Sabtu, 05 Desember 2015

Dondurma, Ice Cream Sontoloyo Turkey

Dondurma - Ice Cream Khas Turkey
Dan Azerbaijan, Tidak Cepat Meleleh Dan Lengket

Ice Cream Italia namanya Gelato, tapi kalau Turkey namanya Dondurma. Ice Cream Turkey ini beda sama sekali dengan ice cream dari negara manapun juga meskipun rasanya agak agak mirip. Perbedaan yang mencolok adalah penjualnya 'Sontoloyo' semua. Iseng dan suka ngerjain pembeli, apalagi kalau pembelinya turis. Ada saja akrobat yang dilakukan penjual, mulai dari melempar ice cream ke udara, menjungkir balikkan ice cream sampai memukul mukulkan sendok ice cream ke lonceng lonceng kecil diatas kepala penjualnya. Lihat video dibawah  untuk menyaksikan kelakuan penjual Dondurma saat melayani pembeli.


Dondurma Dilempar Keatas, Ditangkap Lagi Di
Jungkir Balikkan, Pembelinya Bengong. Melayani Sambil
Ngoceh Untuk Menarik Perhatian Pembeli Lain
Dondurma ini adalah ice cream khas Turkey dan Azerbaijan yang memang memungkinkan untuk dibuat akrobat. Ice Creamnya lebih padat dan susah mencair meskipun terkena terik matahari. Bisa tetap lengket meskipun posisinya dibalik kebawah. Bahan utamanya Susu, Gula, Sahlep dan Mastic. Terus terang saya nggak tahu apa yang dimaksud Sahlep dan Mastic ini. Katanya Sahlep itu tepung yang terbuat dari tanaman semacam Orchid yang hanya ada di Turkey dan sekitarnya saja. Sedangkan Mastic saya lebih nggak tahu lagi. Katanya warnanya kuning transparan semacam 'Gum' atau getah tanaman yang banyak tumbuh di Turkey dan sekitarnya juga.

Terkadang Sesama Orang Turkey Cara Menyajikannya
Cukup Dilempar.  Yuuppp.... Tangkap !!!

Kalau anda tertarik untuk membeli Dondurma, siapkan saja uang sekitar 5 Lira, kira kira 25.000 Rupiah. Terlalu mahal atau tidak nggak usah dipikirin wong namanya pingin nyoba dan lihat akrobat ice cream. Saat penjual mengambilkan Ice Cream buat anda, pasti anda akan sedikit merasa terkejut. Sendoknya panjangnya bukan main, kira kira hampir 1 meter. Bukan panjang sendok yang membuat terkejut, tetapi sendok tersebut dipukulkan dulu ke lonceng lonceng kecil diatas kepala si penjual. Gaduh, seperti tiba tiba ada puluhan sapi lari serentak bersama sama. Tujuannya untuk menarik perhatian orang lewat agar ikut beli juga.


Seragam Penjual Dan Salesman Cukup Hebring
Ada Yang Merah, Hijau, Biru  dan Kuning Menyala
Ngambil ice cream satu sendok, lalu dilempar keatas. Ditambahin satu sendok lagi lalu sendoknya diputar putar dengan ice cream yang masih lengket disendok. Dipukulkan ke lonceng pula supaya lebih gaduh dan teriak teriak pakai bahasa Turkey agar orang pada menyaksikan.  Terakhir baru disodorkan ke pembeli pakai sendok panjangnya. Tapi jangan senang dulu,  si Dondurma idaman bakalan terlepas dari tangan anda. Si penjual iseng ngerjain pembeli, dan tahu benar ice creamnya bakalan nyangkut di sendoknya. Hebatnya, ice cream Turkey ini bisa dilemparkan kesana kemari tanpa harus khawatir jatuh dari 'Cone'nya. 


Yuuup.... Tangkap !
Salesmannya Kayak Keeper, Pinter Nangkap Dondurma
Kalau Pembelinya Turis Tidak Dilemparkan
Catatan : video mp4 dibawah tidak bisa dilihat pada computer yang system operasinya tidak mendukung flashplayer seperti Apple Iphone atau Ipad.

Turis Dari Manapun Pasti Akan Berhenti Dan Mengabadikan
Akrobat Penjual Dondurma - Suara Lonceng Dan
Teriakan Penjualnya Memang Ribut Dan Gaduh Sekali


Salesman Dondurma Menawarkan Sampai Jauh
Kalau Ada Pembeli Langsung Bergaya Seperti Keeper
Dan Siap Menangkap Ice Cream


Lengket dan Tidak Mencair Atau Jatuh
Meskipun Dijungkirkan 5 Menit


Uji Coba Dipanaskan Di Terik Matahari
Tidak Mencair Dan Tidak Jatuh Juga


Ini Tangan Tangan Turis
Yang Tidak Yakin Dondurma Tidak
Mencair Dan Jatuh Meskipun Dibalik


Nyemm Nyemmm, Uenak Juga Ternyata



Mari Mencoba Dondurma
Uenak Pol


video



Baca Juga :

4 komentar:

  1. amazing...

    kok bisa yah gak tumpah gitu

    BalasHapus
  2. Haahaaa tapiii tetep maniis kan yeee??

    BalasHapus
  3. Yg darah tinggi mending nyuruh org lain aje mbeliin..

    BalasHapus
  4. Esgrem DQ disini juga lengket ... tidak tumpah saat dibalik

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.