergi sambil nyanyi La..La...La... Laaaaaaa!



Didepan Apartment Naif
Umumnya para Harris ini berasal dari Mesir meskipun ada juga beberapa yang berasal dari India, Pakistan atau  Bangladesh. Banyak yang rajin sekali dan terlihat dari rumah/apartmentnya yang kinclong tetapi ada juga yang tidak peduli degan kebersihan rumah/apartment yang dijaganya. Pagi pagi sekali, biasanya yang dilakukan adalah mencuci mobil para pelanggannya, pokoknya sebelum pemilik mobil berangkat kantor, mobil sudah harus bersih dan setelah penghuni rumah/apartment berangkat kerja baru mulai membersihkan halaman rumah/apartment, lift dan koridor setiap lantai apartment. Setelah itu baru mengerjakan tugas tugas khusus yang diamanatkan para penyewa rumah/apartment seperti membeli gallon air mineral, menyetrika baju, atau tugas tugas khusus lain misalnya membuatkan kandang burung.


Teman saya seorang engineer telekomunikasi yang setahun lalu bergabung di Kuwait mempunyai nama depan Haris dan dari dulu panggilannya Haris, tetapi beberapa hari lalu saya temui, benar benar sudah tidak mau lagi saya panggil Harris, mintanya dipanggil nama akhir saja yaitu Sugiarto atau cukup Sugi saja. Saya tidak tahu, kenapa namanya yang bagus pemberian orang tua tiba tiba tidak dipakai lagi di Kuwait. Barangkali ada pembaca blog ini yang tahu dan bisa memberi saran untuk teman saya tadi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.