Minggu, 06 Maret 2011

Ke India Dengan Visa On Arrival

Kumar, I'll visit your
country Again
Ini baru berita yang sangat menarik. Mulai awal tahun 2011 ini semua pemegang passport Indonesia bisa berkunjung ke India hanya dengan Visa On Arrival. Tak perlu repot mondar mandir ke kedutaan India untuk memohon Visa, cukup beli tiket pesawat langsung ke Mumbai, Delhi, Chennai atau Calcutta. Hanya airport di 4 bandara ini yang terbuka untuk pengurusan VOA bagi pemegang passport Indonesia. Masa berlaku VOA 30 hari dengan biaya USD 60 per passport. Dan dalam satu tahun hanya diijinkan dua kali saja untuk berkunjung ke India sebagai turis. Orang India menamakan TVOA (Tourist Visa On Arrival), padahal yang namanya VOA ya jelas tujuan utamanya untuk mendongkrak kunjungan turis, oleh karena itu masa berlakunya hanya sebulan saja.


Delhi Jadul, Jaman belum
ada VOA

97 komentar:

  1. saya mau ke india.. ke mumbay dan daerah sekitarnya,setelah itu saya akan ke nepal. yang mau saya tanya saya butuh transit visa tidak untuk kembali ke mumbay.. karena tidak ada penerbangan langsung dari katmandu ke jakarta.. transit mumbay terlebih dahulu. thx

    BalasHapus
  2. Ya nggak dong, kalau bisa VOA jelas nggak ada transit VISA. Seandainya ada dan saya harus memilih, jelas saya akan bayar VOA yang lebih murah, masuk ke India 5 menit dan masuk kembali ke terminal keberangkatan.

    BalasHapus
  3. Kalau untuk VOA syarat-syaratnya apa saja ? terima kasih

    BalasHapus
  4. Syarat VOA yang umum disemua negara adalah sbb :
    1. passport masih berlaku minimum 6 bulan
    2. menunjukkan tiket pulang pergi
    3. punya bukti booking hotel
    4. Pas photo dijepret langsung di airport
    No 2 dan 3 sering tidak diperiksa dibeberapa negara.
    Biaya bervariasi, rata rata sekitar USD 25
    Beberapa negara ada yang mewajibkan travel insurance (ada yang bisa dibayar di airport).
    Beberapa negara ada yang mempertanyakan hubungan keluarga anak anak karena umumnya orang Indonesia tidak punya Family Name. Kartu Keluarga bisa dipakai kalau ada yang mempertanyakan hubungan keluarga anak anak kita.

    BalasHapus
  5. Kalau untuk VOA ke India, apakah syarat nya sama seperti di atas? dan apakah ke India perlu membayar travel insurance juga. biayanya berapa? saya ada rencana pergi ke sana awal minggu ini.Terima kasih Pak.Ardi blog anda sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Travel insurance itu untuk kebaikan anda sendiri, misal kalau celaka diluar negeri. Diminta atau tidak untuk syarat VOA sebaiknya memiliki. Biaya insurance juga tidak mahal dan berlaku setahun (renewable). Biaya insurance tergantung nilai pertanggungan yang anda inginkan, semakin besar semakin mahal. Ikut yang USD 50/tahun sudah cukup, paling tidak bisa ditanggung pengobatan diluar dan bisa dipulangkan ketanah air baik dalam keadaan sakit atau meninggal.

    BalasHapus
  7. Mohon informasi, kalau saya ke Bangalore, apakah sudah bisa mendapatkan Visa on Arrival di Bangalore Airport? Terimakasih - ZB

    BalasHapus
  8. Sampai saat ini yang bisa melayani VOA hanya Mumbai, Delhi, Calcutta dan Chennai. Kalau anda mau ke Bangalore saya sarankan landing di Chennai dan dilanjutkan penerbangan domestik ke Bangalore sekitar satu jam atau naik kereta api sekitar 8 Jam. Penerbangan lokal Chennai Bangalore cukup banyak. Alternatif lain adalah melalui Mumbai, tetapi agak jauh sedikit keutara.

    BalasHapus
  9. salam kenal pak ardi,
    sy ada rencana umrah tapi mw transit di mumbai krn lebih murah dari pada direct flight jkt-jeddah

    kalau sy transit di mumbai 1-2 jam di dalam airport dan ganti maskapai yang berbeda, sy mesti ngurus visa on arrival atau tidak?

    makasih..

    -shutan-

    BalasHapus
  10. berapa biaya klo bayar travel insurance di airportnya langsung?

    BalasHapus
  11. Transit visa hanya diperlukan oleh negara tertentu yang terminal international dan domesticnya terpisah jauh. Contohnya negara Eropa (Schengen) dimana keluar dari terminal kedatangan international langsung menuju terminal domestic (semua penerbangan antar negara Schengen dianggap domestic).

    Biaya suransi sekitar USD 18, kalau nilai pertanggungan lebih tinggi maka akan lebih mahal lagi. Biasanya USD 18 sudah mencakup biaya perawatan emergency dan memulangkan jenasah ke negara asal.

    BalasHapus
  12. gmna crax membayar travel insurance? karena sya berencana untk ke india lewat delhi, wktu blan 2 sya smpat ke mumbai dsna hnya dmnta fto, booking hotel n sdkit dtnya tntang ktmu ma spa di mumbai.

    makasih

    BalasHapus
  13. Dear Pak Ardi, nama saya Fajar.

    Kemarin ini saya sempat beli tiket Airasia waktu murah dari tahun lalu untuk ke Delhi dari KL, beserta JKT - KLnya juga.

    Saya cukup senang waktu dengan ada tVOA India ini utk orang Indonesia, dan saya sempat tanya ke kedutaan India apa saja syarat yg diperlukan. Mrka bilang return ticket dan proof of fund. Saya sempat tanya bgmna dernga booking hotel, tidak usah jawab mereka.

    Singkatnya, saya kemudian pergi ke KL, bermalam 2 malam dan kemudian pagi-pagi hari ketiga saya checkin utk flight ke Delhi (lewat mesin).

    Saat akan boarding, mereka tidak kasih saya naik pesawat dengan alasan saya tidak ada printout booking hotel. Saya bilang arrangement dgn India adalah tvoa (artinya voa khusus untuk 11 negara), tapi mereka tidak mau tau dan tetap minta booking hotel. Apakah booking hotel tetap perlu ? Ketika saya bilang bahwa saya sudah tanya dgn kedutaan, mereka bilang praktek di lapangan tetap tidak akan masuk karena di india sangat mementingkan booking hotel.

    BalasHapus
  14. Hii...pak Ardi...
    Saya ingin menanyakan pertanyaan yang mungkin sama dengan pertanyaan yang ada sebelumnya dan belum terjawab.
    Apakah untuk visa on arrival ke india persyaratan dokumennya sama dengan visa on arrival yang pak Ardi sebutkan di atas, seperti 1. passport masih berlaku minimum 6 bulan,
    2. menunjukkan tiket pulang pergi,
    3. punya bukti booking hotel,
    4. Pas photo dijepret langsung di airport??
    tetapi apakah bukti booking hotel itu harus bagaimana kalau tidak ada dikarenakan saya akan tinggal di tempat family saya di sana, jawaban anda akan sangat berarti dan membantu saya...
    -best regards-

    BalasHapus
  15. Umumnya bukti boking hotel hanya untuk memastikan anda punya tempat bermalam. Jadi kalau anda bermalam ditempat family, sebutkan saja alamat family anda dengan jelas, lengkap dengan nomor telpon karena seringkali dicheck aakah benar anda akan menginap disana.

    BalasHapus
  16. saya beli tiket jkt-mumbai,,, tp harus transit di KL,,, apakah perlu adanya visa malaysia jika hanya transit sekitar 4 atau 5 jam...??

    BalasHapus
  17. Hah... Ente gimana to, Pemegang passport Indonesia dari dulu bebas keluar masuk ASEAN.
    Baca dibawah ini :

    Pemegang passport Indonesia Bisa Kemana Saja

    BalasHapus
  18. Hallo Pak Ardi dan keluarga ... :)

    Saya ada sedikit pertanyaan berdasarkan pengalaman anda di bandara Delhi ... Saya punya tiket Air Asia ke Delhi PP, sedangkan saya rencana lanjut ke Nepal dari situ. Saya plan waktu datang akan langsung fly lagi ke Kathmandu, kemudian waktu pulangnya baru akan main2 sebentar di Taj Mahal only for India, setelah itu pulang ke tanah air. Jadi dari pengalaman anda, trip semacam itu tidak membutuhkan visa sama sekali waktu kedatangannya, baik itu visa biasa atau visa on transit ... ? :)

    Jika memang benar begitu, waktu pulangnya kalau nanti diputuskan akan main2 ke India baru kami akan apply visa on arrival, sedangkan jika tidak mungkin kami akan langsung fly lagi untuk pulang. Berarti jika kami langsung fly ke Malaysia lagi dari Kathmandu, kami tidak perlu visa transit maupun VOA ya ... ? Dengan kata lain tidak butuh visa India sama sekali baik itu VOA maupun visa transit, jika kami tidak main2 di India nya sama sekali dan hanya numpang lewat saja ... ? :)

    Jadi tidak tahu apakah untuk itu kami jadi harus kena visa dan jenis visa nya kalau butuh visa, karena harus keluar dulu untuk checkin dan ambil bagage kemudian masukin bagage lagi untuk penerbangan selanjut nya ... Itu kan harusnya lewatin imigrasi biasa nya ... Keluar dari terminal kedatangan, lewatin imigrasi, disini kan biasanya visa dicek, ambil bagage, checkin, masukin bagage, lewatin imigrasi lagi, baru masuk ke terminal keberangkatan internasional ... Pas pulang dari Nepal begitu lagi sama, yang berarti kalau butuh visa, cost nya jadi double karena dua kali masuk India padahal cuma numpang lewat untuk cekin dan ambil masukin bagage aja ...

    Selain itu, apakah anda punya info / pengalaman seperti itu, yaitu ke India untuk transit sebelum ke Nepal ... ? :)

    Thanx ... :)

    BalasHapus
  19. Saya tidak pernah ngurusi baggage saat transit di airport manapun dan berapa kalipun kita transit. Saat checkin tinggal laporkan saja kita pindah pesawat apa dan ingin baggage sampai di negara tujuan akhir. Petugas cargo akan memindahkan. Kalau sampai barang tidak sampai di tujuan akhir, tinggal claim ke bagian Loss & Found dan travel insurance anda. Silahkan saja wisata ke India beberapa hari, cargo akan mengurus baggage anda sampai ke negara terakhir. Kalau anda menggunakan satu pesawat saja selama perjalanan (misal Emirates saja), maka proses check in lebih mudah lagi.

    BalasHapus
  20. Baru baca lagi post ini karena rencana mau ke India. :) Baru baca komennya dan senyum2, Pak dan Bu Ardi sabar sekali ya menjawabnya. Hihihi. :)

    BalasHapus
  21. sore bu saya mau nanya.
    desember ini saya berangkat ke delhi
    setelah itu saya mau ke Goa
    kalo di Goa berlaku VOA juga apa gmana ya bu?
    thanks

    BalasHapus
  22. Oalah Bu, gimana toh sampeyan ini :). Kalau sudah masuk India melalui salah satu dari 4 Bandara Internationalnya berarti anda bisa kemana saja di India. VOA itu ngurusnya di Bandara International. Bandara domestik dimanapun tidak ada pemeriksaan visa dan passport. Jadi anda mau ke Goa sama saja seperti dari Surabaya ke Semarang naik Batavia Air. Mau jalan kaki, naik bus atau KA juga boleh dan nggak ada yang melarang.

    BalasHapus
  23. saya mao ke nepal..apakah saya bole lanjut ke india dengan VOA..karena nepal bixa dengan VOA..

    BalasHapus
  24. Baik nepal maupun india bisa VOA. Anda bisa langsung ke india dari mana saja. Catatan : hanya 4 airport saja mumbai, delhi, calcutta dan chennai saja yg bisa. Jangan salah pesawat.

    BalasHapus
  25. Hi pak Ardi, kebetulan saya akan ke Delhi awal februari 2012, brngkt tgl 5 feb dan balik ke jkt tgl 8 feb, tujuan ke Delhi, ketemu dengan tunangan saya. Kalau boleh tahu, untuk bookingan hotel, saya kan ikut tunangan saya, kira2 apakah saya perlu minta bukti bookingan juga gak yah? mohon bantuan nya yah.. makasih banyak..

    BalasHapus
  26. salam Pak Hardi,

    saya rencana ke GOA pada hari Senin, 30 april 2012.
    transit Malaysia-Mumbai nginap hotel di Courtyard International. pagi selasa ke GOA. yg mau saya tanyakan, saya benar-benar lupa untuk travel insurance. nah, ini apa benar kta bisa beli di airport? maksudnya di airport Mumbai atau di Indonesia nya?
    terima kasih Infonya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke India nggak perlu Travel Insurance. Cuma hati hati saja, saya pernah diminta photo copy kartu kredit. Nggak tahu apa maksudnya yang jelas jangan sampai memphoto copy halaman belakang meskipun diminta.

      Hapus
    2. Terima kasih Pak Hardi.
      saya berada d Goa-India sekarang,
      waktu saya sampai di sini adalah malam 11:25pm.
      yg mereka minta dari saya adalah, return tiket, reservasi hotel,dan Photo. dan sedikit Interview ttg apa yg akan sya lakukan di sini. dan mereka tanyakan berapa uang yg saya bawa dalam Dollar. sesuai dgn tiket, saya hanya mendapat Visa 12hari untuk stay di India. dan tidak boleh di perpanjang masanya. mungkin ini bisa di buat sebagai Info yg terbaru bagi WNI yg ingin brkunjung ke India.

      terima kasih Pak Hardi, semua Info yg bapak beri sangat membantu..
      salam

      Hapus
  27. Hallo Mas, saya mau minta sarannya,

    Saya kebetulan akan ke India Juli 2012 nanti, sebenarnya tempat tujuan saya adalah LUCKNOW, akan tetapi saya akan masuk melalui Mumbai. Apakah saya harus memperoleh dulu visa di Mumbai lalu masuk kembali lagi ke terminal untuk melanjutkan perjalanan? sebab saya memiliki tiket langsung ke Lucknow tetapi memiliki waktu 3 jam trasnsit di MUMBAI. Terima kasih banyak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda harus masuk ke terminal domestik dan anda harus ngantri VOA dulu sebelum check passport menuju terminal domestik. Waktu transit anda sangat sempit sekali, lebih bagus urus visa di embassy India.

      Hapus
  28. Siang pak ardi...
    Saya rencananya mau ke india akhhir juni ini. Kebetulan saya tinggal di jogja. Kalau memilih penerbangan yang agak miring tarifnya itu safetynya tetep bagus ga ya? Terus transitnya lebih baik di singapura atau kualalumpur ya.Thx

    BalasHapus
  29. siang pak Ardi...

    Rencananya saya akhir bulan Juni 2012 mau ke India, seperti yang bapak jelaskan di atas, bapak menjelaskan siapapun yang mau pergi ke india langsung aja membeli tiket di bandara tanpa perlu mengurus visa bolak balik ke embassy india??? kita bisa dapat VOA jika sudah sampai di sana, apa saja yang mereka tanyakan biasanya? saya takut saja pak.... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca tanya jawab diatas. Semua sudah ada jawabannya. Jawaban tgl 07 Mei 2012 dari Anonim adalah yang paling akhir dari India.

      Hapus
  30. info yang sangat menarik pak. Terimakasih.
    Kalau tujuan untuk pesawat, yang paling murah pk apa pak? mohon sarannya.

    BalasHapus
  31. Sekedar share info, saya ke india bulan sept 2011 dengan maskapai tiger airways dari Singapura, karena saya di Batam jadi lebih dekat. Saya turun di airport chennai, langsung menuju counter VOA dan diminta mengisi formulir VOA, ditanya tinggal berapa lama, alamat yg dituju, tiket balik dan domestik dsb,krn saya mengunjungi teman saya di Kochi yang ditempuh selama sekitar 1 jam 30 menit penerbangan dari chennai. Bayar biaya VOA USD 60, namun mereka hanya menerima pembayaran dalam mata uang Rupee, sehingga saya harus keluar dulu dari imigrasi diantar petugas untuk menukar uang ke money changer, yang setelah dikurskan, jatuhnya saya bayar VOA lebih mahal sekitar 70 USD. Jadi sebaiknya anda mempersiapkan mata uang Rupee sebelum ke India. Secara umum pengurusan VOA di chennai tidak begitu sulit. Lamanya izin tinggal diberikan sesuai dengan masa tinggal disana yang tentu saja tidak melebihi jangka waktu yang diizinkan. Untuk travel insurance tidak ditanyakan. Untuk foto, memang diminta namun tidak masalah kalo anda tidak punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis klo nggak bawa foto,, kita foto di airport langsung ya,,, aku juga mo chennai ni,,, trs klo udah selesai buat VOA kita keluarnya tetap lewat main imigration atau ada imigration kusus untuk VOA?

      Hapus
  32. Siang Pak Ardi,
    Mohon infonya ya pak... Saya mau ke Bangalore India dari Kuala Lumpur menggunakan penerbangan AirAsia untuk stay selama 2 atau 3 malam saja. Asal dari Bandung (BDO-KLU-BLR). Tadinya saya berharap bisa menggunakan Visa on Arrival, ternyata di Bangalore tidak mengeluarkan VOA. Apa bapak punya saran? terima kasih.

    BalasHapus
  33. masukan dari Psk Ardi sangat membantu. Thanks

    BalasHapus
  34. malam pak ardi
    saya rencana ke mau ke india tahun ini, tiket pulang pergi di telah di beli dari india oleh kerabat saya. apkah harus mengurus visa di kedutaan terlbih dahulu ?
    trimakasih...

    BalasHapus
  35. Selamat Malam Pak/ Bu Ardi,

    Bulan september bsk akan menjadi kali ke3nya saya berkunjung ke india,untuk 2 kunjungan sblmnya sy menggunaka visa tourist yg sy urus di kedutaan india dijakarta,mgkn utk bsk sy akan cb TVOA nya.

    Yg ingin sy tanyakan,apakah immigrasi utk TVOA diMumbai buka 24 jam? Krn bs jd sy akan pilih flight yg akan tiba dsana skitar jam 10 mlm.

    Mohon infonya..
    Regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari puluhan bandara international yang pernah saya kunjungi semua pelayanannya 24 jam. Tapi sayang saya tidak pernah masuk lewat Mumbai. Rasanya 24 jam juga. Kalau anda ragu kenapa nggak ngikuti saran mas Ardi saja, yaitu datang saja ke embassy India dan jangan TVOA.

      Hapus
  36. pak ardi, saya berencana utk holiday panjang di india selama 6 bulan. apakah indonesia termasuk slh satu negara yang mendapatkan visa turis up to 6 month. terimakasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa turis umumnya hanya 3 bulan saja. anda harus keluar India sebelum masa berlaku habis. Extend visa turis dari dalam kalau anda masih di India lumayan ribet.

      Hapus
  37. pa ardi saya berencana pergi ke india kota delhi, bulan oktober 2012, disana bapak menginap di hotel apa, hotel yang aman dan murah tidak terlalu mahal, dari bandara menuju penginapan di kota delhi menggunakan trasnportasi apa, dan berapa kira2 biayanya. jika ke india kita mesti punya kartu kredit atau tidak perlu. karena saya tidak punya kartu kredit. hanya punya uang tunai. terima kasih infonya pa ardi.

    BalasHapus
  38. Mas Ardy yth.
    Klo mngenai VOA, sbenarnya negara kita udh duluan, jadi utk tamu2 dr kws.ASEAN & bbrp neg.Eropa, jg US dll mereka pake VOA di airport kita.
    Kbetulan thn 2004 & 2006 sy ke mumbai &skitarnya, cuma blm ada VOA, jadi apply ke embassy di jkt.
    Nah, akhir bln ini mau ke sana lagi, brarti bs pke VOA ya? Cuma, apakah ini brlaku juga utk non tourist? soalnya Kadang2 org di airport mumbai juga suka ngada2. Mhon sarannya Pakbro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama anda berkunjung tidak melebihi sebulan, gunakan saja VOA, meskipun anda bukan sbg turis. Petugas imigrasi juga tidak tahu tujuan anda mau apa. Nggak perlu terlalu jujur, selama anda bisa lolos imigrasi, anda bisa melakukan apapun di India dan setelah 30 hari silahkan keluar dari India. Jangan dibuat repot sendiri ...

      Hapus
  39. INFO PENTING, MENYANGKUT BIAYA VISA (jalur Embassy di Jkt VS VOA)!!!!!!
    Bahwa dg VOA, anda pemegang passport Indonesia hanya cukup bayar US$60 (kisaran Rp.550ribu,, sedangkan kalo Anda cari VISA di Indian Embassy, biayanya adalah Rp.1,430,000.-.
    Saya benar2 tidak mengerti kenapa bisa spt ini. Yang Penasaran, silahkan datang sendiri cari tahu. Setelah menyerahkan berkas2 yg diperlukan kpd petugas (yg biasanya Asli org India), lalu anda akan berhadapan dg kasir (Naaah, yg ini orang kita sendiri) yang akan menyebutkan angka biayanya.. (Saya berusaha utk tidak Su'udzon niiih),,
    Tapi semua berpulang ke Anda, sekali lagi yang penasaran silahkan coba. Bahkan diluar pagar antrian pun, anda bisa baca penjelasan ttg VOA yg jelas2 di situ menyebut US$60 (cuma herannya, kok standing pamflet ttg itu dipasangnya sore doang saat pengambilan visa yg sdh selesai proses. (Sbg info, apply visa jam 9.00 - 12.00; pengambilan jam 16.00 -17.00). Demikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mengurus Visa di kedutaan India di Kuningan tahun lalu biayanya tidak sampai 500rb saja

      Hapus
  40. harga ticket ke india pp skg brapa yach?

    BalasHapus
  41. Thanks for sharing the post! Get the Best Online Bus Ticket Reservation Services in all over India in one step with Ticketgoose. TicketGoose is not only providing the Online Ticket Booking Services, it is providing services like what are the places to visit in each and every state. We had Travel agents to contact in each area for all states.
    Bus Tickets

    BalasHapus
  42. ini syarat2 yang pihak imigrasi Chennai minta untuk VOA saat saya ke India tgl 22-24 des 2012 :
    1. passport dgn masa berlaku tidak kurang dr 6 bulan
    2. tiket pulang pergi
    3. pasphoto 3x4 berwarna 1 lembar
    4. mengisi formulir yg disediakan pihak imigrasi yg isinya antara lain: identitas diri, alasan berkunjung ke India, alamat yg dituju di India. kebetulan saya tidak di interview sama sekali, hanya perlu mengisi formulir dan menunjukkan passport dan tiket. setelah itu saya mendapat stamp VOA untuk 30 hari.
    5. biaya pengurusan VOA 3000 rupee. mereka hanya menerima dalam bentuk rupee,apabila kita tidak memiliki mata uang rupee mereka akan meminta kita untuk menukar di money changing terlebih dulu. jd lebih baik bila kita sudah sedia mata uang rupee.

    BalasHapus
  43. saya mau tanya pak, kalo umur masih 17 tahun apa bisa pakai VOA langsung? saya mau ke india ke culccata mau tukar mata uang rupee dimana pak?

    BalasHapus
  44. saya ibu RT ada rencana ke chennai tuk kunjungi anak.saya brangkat sdr.(tdk menguasai bhs inggris)urus visa lwt bandara,caranya bagaimana ya pak Ardi. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya anaknya suruh njemput to bu ..., kalau anaknya nggak ketemu di Bandara Chenai lalu gimana bu ?. Kalau ditanya petugas semua dijawab YES, ya kacau dong. "Mau deportasi ?" Yes, "masuk penjara imigrasi dulu ya ?", Yes. Jangan ambil resiko lah bu, sudah sepuh nunggu dijemput anak saja.

      Hapus
  45. bikin VOA di imigrasi chennai itu bisa makan waktu berapa lama? dengar2 petugasnya lelet. Sedangkan saya setelah landing akan lanjut penerbangan dalam 4 jam ke delhi. Apakah kira2 dalam 2 jam ngurus VOA sudah selesai? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain ngurus VOA di Chenai. Anda kan terusan ke Delhi, VOA urus saja di Delhi. Baca yang bener tentang 4 kota yang bisa melayani VOA di artikel diatas.

      Hapus
    2. soalnya bukan connecting flight ke delhi. Saya beli tiket dari airplane yang berbeda menuju delhi. Wah kalau bisa bikin voa saja di delhi saya bakal seneng banget. Tapi apakah bisa keluar dari terminal kedatangan chennai tanpa VOA dan langsung menuju terminal keberangkatan menuju delhi? terimakasih bangat atas infonya. It means a lotttt.. God Bless you

      Hapus
    3. Bagasi anda berada setelah imigrasi. Kalau bagasi anda bisa langsung dipindahkan ke pesawat chenai delhi maka anda bisa langsung menuju departure dan VOA diurus di Delhi.

      Hapus
  46. Saya mau ke India bulan April.dan rencana mengajukan visa turis 3 bulan.. Kira2 brp yah biayanya..dan apakah harus keluar India dulu sblm masa berlaku Abis?

    BalasHapus
  47. Halo Pak Ardi
    saya juliana. teman saya memberikan tiket pp ke india tp apakah saya perlu nunjukin brp duit yg harus dibawa? kalau ya brp kira kira minimalnya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu, tetapi sebaiknya siap dengan hal tersebut. Seringkali petugas imigrasi di negara manapun mengajukan pertanyaan sesuka hatinya, nggak ada yang seragam. Yang umum ditanyakan adalah bukti booking hotel untuk memastikan punya tempat tinggallayak, tiket kembali ke negara asal/negara lain untuk memastikan akan keluar. Pertanyaan lain cuma asesories dan sering tidak ditanyakan (kecuali petugasnya iseng) seperti punya travel insurance, bawa uang cukup nggak (bank statement/kartu kredit) dan lain lain.

      Hapus
  48. Halo Pak/Ibu Ardi
    Saya rencana nya akan keliling India selama 2 bulan, pertanyaan saya:
    1. Apakah perlu keluar India setelah tinggal selama 30 hari, atau boleh tinggal selama 2 bulan itu tanpa harus keluar ke negara tetangga
    2. Apakah perlu gap 2 bulan untuk masuk lagi ke India, soalnya saya bermaksud ke nepal juga?
    3. Dan Apakah harus menggunakan jalur udara untuk masuk kembali ke India dari Nepal? Kalau bisa saya ingin lintas batas lewat jalur darat saja
    Terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau lebih dari satu bulan, jangan VOA tapi datangi saja embassy dan bicarakan dengan staffnya. Kalau pakai VOA sudah fixed 30 hari. Lebih dari itu anda akan didenda harian dan cukup mahal.
      Yang jelas setahun dua kali saja untuk VOA dan tidak ada ketentuan harus ada gap 2 bulan.
      VOA India hanya ada di 4 airport diatas saja, tidak bisa dipakai di border darat atau airport lain.

      Hapus
  49. Maaf, maksud saya turis visa biasa, bukan VOA. Mungkin saya salah masuk ni, hehe. Tapi kalau bapak/ibu tahu mengenai pertanyaan saya diatas tadi, mohon dijawab. Makasi sekali lagi. Insyaallah saya urus visanya di konsulat india di medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. VOA itu ya sama dengan turis visa. Bedanya cuma tempat ngurusnya doang di bandara. Jawaban says diatas cukup jelas.

      Hapus
  50. Halo pak ardi. Saya rencana mau ke india bulan november.tepatnya new delhi.bisa tolong rekomendasi pak. Mengenai naik pesawat apa yg tidak mahal.dan hostel atau hotel yg terjangkau di new delhi.apakah biaya hidup untuk sehari2 disana cukup murah atau mahal?pak klo untuk wanita pergi sendiri ke india aman tidak?terima kasih..yelny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat murah bisa naik Air Asia, booking hotel bisa pakai Booking.com. Silahkan milih hotel yang paling murah atau paling mahal ada. Hotel di India menurut saya sangat parah lebih parah dari losmen. Hati hati kalau memilih hotel murah. Melalui Booking.com lebih aman karena hotel hotelnya telah dievaluasi terlebih dulu dan kalau hotel mesum langsung dicoret dari list.

      Hapus
  51. kalo transit di mumbai selama 21 jam bisa ngurus voa jg ga ?? soalnya ga ada transit visa on arrival nya kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja, namanya doang yg beda. Yg jelas kalau anda mau keluar airport harus ngurus visa. Kalau ngurusnya di airport namanya VOA nggak peduli mau masuk satu jam atau 30 hari terserah anda. Beberapa negara lain menamakan visa transit karena masa berlakunya lebih pendek. Nggak usah bingung dengan definisinya , kalau bingung jangan keluar airport dan langsung ke keberangkatan tanpa melalui check imigrasi.

      Hapus
  52. Saya berencana ke india tahun depan, apakah TVOA masih berlaku ? Dan apakah bukti booking hotel harus di kota yg sama pada saat kita beli visa.? Terimakasih sebelumx. Artikel anda sangan membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda tinggal di Jakarta maka akan lebih aman kalau anda minta visa dari embassy India saja. Tetapi kalau jauh dari jakarta dan tidak punya waktu maka bisa dicoba TVOA. Hotel booking tidak harus di New Delhi.

      Hapus
  53. Saya berencana mau ke india chennai berlibur sekalian ketemu calon saya, tetapi masalahnya saya takut untuk bepergian sendiri kesana karena india sekarang kondisinya sedang tidak aman banyak pemerkosaan wanita.Keluarga saya tidak ada yang bisa mendampingi. Dari jakarta ke singapore penerbangan aman lah tetapi dari singapore ke india semua penerbangan sampai ke chennai malam. Apakah bandara disana rame 24 jam. Sedangkan saya tidak punya kenalan indonesia di sana? Takutnya Calon saya telat jemput dan saya sendirian di bandara. Ada yang bisa kasih saran ga? Calon saya tidak bisa datang ke jakarta karena jadwalnya tidak bisa di cancel. Mohon bimbingan untuk perjalanannya. dan sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, ini akibat terlalu sering baca berita kriminal. India itu penduduknya terbanyak nomor 1 didunia dan luas negara lebih besar dari Indonesia. Di Indonesia saja hampir tiap hari ada berita kriminal di koran, koran, apakah anda merasa terancam di Indonesia ?. Selama ini belum pernah ada cerita perkosaan di bandara, terlalu ramai. Baru lepas celana saja sudah diteriaki orang dan ditangkap polisi.

      Hapus
  54. Aku berencana mau liburan ke chennai, india pada tanggal 07 november 2013. Kira2 ada yang bepergian kesana dan tanggal yang sama ga? Kalo ada boleh ikut bareng tidak dari jakarta ke chennai airport, aku takut kesana sendiri, lebih aman kalo ada teman indonesia di web ini yang bisa bareng. Cew dan cowok atau yang family mau berlibur ke chennai india. Mohon konfirmasi segera y. Urgent. Kalo bisa email aja ke minju.kagami@yahoo.com.

    BalasHapus
  55. Pak klo ke India pakai visa turis bukan dgn membeli VOA apakah masih harus menyertakan ticket pulang baliknya
    Saya pemegang green card USA apakah bisa mengajukan visa India di Jakarta......thanks alot

    BalasHapus
  56. Jelas bisa. Tiket pp adalah syarat umum untuk pengajuan visa turis hampir di semua negara. Kalau nggak diminta artinya nasib baik. Coba saja dulu.

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum Pak Ardi
    berkat sharing pak Ardi disini saya sukses berkunjung ke India...mostly come to Delhi is so easy...pengurusan VTOA ga sulit .they re so helpfull....ga ribet dan bahkan sempat menggoda..mungkin karena kebanyakan lelaki india senang wanita indonesia hehehheh...so saya hanya bayar $US 60 dan pengurusan VTOA hanya 15 menit then..you know what...I stay in beautiful resort and hotel di daerah chattarpur delhi..sangat murah untuk ukuran resort bintang 4, aku booked di booking.com dan its same like in the pictures...pelayanannya lumayan even makanannya banyak yg aseli india but its okay...I recoment this hotel odles hotel dan cy cafe with gulati resto..tempat ini makanannya ciamikkk...taj mahal is awesome, Qutub minar is great...india gate so beautiful...and more places so good.... terimakasih Pa Ardi..terimakasih Delhi Im so happy to be there ...dan air desember ini aku akan datang lagi untuk spend my new year eve with friends...SHUKRIYA PA ARDI...

    BalasHapus
  58. assalamualaikum semuaaaaa...saya mau sharing niihh..actually India aman,,,mei lalu saya ke delhi justru its okay buat wanita...saya melancong sendiri kesana dan aman...bahkan teman lelaki saha di India sangat treated me well...so jangan takut...kalo bisa punya temen orang sana yang bener2 baik jadi mereka pasti jadi guide yang sopan dan baik
    banyak hal kita perlu belajar dari india
    mereka makmur dengan jalan raya yang besar2 even macetnya sama kayak dikita namun kebanyakan jalan disana bersih dan aman banjir
    mereka disiplin ketika mengantri gas / bensin dan segala jenis macam HP mati sesuai intruksi di POM...mereka keluar kendaraan ketika mengisi bensin sbg upaya keamanan, bener2 disiplin...jauhh sama negara kita
    then gara2 kasus perkosaan yang baru lalu semua mobil di delhi khususnya TNPA MENGGUNAKAN KACA FILM sbg upaya prevensi dini thd penyekapan dalam mobil dan ini tanpa kecuali semua PATUH edannn....
    di setiap persimpangan ga ada polisi yg jaga karena pelanggar lalu lintas lansung terdeteksi oleh CCTV...wow greatt
    so Go ahead..India aman buat kita...akupun berencana liburan tahun baru kesana, cuman emang tiket ke new delhi is a lil bit expensive...dulu aku pake jetairways garuda transit sin PP 7.9 juta dan sekarang aku pake non directly flight,,dari bandung by tigerair 1,3 juta pp dan air india dr sin pp rp 6 juta..worth it lah kalo inget amazingnya delhi,,,,have a nice trip..and thanks again Pak Ardi...

    BalasHapus
  59. slamat siang, saya mau ke india untuk kursus sekitar 6bln,untuk urusan visa nya gmn ya? mohon pencerahan trima ksih

    BalasHapus
  60. hy pak ardi, mau tanya ni, bisa gak visa on arrival ke india di perpanjang? saya mau stay di india 45 hari, sedangkan visa on arival nya hanya 30 hari? kalua bisa bagaimana cara nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aturannya sih nggak bisa dan harus keluar ke negara lain dulu baru masuk. Tapi yang gampang kembali ke airport dan tanyakan ke immigrasinya siapa tahu mau stamp tanpa harus keluar ke negara lain.

      Hapus
  61. Mas Ardi kalo persyaratan VOA saya tdk ada return booking hotel gmn..krn saya menginap di rmh family..dan apakah tiket penerbangan online saya harus di print out atau cukup menunjukkan nya saja..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas harus bisa menunjukkan tiket keluar dari India sebelum masa berlaku VOA berakhir. Hotel booking masi bisa dinegosiasikan kalau ditanya misal ngaku tinggal dirumah saudara, tapi tiket keluar dari India harus ada dan harus keluar satu bulan dari kedatangan Sebelum VOA berakhir.

      Hapus
  62. salam kenal
    saya mau ke india minggu depan yang ingin saya tanyakan untuk buat visa on arrival.. kita applynya sebelum kita check document di imigration atau setelahnya ya?

    BalasHapus
  63. Yg mau ke india mampir ke goa :). Bagus pemandangannya, seperti Balinya indonesia. Kebetulan saya stay disini skrg. Jadi kl mampir kesini, bs email saya ke ematetateta@gmail.com :)

    BalasHapus
  64. Pak Ardi, Saya akan ke India melalui bandara Kalkuta dan tiba sekitar jam 12 malam. Dan melanjutkan perjalanan saya ke delhi esok pagi dengan flight yg berbeda. Pertanyaannya: apakah voa bisa dilakukan di delhi krn saya tdk berencana keluar dari bandara kalkuta. Dan apakah aman/bisa menginap di bandara kalkuta? Krn saya pergi solo dan tanggung kalau hrs keluar msk bandara. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. VOA bisa diurus di Calcutta. Kalau anda mau menunggu pagi, nunggunya di hall leberangkatan. Artinya anda sudah keluar dan sudah melewati proses VOA.

      Hapus
  65. siap pak Ardi, thanks buat responsenya.

    BalasHapus
  66. Pak Ardi..saya baru pertama pengen ke luar negeri...mau tanya soal booking ticket pesawat and hotel via online pembayaran bagaimana ya dan cara pengambilan tiket aslinya ??? klo mau menginap dirumah teman di india pa benar tidak perlu bukti reservasi hotel.??..saya berencana apply VOA soalnya domisili saya dlampung sayang klo bolak balik jakarta..jauh...makasih sebelumnya ya pak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Booking tiket banyak, misal booking.com, agoda.com dll. Bukang pesawat juga mudah kunjungi saja website airline yang anda inginkan. Semua pembayaran pakai kartu kredit. Bingung, hubungi saja travel agent terdekat. VOA mensyaratkat harus punya tiket pulang pergi. Nginap dirumah kawan nggak jadi masalah selama anda punya bukti yang bisa anda tunjukkan saat ngurus VOA (kalau ditanyakan). Sering kali nggak ditanya.

      Hapus
  67. Pak Ardi, mau nanya, dengar info katanya untuk VOA warga Indonesia sudah ditambah airportnya yakni Bangalore dan Hyderabad apakah benar?
    Karena rencananya saya akan berkunjung ke Bangalore akhir bulan ini.

    Terima kasih infonya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata siapa ?. Emangnya ada pesawat dari Indonesia yang langsung ke bangalore atau hyderabad ?. Sampai saat ini hanya 4 airport saja yg bisa TVOA, chenai, calcutta, mumbai dan delhi. Belum ada revisi yang saya terima dan ketahui.

      Hapus
  68. Saya ingin ke mumbai, dan surat. Tapi mau berangkat sendiri itu kok awang awangen yahh ... ada tips yg aman ga pak buat saya?

    Trims sebelumnya

    BalasHapus
  69. Morning,
    Saya ada rencana ke India tahun depan, ada teman yg tinggal disana. Untuk kelengkapan pembuatan Visa, reservasi hotel nya gimana ya? Karena saya akan tinggal dirumah teman. Thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tinggal dirumah/saudara coba tunjukkan alamat dan no telpon yang bisa dihubungi teman/saudara anda. Resiko ditolak sangat tinggi karena petugas imigrasi sebenarnya hanya ingin tahu anda datang sebagai turis atau bukan karena TVOA adalah visa turis. Bukti yang autentik adalah booking hotel karena kalau tinggal di hotel sudah pasti turis. Silahkan coba siapa tahu dengan tiket pulang pergi saja sudah bisa meyakinkan petugas bahwa anda turis. Ingat tiket pulang anda harus max 30 hari sejak kedatangan. Lebih dari 30 hari berarti anda bukan turis.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.