Senin, 13 Mei 2013

Pasar Izmailovo, Pasar Souvenir Di Moscow

Gedung Ini Katanya Tempat Acara Pernikahan
Dilihat Dari Jembatan Menuju Pasar Izmailovo

Lapak Pedagang Di Luar Pasar
Bisa Digropyok "Tibum"
Dengar namanya saja, saya langsung tersentak. Namanya kok sangat Islam sekali. Ismail seperti nama Nabi dalam agama Islam atau nama nama orang di negara negara Islam. Dimana letaknya ? Ternyata tidak jauh dari Izmailovsky Park, Izmailovo District di kota Moscow bagian Timur. Lokasinya mudah dicapai dengan menggunakan Metro, kereta api bawah tanah. Naik saja metro dengan jurusan Arbatskaya – Pokrovskaya (Jalur Biru Tua atau Ungu dalam Metro Map). Soal nama, rasanya memang benar, Russia punya sejarah dengan Islam jaman dulu, saat Ottoman (Usmaniyah) berkuasa di Turki.

Ih Imut Banget, Tapi Kok Berat Ya


Lapak Pedagang Souvenir
Source : Google Image
Saat saya keliling ke banyak tempat di kota kota di Russia, saya sering menyaksikan gedung gedung, cathedral atau gereja kuno dengan arsitektur khas Islam. Sering saya jumpai cathedral tetapi saya perhatikan semuanya berkubah emas dan beberapa gereja ada bekas mirqab yang mengarah ke kiblat. Bangunan cathedral / gereja tua di Russia hampir semuanya memiliki kubah seperti layaknya masjid dengan pilar pilar melengkung khas Timur Tengah. Dari Wikipedia yang pernah saya baca, saat ini penduduk Russia yang beragama Islam sekitar 16.379.000 jiwa, atau 11.7 % dari total penduduk, tidak termasuk negara negara pecahan Uni Sovyet seperti Kazakhstan dll. 

Jual Barang Antik Dan Bekas
Source : Unknown (Google Image)


Ada Tibum
Lapak Ditinggal
Pasar Izmailovo ini adalah tempat dimana anda bisa menemukan berbagai macam Russian Souvenir seperti boneka Matryoshka sampai topi bulu khas Russia dengan berbagai macam kualitas dan harga. Jual pakaian, gadget dan barang bekas juga ada. Tinggal bawa tas besar dan duit yang banyak saja kalau mau belanja ditempat ini. Lantai pertama lebih banyak pedagang kerajinan tangan dan lantai atas banyak pedagang sendok, garpu, pecah belah baru dan antik. Namanya saja pasar, pedagangnya juga susah diatur dan banyak yang buka lapak diluar area pasar. Pokoknya gelar dagangan dimanapun sesuka hati yang banyak dilalui orang. Kalau anda pedagang kaki lima di Indonesia, nggak usah kecil hati. Kelakuan ‘tidak tertib’ dan ngamuk kena gropyokan Tibum bukan monopoli Indonesia saja.


Penjual Topi Russia Bulu Kelinci

Seperti Pasar Blok M
Kapan bukanya pasar ini ? Buka setiap hari mulai jam 10:00 Pagi sampai jam 18:00 sore. Beberapa kios banyak yang buka akhir pekan saja. Waktu terbaik untuk belanja souvenir di Izmailovo Market ini adalah Sabtu jam 10 pagi sampai jam 6 sore dan Minggu jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Musim dingin, jangan coba coba kesini, bisa beku. Jangan tergesa gesa beli barang sebelum anda keliling ke seluruh pasar dan menanyakan harga. Namanya saja pasar, barang sama dengan kualitas sama harganya bisa beda beda meskipun hanya berjarak beberapa langkah saja. 


Topi Russia Kulit Kelinci
Bukan Kulit Beruang Kutub

Barang Antik Murah
Yang membuat harga mahal di pasar ini, pedagangnya criwis sekali. Untuk sebuah souvenir barang antik kecil berupa hiasan meja logam, si pedagang ceritanya panjang sekali dan rasanya hampir seluruh sejarah jaman Tsar Russia diceritakan semua. Nggak peduli yang mau beli nggak bisa sama sekali bahasa Russia, pokoknya nyerocos terus. Akibatnya, pembeli jadi segan nawar, atau barangkali cepet cepet bayar biar tidak kelihatan terlalu bengong karena tidak tahu apa yang diceritakan.


Tinggal Pilih Barang Antik Perunggu Atau
Boneka Matryoshka, Tentu Pilih Yang
Ringan Dong Biar Nggak Over Baggage


Baca Juga :



NOTE : Photo photo dibawah adalah gereja kuno Russian Ortodox  di Kremlin, bukan di Izmailovo Market. Semua berkubah emas.

Ini Gereja Atau Masjid
Ada Bekas Mirqab Menghadap Kiblat
Gereja Ini Kubahnya Banyak
Pintu Masuknya Seperti Mirqab


Kubah Gereja Dengan Lengkungan
Khas Timur Tengah



6 komentar:

  1. wah asik tuh…banyak barang-barang antik,topinya keren …eh ada zatvol VV (Zastuanov Volisi Vamonkst Vrajav) juga yah hahahaha

    BalasHapus
  2. Bawa satu souvenirnya dong....gak usah dikirim entar ketemuan di jakarte aje...... (Edisi Harapan si pulan ....wkwkwk)

    BalasHapus
  3. Mbak blognya keren euy.....informatif dan kreatif, dgn bahasa khasnya mbak susy ( setidak-tidaknya hobby menulis dan profesi lama...tersalurkan .....hihihi). Bisa jadi referensi buat kita yg mau main ke sana atau ......siapa tau malah stay di sana.... Kayaknya asyik....bisa kongkow2 sama mbak susy dan mas ardy......

    BalasHapus
  4. nanti aku oleh2 in hiasan kuwait ya ..... Tika ada rencana stay di kuwait kah dirimu ??.....

    BalasHapus
  5. Trm kah mbak susy... Kalo rencana stay sih belum tau mbak.....wait and see aja ....

    BalasHapus
  6. Thx mb infonya. Smg bahan referensi sy Agustus 2016 trip kesana. Ijin share ya mn

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.