Sabtu, 22 November 2008

Mancing Cendol Kuwait

Ikan Seperti Cendol
Ikan sangat berlimpah di Arabian Gulf, dipinggir laut saja kita bisa melihat ikan ikan yang mirip cendol atau dawet berlompatan di pantai. Orang orang disini tidak terlihat ada yang rakus mengambil sebanyak banyaknya untuk di jual. Saya perhatikan, mereka berangkat dengan kapalnya ketengah laut untuk mengambil ikan secukupnya saja, dan kalau tertangkap ikan kecil maka cepat cepat dilepaskan kembali ke laut.



Di pantai Al Quds, setiap hari terutama sore hari banyak sekali orang yang memberi makan ikan ikan di laut bebas Arabian Gulf. Saya perhatikan, mereka membawa makanan sisa tetapi ada pula yang sengaja datang ke bakala untuk membeli Qobus (roti arab) hanya sekedar untuk memberi makan ikan ikan yang luar biasa banyaknya. Gemes rasanya melihat ikan sebanyak itu nggak ada yang memanen, rasanya cukup membawa serok ikan saja sudah dapat banyak. Ikan ikan ini di laut lepas bukan dikolam ikan.


Acara Mancing Di Spring Camp
Orang orang Kuwait banyak yang memiliki kapal pribadi untuk rekreasi ditengah laut, setiap weekend selalu terlihat kapal ditarik mobil ditengah kepadatan jalan raya Kuwait. Dibelakang rumah Kuwaitis selain parkir mobil mewah juga tampak parkir kapal pribadi dengan alat penariknya dan ada juga yang nampak parkir jet ski. Tampak sekali orang Kuwait selain dilimpahi rizki minyak yang berlimpah juga kekayaan laut yang berlimpah juga.


Dapat Ikan Nggak ?
Mancing dipinggir laut, adalah kegiatan warga Indonesia di Kuwait karena memang mereka belum memiliki kapal pribadi seperti halnya Kuwaitis. Tapi jangan anggap remeh mereka, meskipun klesetan duduk duduk di bebatuan, mereka banyak yang punya kebun sawit, peternakan sapi, tuan tanah dan berbagai usaha sampingan yang dipersiapkan dengan matang dari Kuwait. Meskipun tidak naik kapal pribadi, tidak mengurangi rasa kegembiraan kita sebagai warga minoritas yang tinggal jauh dari kampung halaman.


Pulaaannnng !!
Melamun dipinggir pantai terasa juga nikmatnya, sambil mancing bisa membicarakan keluarga yang jauh di Indonesia, kira kira sedang apa ya mereka di Indonesia nun jauh disana. Ada yang anak dan istri masih di Indonesia, ada yang rindu kepada orang tua ada pula yang bersyukur dikaruniai kesehatan dan keselamatan hingga bisa sampai di Kuwait yang kaya dan elok ini. Apabila kail pancing bergerak, langsung saja bubar lamunan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.