Minggu, 25 Mei 2008

Jam Air Di Souk Sharq

Mungkin jam air di Souk Sharq (Souk = pasar) ini adalah satu satunya didunia, sangat unik karena penggeraknya bukan mekanik seperti jam umumnya. Semua benar benar digerakkan oleh gaya gravitasi. Air dialirkan melalui pipa pipa kaca berbagai ukuran keatas dan akan jatuh kembali kebawah melalui pipa pipa kecil yang tentunya sangat presisi sekali. Tabung tabung pipa bentuknya aneh aneh, ada yang bulat, oval dan spiral, yang menarik adalah air yang mengalir berwarna warni sehingga pada saat jatuh melalui pipa spiral sangat menarik sekali untuk diperhatikan. Jangankan kita yang baru mengetahui ada jam seperti itu, orang Kuwaiti saja juga bangga dengan jam aneh tersebut dan sering digunakan sarana untuk photo photoan.

Souq Sharq adalah sebuah pasar yang sekarang sudah tidak bisa dikatakan lagi sebagai pasar karena benar benar modern seperti layaknya Pondok Indah Mall dengan ukuran yang jauh lebih besar. Terletak dipinggir pantai Arabian Gulf dengan pemandangan laut yang luar biasa indah. Ditempat ini selain banyak parkir mobil mobil mewah juga banyak parkir kapal kapal yach untuk pelesir orang Kuwait ke laut. Kapal nelayan tradisional (bahasa sininya Dow) juga banyak diparkir ditempat ini, rasanya sih kapal tradisional ini nggak pernah jalan mungkin pemiliknya seorang kolektor yang hanya ngelus ngelus saja tetapi nggak pernah menjalankan kapalnya, seperti mas Ardi yang hanya ngelus elus VW kodoknya di Indonesia.

Namanya juga pasar, yang dijual sangat bervariasi, mulai barang barang kebutuhan sehari hari, barang low quality sampai high quality. Pasar ini menurut kita tidak terlalu ramai pengunjungnya, mungkin saking besarnya bangunan gedung dan sudah ada mall mall lain yang lebih baru seperti Marina Mall atau The Avenue.
(by: Susy )