Sabtu, 17 Januari 2009

Luxor Aswan, Hari Pertama - Pagi

Imigrasi Luxor
Airport Kecil Mungil

Pertama kali turun dan berada di airport Luxor, 24 Dec 08 - jam 3 pagi, kagetnya luar biasa bahkan melebihi kaget saat ketemu jin. Pertama adalah melihat para 'Harris' yang satu pesawat dengan kita, luar biasa gaduh dan nggak mau ngantri pada saat pemeriksaan passport. Akibatnya petugas imigrasinya marah berat dan meninggalkan tempat untuk memanggil petugas keamanan agar menertibkan para tenaga kerja mesir yang bekerja di Kuwait tersebut. Beruntung wajah kita lain daripada yang lain dan langsung kita diberi tempat terhormat dalam antrian, yaitu didepan sendiri terpisah dari tenaga kerja mesir yang lain.

Taxi Peninggalan Firaun
Butut Dan Reyot

Kaget yang kedua masih tentang para 'harris' juga. Ternyata ada banyak sekali penjemput yang bisa masuk sampai didepan petugas imigrasi yang memeriksa passport. Dan para tenaga kerja mesir tadi diperebutkan para penjemput, ditarik kekiri dan kekanan termasuk barang bawaannya. Ternyata para penjemput tadi adalah sopir taksi dan makelar angkutan. Mirip sekali dengan para TKW di bandara Sukarno Hatta Cengkareng, begitu turun langsung ditangkap petugas dan calo untuk diperas duitnya. Beruntung kita adalah turis sehingga langsung diarahkan petugas untuk naik taksi yang paling baik dan sopirnya sopan dan sudah mengenal peradaban,

Kaget ketiga, langsung kita berempat termangu mangu melihat taxi yang akan kita naiki menuju hotel ternyata sangat jompo sekali dengan bagasi diatas atap mobil. Kata si sopir semua Taxi di Mesir adalah bekas kendaraannya Tutankhamun. Saking jomponya, goyangan bagian depan dan ekor tidak sinkron. Bubarlah gambaran kita selama ini bahwa Indonesia adalah negara miskin, banyak utang, pengekspor TKW dan segala kekurangannya setelah melihat Mesir. Ternyata Indonesia jauh lebih makmur dan kaya dibanding Mesir.

Kendaraan Ex Firaun
Dijadikan Taxi Hotel Mercure

Kaget keempat, telah disepakati biaya ke hotel EGP 75, tetapi begitu nyampai didepan hotel si sopir dengan tanpa segan segan minta EGP 100. Lebih kaget lagi di resepsionis hotel Mercure kita kena juga EGP 155 tanpa kwitansi untuk biaya nginap setengah hari, meskipun kita telah booking melalui internet hotel tersebut dengan biaya hanya EGP 44 saja per hari. Alasannya simple saja, harga di Internet itu baru berlaku besok bukan sekarang, ada kesalahan di internet. Tetapi karena jam 3 pagi dan sudah ngantuk perlu istirahat, ya terpaksa juga mbayar selisih harga check in langsung dan internet. Note : setelah beberapa hari di Mesir kita baru tahu ternyata pungli dan mark up harga semacam ini hal yang wajar dan umum dilakukan semua orang di seluruh Mesir.

Kereta Api Mesir
Butut Butut

Setelah tidur sejenak sekitar 2 jam di Hotel, pagi hari setelah makan pagi di Hotel kita segera berangkat langsung ke stasiun kereta api dengan tujuan mau mencoba naik KA ke Aswan. Rencana, hari pertama di Mesir ini kita akan ke tempat yang paling jauh dulu yaitu Abu Simbel, Edfu, Philae dan sore hari baru kembali ke Luxor. Tetapi sesampai distasiun ternyata nggak ada kereta api yang berangkat pagi ke Aswan dan saya perhatikan kondisi kereta api dan stasiunnya rasanya sedih sekali, butut kayak KA Indonesia jaman penjajahan Jepang dulu. Perhatikan gambar KA kelas 1 disamping, dari luar tampak dekil sekali, jauh lebih dekil dari KA ekonomi di Indonesia. Tetapi bagi kita, tidak ada waktu yang tidak berguna sama sekali, kita berempat berhasil mencatat jadwal berangkat kereta api segala jurusan yang kemungkinan berguna bagi anda yang ingin berwisata ke Mesir.

CAIRO - ASWAN

887French8:45 PM54 EGP32 EGP15:15 Jam
997Spanish6:00 PM61 EGP36 EGP14:30 Jam

Catatan :
Harga tiket perlu konfirmasi ulang, saya curiga karena sangat murah sekali. Mungkin sudah tidak valid lagi melihat cat di papan pengumumannya yang sudah pudar dan lama.

CAIRO - ALEXANDRIA

Segera nyusul, ada kesulitan nampilin table di blog. Harus minta bantuan mas Ardi