Rabu, 08 Oktober 2014

Ngantri Kesamping Cara Arab

Datang Udah Paling Pagi Tapi Nomor Sudah 116

Di Kuwait dan juga negara negara Arab sekitarnya masalah ngantri sangat unik dan menarik. Tidak seperti di Singapore atau negara negara bule dimana suasana ngantri sangat tertib dan rapi. Enak dipandang tidak ada yang nyerobot ke depan. Di Indonesia, budaya ngantri lumayan tertib meskipun kadang kadang ada juga bonek, polisi atau militer berseragam yang nyerobot ke depan. Bagusnya di Indonesia kalau ada yang nyerobot selalu diteriaki pengantri lain yang sudah lama berdiri nggak maju maju. Di Kuwait nggak ada yang berani teriak, gimana mau teriak semuanya nyelonong ke depan sesukanya.

Wanita Boleh Nyerobot Paling Depan Sendiri - Halal
India Mau Nyerobot ? - Nehi Nehi

Hanya expats dari Philipine, Nepal, Indonesia dan negara negara Bule saja yang berusaha setengah mati untuk tertib ngantri. Expats dari Mesir, Lebanon, Oman, Qatar, UAE, Saudi, Yaman dan juga Kuwait sendiri jangan harap mau ngantri. Kalaupun ada yang ngantri sudah bisa dipastikan bahwa mereka sangat 'well educated'. Orang India agak lumayan, yang tertib ngantri banyak tapi yang masuk kategori 'Slonong Boy' juga lumayan banyak. Biasanya orang orang India type ini ngikuti kebiasaan orang Mesir dan sekitarnya yang susah sekali tertib.

Di Kuwait Ngantri Itu Kesamping
Bukan Kebelakang

Mesin antrian memang sudah disediakan dan beberapa orang juga mau ngambil nomor dari mesin yang tersedia. Tapi sampai kantor mau tutuppun belum tentu nomor tersebut berubah. Gimana nomor bisa berubah cepat dan kita dipanggil kalau yang nyerobot saja jauh lebih banyak dibanding yang tertib duduk menunggu panggilan. Kalau ada kantor yang antriannya sangat bagus dan sempurna biasanya ada satu atau dua orang tenaga Security yang menjaga dan mengawasi semua pengunjung dengan tatapan sangar. Celakanya, banyak juga yang datang pagi sekali lalu ngambil nomor antrian. Setelah itu pergi entah kemana dan datang kembali beberapa jam kemudian. Sudah tentu langsung nyelonong kedepan dan debat berkepanjangan karena ngakunya nomornya kecil tapi belum dipanggil panggil.


Kalau Begini Kapan Nomor Antrian
Bisa Dipanggil
Tapi meskipun uyel uyelan dan gaduh seperti itu, wanita selalu dapat prioritas dan dipersilahkan maju paling depan sendiri dan nggak ada yang berani protes. Itulah sebabnya kenapa untuk urusan ngantri ATM, ngantri urusan ke kantor pemerintah dan juga beli tiket nonton bioskop selalu saya yang dapat tugas  ngantri. Sedangkan suami saya cuma ongkang ongkang didalam mobil nggak mau turun atau cukup memperhatikan dari jarak jauh. 

Kayak Pasar Karena Nggak
Ada Yang Mau Duduk

Yang lebih unik lagi di Kuwait, karena ngantrinya kesamping bukan kebelakang maka kalau dokumen yang kita berikan ditolak oleh petugas karena sesuatu hal, maka nggak ada salahnya kita sodorkan kembali ke petugas loket disebelahnya. Ditolak lagi, geser lagi ke loket sebelahnya. Seringkali petugas satu dengan petugas yang lainnya tidak sama dalam mengambil keputusan. Sudah berkali kali saya ngurus apapun ditolak karena ada persyaratan dokumen yang kurang tapi saya ajukan kembali ke petugas lain disebelahnya langsung 'Approve' pada saat itu juga.


Orang Mesir Sedang Memberi Wejangan,
Kalau Ditolak Masukkan Saja Ke Loket Sebelahnya


Baca Juga :


7 komentar:

  1. sip banget tulisannya, tau aja budaya mengantri di Kuwait begitu sangar yg expat di belakang yang citizen duluan meski sang expat ambil nomor duluan, wastah benar benar cetar hehe...terus berkreasi tuk pak ardi sekeluarga

    BalasHapus
  2. no.116.......ngantri untuk apa ya....

    BalasHapus
  3. Sudah ada mesin antri koq masih mau nyerobot ya?
    Bener2 keterlaluan …

    BalasHapus
  4. kyknya perlu di kasih susu pertumbuhan, tumbuh itu ke atas bukan ke samping

    BalasHapus
  5. hoo begitu ya mbak. baru tau trnyata masih mending di indonesia ya. hihi. apalagi kalo ibu2 kyk saya paling sewot kalau ada yang nyerobot antrian. ndesooo..wwkkw

    BalasHapus
  6. Pernah waktu saya umrah sekeluarga tahun 2012 buk,saya mau nitip kursi dorong dipenitipan dkt toilet (toilet yg dkt sempat sa'i) tiba2 cowo arab gila nyerobot dari kiri dan ngerampas kursi dorongnya dari mama sy buk sambil teriak fisabilillah3x,mama sy kejer sampai akhirnya dpt,mama sy bilang police police,tapi dia malah lari kyk orang gila sambil triak fisabillah2 , ada2 aja watak arab ni buk..

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.