Sabtu, 22 Juni 2013

Ke Srilanka Dengan E-Visa

Horee Akhirnya Bisa Masuk Ke Srilanka
Dengan Cara Yang Luar Biasa Mudah


Di Airport Srilanka Langsung
Di Stamp Dan Bisa Masuk
Dengan Sangat Mudah
Wisata ke Srilanka semakin mudah saja. Cukup dengan mengajukan e-Visa secara online melalui website resmi pemerintah Srilanka http://www.eta.gov.lk. Syaratnya juga sangat mudah sekali, sangat mudah dan bahkan termudah yang pernah saya rasakan. Cukup masukkan data pribadi secara online, tanggal keberangkatan dan tanggal pulang kembali ke negara asal, nomor passport dan nomor reservasi ticket pesawat. Sudah itu saja nggak ada syarat syarat lain, seperti harus punya bukti booking hotel, travel insurance, bukti keuangan atau bank account atau harus punya pekerjaaan dan dibuktikan dengan surat keterangan kerja dari perusahaan.


Print Out e-Visa Srilanka
Mudah... Mudah,,,,
Karena demikian mudahnya sudah tentu dampak positifnya banyak. Terutama jumlah kunjungan turis terus merangkak naik. Negara Srilanka memang beberapa tahun lalu disibukkan oleh perang saudara bertahun tahun. Dan pemberontak Macan Tamil sangat terkenal saat itu karena keberaniannya melakukan perlawanan dengan pemerintah. Tetapi sekarang perang saudara sudah usai, saatnya pemerintah membangun negara dan saatnya pula mendatangkan wisatawan dan investor dari berbagai macam negara di dunia. Proses masuk yang luar biasa mudah inilah salah satu yang ditawarkan pemerintah Srilanka saat ini.


Duit Srilanka, Aneh...
Semua Vertical
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses e-Visa Srilanka ? Luar biasa cepat, saya memproses saat hari kerja dan ternyata bisa selesai dalam waktu 2 jam saja meskipun janji di websitenya mengatakan bisa selesai dalam waktu 24 jam. Artinya 22 jam lebih cepat dari waktu yang dijanjikan. Seandainya saja Indonesia bisa secepat ini, tentu kunjungan turis ke tanah air akan meningkat tajam. Setelah saya menerima konfirmasi bahwa e-Visa telah disetujui, maka langsung bisa diprint dari rumah saat itu juga.



Lihat Gambar Dalam Mata Uang
Srilanka, Semua Gambar Vertical
Ada yang terasa janggal saat saya mempersiapkan perjalanan ke Srilanka kali ini. Saat saya menukarkan uang, ternyata mata uang Srilanka cara bacanya Vertical. Gambar gambar dalam mata uang semuanya vertical, tidak horizontal seperti mata uang Indonesia, Kuwait atau negara negara lain Disamping itu, jumlah angka nol juga banyak sekali seperti mata uang Indonesia. Ada pecahan 5000, 2000, 1000, 500 dan lain lain. Sangat beda dengan mata uang Kuwait yang sangat miskin angka nol. Jadi rasanya bawa uang Srilangka beberapa lembar saja, serasa PD sekali. Saat saya menerima pecahan Srilanka, rasanya saya bawa uang banyaaak sekali. Serasa, saya menjadi manusia terkaya di dunia, padahal yang saya tukar hanya beberapa KD saja.

Catatan : Kurs KWD 100 = LKR 45.600 = IDR 3.515.000 (22 Jun 2013)


Baca Juga :

31 komentar:

  1. kalau pembuatan visa di negara lain semudah ini travelling semakin asik ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Beberapa negara sudah ada yang bikin e-Visa online. Tapi syaratnya tetap saja ribet karena harus diseleksi ketat jangan sampai kemasukan Pengangguran dan kemungkinan menggelandang di sana. Srilanka mudah karena butuh duit segar untuk bangun negara setelah perang saudara berkepanjangan.

      Hapus
  2. wahh yang mau ke Srilangka,,, ditunggu 'laporan' cerita2nya deh bu... ;)

    BalasHapus
  3. Mbak Susy, Mas Ardy, jadi itu abis visanya diprint trus disertakan/diselipkan di paspor aja untuk ditunjukkan di imigrasi sana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah diprint ya tinggal bawa saja. Nanti di airport Colombo tinggal nunjukkan ke petugas imigrasi beserta passportnya.

      Hapus
    2. ceritanya lucu dan informatif .. saya jadi bingung nih mau kesana pak ardi dan mbak susy kok jadi ngak tertarik yaa..berapa lama jarak antara beli tiket return dan urus etanya terimakasih sebelumnya ..

      Hapus
  4. Ha ha ha ha !!! iya bener banget staff staff di counter immigrasi melayani kita "seenaknya", saya landing di sana kebetul baru baru ini, setelah antri panjang, si ibu yg di immigrasi counter dengan mudah bilang, " saya mau pulang " , whattt!!! shocking me, and after 3 minutes, she called me again, and she told me : i do now for you ,.... beeehhh gaya banget ini ibu, seakan akan kita ini minta minta lho , anyway ....saya menyikapi nya dengan santai dan saya anggap komedi saja, OMG,.. pengalaman lucu tuhhh !!!

    BalasHapus
  5. pak ardi dan bunda susy salam kenal dari indonesia ... saya mau tanya bagaimana pembelian tiket ke srilanka sementara visa belum disetujui sementara dari pihak kedutaan meminta tiket return terlebih dulu mohon sarannya saya tunggu jawabannya terimaksih yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang anda harus beli tiket pp dulu sebelum mengajukan evisa. Sbg bukti bahwa anda turis dan pulang kembali ke negara asal.Kalau nggak pp, negara manapun bisa kemasukan gembel cari kerja dari negara miskin atau konflik.Beli tiket normal, bisa melalui agent atau online.

      Hapus
  6. terimaksih atas balasannya pak ardi dan bunda susy.. beli tiket online apa bisa direfund seandainya visanya ditolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas bisa. Kecil kemungkinan ditolak kecuali nama anda tercantum dalam blavklist interpol.

      Hapus
  7. TERIMA KASIH BANYAK ATAS INFONYA YANG SANGAT MEMBANTU...

    BalasHapus
  8. Mba saya mau tanya, mba pergi ke Sri Lanka apakah hanya untuk travelling sajakah ?
    Terima Kasih,
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. eVisa hanya untuk turis, bukan untuk residence atau kerja.

      Hapus
  9. mba mau tanya, kenapa saya gagal terus ya di pembayaran?
    Terimakasih,
    Regards,
    Fia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat cardnya ada logo Visa atau Master. Kakau logonya cuman bank lokal ya jelas nggak mau buat transaksi international

      Hapus
  10. Salam.. e-visa ini bisa dipergunakan dua kali kunjungan tanpa harus ngisi form lg? seminggu yg lalu saya ke Sri lanka dan akan berkunjung kembali dalam beberapa hari ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya semua evisa dinegara manapun hanya untuk Single Entry. Coba baca webnya langsung.

      Hapus
    2. Pak Ardi dan Bunda Susy evisa ternyata double entry selama 30 hari kedatangan. Seminggu yang lalu saya sudah balik lagi kesana :). Terimakasih..

      Hapus
  11. Mau tanya itu bayar visanya via apa ya? CC atau? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba aja click link diatas. Seumur hidup belum pernah tuh saya lihat transaksi online bisa bayar cash.

      Hapus
  12. saya mau tanya ,karena sy tdk pakai cradit card jadi bagaimana cara pembayaran e visa ?

    apakah bisa nebeng cradit card org lain lalu byr chas ke org tsb mohon info .

    dan adakah yg punyaa teman indonesia di srilangka yg bisa sy hubungi untuk tanya2 .makasih sebelumnya .sy tunggu yaaa infonya .

    yg mau bantu sy referensi teman di srila nka ini email sy : yyuni6187@gmail.com


    salam kenal semua ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Debit card yang ada logo Visa atau Master juga bisa dipakai, tidak harus pakai credit card. Cek dulu debit card anda ada logo Visa dan Master atau nggak ?

      Nebeng credit card orang juga bisa.
      Baca dengan teliti dan Coba dulu baru tanya....

      Hapus
  13. pak ardi dan bunda susy sy tunggu banget yaaa infonya .karena inshaa Allah sy mau berkunjung jafi turis ke srilangka pengen rasain bulan pyasa disana .


    salam

    BalasHapus
  14. Salam Kenal Mas Ardi..

    Nama saya Rony, saya berencana ke Srilanka ( bulan januari 2016 ), saya ingin minta petunjuk dan saran dari Anda, hal2 apa saja yg harus saya persiapkan ya Mas..
    Kebetulan saya punya teman di Srilanka (orang Srilanka), tujuan saya ke sana ingin berkuniung dan sekaligus jalan2...

    Terima kasih Mas Ardi.. saya tunggu balasan Nya...:)

    Rony Liao.

    BalasHapus
  15. mudah2an taun ini bisa kesini 😍

    BalasHapus
  16. Nice post !Good news for international tourist of Sri Lanka ,now Sri Lanka online visa is available .

    BalasHapus
  17. Thank you for sharing such great information.
    It has help me in finding out more detail about "Sri Lanka Visa"

    BalasHapus
  18. Jadi mengingat ketik baru pertama kali ke Srilanka. Menggunakan E-Visa hanya 5 menit saja di ApprovE nya. Bahkan saya baca ada yg cuma 3 menit. Saya aja 5 menit Approve udah bersyukur banget wakt itu. Mantab deh jadi kangen dengan Sri Lanka ehhehe

    BalasHapus
  19. salam kenal..mhon info klo baru pertama kali ke LN tujuan Srilanka apply visa perlukah ke kedubes or bs lngsung apply online?mhon infox..mks sblm.nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada online itu supaya embassy nggak ramai, penuh sesak dan gaduh urusan visa. Jadi apply online saja

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.