Rabu, 21 Mei 2008

Enak Nggak Kerja Di Kuwait

Seringkali saya ditanya 'Enak Nggak Kerja Di Kuwait ?', tampaknya sederhana tapi njawabnya yang luar biasa susah, kenapa ? Karena saking 'uenak'nya. Disini kerja lebih santai dibanding dengan di Indonesia, target dan tenggat waktu sangat lunak tidak seperti di Indonesia yang selalu grusa grusu. Sudah merupakan hal yang umum dimana pagi hari buka pintu, lalu ngilang, dan sore hari tutup pintu kembali. Nah kita expats belum seberani kuwaiti, tapi kalau masalah ngilang dari kantor sudah cukup 'expert', cukup pamit ke secretary dan pasang post it didepan pintu dengan tulisan 'To Embassy', 'To Passport Office', 'To Field' atau yang agak tehnis sedikit "Meeting".

Meeting apaan nggak perlu diulas, yang jelas ngobrolnya di meeting room ngalor ngidul biasanya topik yang hangat adalah booking pesawat, pengalaman wisata di negara tertentu, rencana cuti atau mudik. Sudah cutinya setahun 42 hari, bulan puasa setengah hari, banyak libur karena hari kejepit nasional dan ada saja libur nasional dadakan, sebagai contoh minggu lalu tahu tahu diliburkan serentak 3 hari + 2 hari weekend sebagai hari berkabung karena mantan emir kuwait meninggal dunia (2008).

Tidak seperti di Indonesia dimana kerjaan sering datang dari atasan dan pakai target selesai pula, kalau di tempat saya kerja, kita expatriate harus ber'improvisasi' sendiri, cari sendiri apa yang bisa dikerjakan. Jadi kalau mau ndableg sebenarnya juga bisa, yaitu e-mail e-mailan dan internetan saja. Tapi kalau saya, kan dari dulu sudah terkenal rajin, cepat, tanggap, iya kan ??? :).

Nah, celakanya kalau sudah tahu kemampuan kita dan sudah dipercaya, baru kerjaan seabreg dibebankan ke kita langsung bleg buanyaknya bukan main. Nggak usah grogi dan tenang saja meskipun kerjaan seabreg, ngerjakannya juga santai karena nggak ada tenggat waktu yang strength. Cuma kita harus tahu, mana yang prioritas dan mana yang benar benar prioritas, karena kalau ditanya mana yang prioritas maka akan dijawab semuanya prioritas satu. (by : Ardi )

Baca Juga :