Sabtu, 01 Agustus 2015

Tetap Cantik Tanpa Abaya Dan Hijab

Kesenian Asli Arab Itu Ya Seperti Ini
Nggak Pakai Abaya Dan Hijab

Orang Indonesia kalau bepergian ke Arab umumnya cuma ke Mekkah dan Madinah, atau paling banter jadi TKI di Saudi Arabia saja. Tapi uniknya, kalau pulang ke tanah air, ceritanya berbusa busa seperti orang yang paling ngerti dunia Arab saja. Seringkali mengatakan bahwa orang Arab itu Semuanya Sangat Soleh dan Solechah. Ada juga yang mengatakan patut ditiru karena tingkah lakunya kayak 'Malaikat'. Huebat benar ceritanya, biasanya para tetangga dan ninik mamak yang mendengar pada mlongo semua.

Asyik Goyang Terus Mang

Udah nggak kehitung berapa banyak orang Indonesia yang meninggalkan jati dirinya sebagai warga Indonesia yaitu Batik dan mengganti dengan pakaian tradisional Dishdasa dan Abaya Arab saat pulang kembali ke tanah air. Pokoknya keren banget, begitu menjejakkan kaki di Bandara Cengkareng si pria dengan bangga pakai pakaian tradisional Arab Dishdasa putih dan yang cewek pakai Abaya hitam terkadang pakai cadar pula. Padahal waktu berangkat dulu masih sama saja dengan umumnya orang Indonesia, cukup jilbab atau hijab saja. Si cowok jelas sudah berubah total, sekarang sudah memelihara jenggot panjang. Si ceweknyapun sudah susah dibedakan dengan orang Arab.



Senam Malam Sampai Lecek Dan Pakaian Terlepas
Mana Abaya Dan Hijabnya Mbak ?

Tapi kalau anda punya kesempatan jalan jalan ke seluruh negara Arab, wow sangat beda sama sekali dengan apa yang mereka ceritakan. Di Mekkah dan Madinah saja seluruh orang kelihatan Soleh dan Solehah dan tiap hari datang ke Masjid. Tetapi di negara lain, nyaris sama saja dengan Indonesia. Yang rajin ke Masjid banyak, rajin ke gereja juga ada, ke Night Club juga penuh, ke Casino main Ding Dong juga riuh dan hingar bingar. Penduduk Arab juga sangat majemuk, ada berbagai macam ras dan berbagai macam agama dan alirannya juga. Mau lihat Arab yang mirip bule, tinggi besar, pendek, kulit hitam atau putih, rambut keriting atau lurus, syiah, sunni, allawite, yahudi, druze semua ada. Komposisi masing masing negara saja yang beda. Kelakuannya juga beda beda, ada yang baik, sembrono tapi ada juga yang njengkelin.


Nah, Kalau Lampu Sudah Mulai Dimatikan
Kira Kira Adegan Apa Yang Akan Ditampilkan
Tahu Kan Kira Kira Apa ?


Terkadang kita salah mengerti dan menganggap semua wanita di Arab memakai Abaya dan Hijab. Itu hanya benar di Saudi Arabia saja. Di negara lain sama saja dengan di Indonesia, ada yang pakai Hijab, ada yang pakai Hot Pant, ada juga yang pakai You Can See dan ada juga yang berbikini di tempat umum. Kalau anda melihat channel channel TV di Arab, anda akan tahu sendiri seperti apa negara Arab yang sebenarnya. Baca :  Kebebasan Pers Dan TV Esek Esek Di Arab


Wani Piro ?
Begini Saja Atau Dilepas Mas ?
Nyawer Cukup Diselipkan Ke BH

Sekarang anda maunya apa ?. Mau lihat kecantikan Arab saat pakai bikini ?, datang saja ke pantai pantai di Dead Sea Jordan, Dubai UAE, Beirut Lebanon atau Antalya Turkye.. Mau nonton kesenian Asli Arab 'Belly Dancing' atau 'Tari Perut' ?. Datang saja ke club club malam di Sharm El Sheykh dan Cairo Mesir, Beirut Lebanon, Manama Bahrain, Dubai UAE, Istanbul, Ankara dan Antalya Turkey dan juga kota kota lain yang nggak bisa saya sebutkan satu persatu.. Mau Casino atau sekedar main Ding Dong, juga buanyak di Lebanon, Bahrain, Turkey dan UAE. Di Bahrain judi cukup ramai saat ada balapan mobil F1 dan di negara lain saat ada balapan Onta.


Sawerannya Kurang Besar
Ya Jelas Joget Lagi
Meskipun Yang Dilepas Lebih Banyak

Nggak ada bedanya sama sekali dengan negara Islam terbesar Indonesia. Setelah penari melenggak lenggok didepan anda maka anda harus nyawer juga. Caranya juga sama persis seperti acara acara ndangdut di Cirebon atau kota lain di tanah air. Selipkan uang kertas ke balik BH si penari. Kalau uang yang anda selipkan cukup banyak, si penari akan 'menari' sekali lagi didepan anda dan khusus buat anda saja. Dan percayalah, gadis gadis Arab memang cantik dan tetap cantik sekali baik dengan dan tanpa Abaya atau Hijab.


Mau Dugem, Judi Atau Nonton Streaptease
Tinggal Pilih Sesuai Keinginan Anda
Beirut Lebanon

Joget Dulu Sebentar Sambil Nunggu
Acara Puncak Tengah Malam

Casino Juga Ada - Ini di Beirut Lebanon
Yang Terang Terangan Atau Yang Judi Buntut Gelap
Tinggal Pilih

Semua Joget Dengan Lagu Lagu Arab
Cowok Cewek Jadi Satu Senggol Senggolan


Tengah Malam Menjelang Pagi
Harap Duduk Di Tempat Masing Masing
Acara Puncak Akan Dimulai
Arab Memang Cantik Dan Semlohe Tanpa Abaya Dan Hijab

Baca Juga :

Blogger Tricks

Sabtu, 25 Juli 2015

Berkunjung Ke Rumah Pak Flinstone

Cave Hotel Di Goreme, Cappadokya Turkey
Semua Hotel Yang Punya Cave Room
Setara Losmen Atau Hotel Melati

Dari Nevsehir Airport menuju desa / kota kecil Goreme, Cappadocia perlu waktu satu jam sendiri. Saya booking hotel melalui Booking.com dan memilih hotel berdasarkan photo photo yang ditampilkan saja. Boleh dikatakan cara memilihnya sembarangan, asal photo kamar, lobby bagus dan harganya cocok maka langsung saya pilih. Memang cara pilih hotel seperti inilah yang bisa saya lakukan karena nggak ada orang lain yang bisa saya tanya dan jarang ada orang disekitar saya yang pernah berkunjung ke Goreme, Cappadocia.


Tidak Ada AC Maupun Heater
Tapi Temperatur Didalam Gua Ternyata
Tidak Dingin Saat Musim Dingin Dan Tidak Panas
Saat Musim Panas

Ternyata, semua hotel di Goreme cukup bikin sengsara. Semua jalan naik turun dan umumnya bukan jalan aspal, tapi jalan batu. Untuk menuju hotel, kita harus nyeret koper dan semua barang bawaan sendiri dengan jarak terjauh sekitar 200 meter. Mobil jarang yang bisa berhenti tepat didepan hotel karena jalan jalan sempit dan tidak bisa dilewati mobil. Jalan utamanya saja hanya bisa dilewati satu mobil saja, kalau sampai berpapasan dengan mobil lain, salah satu harus mundur. Mending kalau jalannya lurus dan rata,  kalau jalannya naik atau turun dan harus mundur berbelak belok tajam gimana ?. Saya tidak akan merekomendasikan anda untuk sewa mobil di kota ini.


Cave Room
Mau Masuk Ke Kamar Saja Susahnya Bukan Main
Harus Mendaki Jalan Setapak Sambil Bawa Koper Sendiri

Setelah jalan kaki di jalan berbatu tidak rata sekitar 100 meter, akhirnya saya bisa mencapai lobby hotel. Segelas jeruk segar dingin langsung amblas saya minum, itupun masih nambah air putih satu gelas lagi. Rupanya kegembiraan sesaat dapat minuman gratis dari hotel ini bukan akhir dari penderitaan. Saya masih harus naik lagi lewat tangga batu karena kamar yang saya pilih ternyata di tingkat dua dan didalam gua. Ya, benar, mirip rumah pak Flinstone yang sering anda lihat di TV.


Ini Kamar Saya
Pintu Masuknya Dari Belakang

Hotel hotel Gua (Cave Hotel) seperti ini selain di Goreme ada juga di Urgup. Alasan kenapa saya pilih hotelnya di Goreme karena hampir semua obyek wisata berada di Goreme. Turis turis yang menginap di Urgup semuanya dibawa ke Goreme.  Di Goreme terdapat Goreme Open Air Museum, Baloon Rides, Cavusin Old Cave Village, Pigeon Valley, Rose Valley, Pasabag dan berbagai macam Souvenir Shop. Nggak jauh sih sebenarnya jarak antara Goreme  dan Urgup, hanya sekitar 20  Km  saja. Tapi kan cukup susah kalau anda ingin naik Baloon Udara. Jam 3 pagi anda harus sudah bangun menuju lokasi lokasi baloon udara di Goreme.


Jalan Masuk Menuju Lobby Hotel
Berat .... Jalan Naik Sambil Nyeret Koper

Cave Hotel di Goreme dengan di Urgup nyaris tidak ada bedanya, Di Urgup sepertinya gua gua dan gunung gunung sudah banyak dikuasai oleh investor besar. Banyak hotel hotel baru dan modern setara bintang lima disana. Saya ragu dengan keaslian gua di hotel hotel baru dan besar di kawasan Urgup. Sepertinya sengaja dibuat untuk komersial. Makanya saya nggak mau nginap disana. Ngeles sih sebenarnya, hotel besar di Urgup jelas jauh lebih mahal dibanding hotel kecil setara Losmen atau hotel Melati di Goreme. Pak Flinstone itu tinggalnya di Gua asli seperti yang di Goreme, bukan di gua gua di hotel yang ada kolam renangnya seperti di Ramada Cappadocia Hotel Urgup atau Kayakapi Premium Caves Cappadocia Hotel Urgup.


Undeground Cave Room
Ternyata Sejuk Didalam Gua Saat Musim Panas
Meskipun Tidak Ada AC


Jalan Jalan Sempit Semua
Mobil Nggak Bisa Masuk Sampai Hotel



Pemandangan Baloon Udara
Dari Lorong Hotel


Semakin Asli Kamar Gua Dan Semakin Susah
Masuk Kamar Ternyata Semakin Mahal
Tarif Per Harinya - Selalu Fully Booked Pula


Kamar Paling Murah
Kamar Tambahan Yang Bukan Gua


Dari Luar Sepertinya Butut
Tapi Ternyata Didalam Kamar Cukup Mewah


Salah Satu Sudut Kota Kecil Goreme
Tidak Semua Gua Dijadikan Hotel


Turis Baru Datang
Belum Tahu Dia Betapa Susahnya Bawa Koper
Naik Turun Jalan Sempit Menuju Lobby Dan Kamar


Dinding Seperti Ini Bukan Dinding Gua Asli
Yang Asli Nggak Ada Batu Ditumpuk Tumpuk



Rabu, 22 Juli 2015

Di Nevsehir Airport Penumpang Mecotot Keluar

Photo Photoan Di Bag Belakang Nevsehir Airport
Satu Lantai Saja Dan Selebar 6 Buah Ruko
Selfie Dulu Ya Sebelum Diusir Petugas

Tujuan saya mau ke Goreme, salah satu kota di Cappadocia (Bacanya Kapadokya), propinsi Nevsehir, Turkye. "Ndeso Kluthuk" wilayah Central Anatolia yang berpenduduk sekitar 2500 jiwa saja. Semula saya ingin sewa dan nyetir mobil dari Ataturk International Airport, Istanbul - Turkye sambil menjelajah segala penjuru Turkye, tapi mengingat jaraknya yang hampir mencapai 800 Km, maka rencana tersebut segera saya urungkan.


Ruko Di Ujung Warna Creme Untuk Kedatangan
Yang Kiri Untuk Keberangkatan

Perhitungan saya mengatakan perlu waktu minimum 10 jam kalau nekat mau langsung ke Goreme. Itu artinya baru akan tiba di Goreme tengah malam karena pesawat Turkish Air yang saya tumpangi dari Kuwait baru mendarat tengah hari. Sebenarnya ada dua bandara terdekat dengan Goreme yang bisa saya pilih, yaitu Kayseri Airport atau Nevsehir Airport. Tapi mengingat jarak Kayseri Airport yang cukup jauh (sekitar 80an Km ke Goreme), maka saya pilih penerbangan ke Nevsehir Airport saja yang jaraknya sekitar 40an Km dari Goreme. Tidak salah pilihan saya, penerbangan Istanbul - Nevsehir Airport hanya sekitar 45 menit saja.


Hanya Ada Satu Counter Untuk Sewa Mobil
Atau Shuttle Bus Ke Goreme

Begitu mendarat di Nevsehir Airport, ternyata bandaranya cuma seukuran 6 buah ruko yang berjejer jejer. Masih mending ruko ruko di Indonesia yang berlantai 2 atau 3, bandara ini cuma satu lantai saja. Mirip bandara Pinang Kampai Dumai, tapi dengan ukuran yang lebih mini lagi meskipun halaman parkirnya sangat luas. Konon bisa menampung 400 mobil sekaligus. Tapi saya nggak percaya ada mobil sebanyak itu parkir bareng bareng di bandara ini. Hanya ada dua pesawat dari Istanbul yang mendarat di bandara ini yaitu Turkish Airline dan Pegasus.


Hanya Satu Conveyer Belt
Jangan Lengah, Sebentar Saja Bandara
Langsung Kosong - Bisa Ketinggalan Bus Anda

Di ruang Kedatangan hanya ada satu Belt Conveyer, begitu koper muncul penumpang langsung keluar bandara. Kalau koper nggak muncul muncul, bisa deg degan luar biasa karena bandara langsung sepi dan tutup. Mending kalau satu satunya counter persewaan mobil atau shuttle bus masih ada petugasnya. Kayaknya bandara ini ada penghuninya hanya saat ada pesawat datang dan berangkat saja.


Penumpangnya Sampai Mecotot
Keluar Bandara, Untung Penerbangan Pagi
Jadi Nggak Terlalu Panas

Tapi bagaimanapun juga, saya cukup senang punya pengalaman baru di bandara ini. Karena penumpangnya cukup banyak saat ada pesawat mau berangkat pagi hari, maka sebagian besar calon penumpang ada juga yang 'mencotot' sampai keluar gedung nggak bisa masuk dan harus ngantri pemeriksaan bagasi. Begitu mulai bosen ngantri kepanasan diluar gedung, maka beberapa penumpang ada yang iseng jalan jalan ke belakang dan selfie didekat pesawat. Cukup dengan memutar gedung kebelakang beberapa langkah saja. Nggak perlu harus loncat pagar tinggi dan nggak perlu juga lewat metal detector. Nggak perlu tergesa gesa berselfie ria juga. Jangan kuatir, banyak temannya yang juga photo photoan. Kapan lagi bisa jeprat jepret photo photoan dengan latar belakang pesawat kalau nggak di Nevsehir Airport.


Bagian Belakang Bandara
Orang Ini Barusan Diusir Agar Pindah Kedepan Kembali
'Selfie'nya Terlalu Dekat Pesawat Sih

Ruang Keberangkatan Dan Counter Check In

Rabu, 08 Juli 2015

Main Skateboard Di Central Mosque London

Central Mosque London
Kubah Emasnya Sudah Luntur
Lokasi Sangat Dekat Dengan Kampung Arab

Mumpung masih bulan Ramadhan, mari saya ajak anda jalan jalan untuk melihat lihat Masjid di UK. Saya mulai dari London Central Mosque atau sering disebut Regent's Park Mosque. Masjid ini mulai digunakan tahun 1978 dan design arsitekturnya dibuat oleh Frederick Gibberd. Untuk masalah design masjid rasanya nggak perlu harus ngundang arsitek yang seiman, susah carinya di Inggris.


Bagian Dalamnya Sangat Minimalis
Kaligrafi Tidak Begitu Banyak
Ini Sholat Jumat - Kosong


Kubahnya berwarna emas, tapi warnanya sudah luntur. Di bagian dalam masjid hiasannya relatif sama dengan masjid masjid di Indonesia pada umumnya, yaitu ada hiasan kaligrafi di dinding. Tapi masjid ini terasa sangat minimalis sekali, hiasan kaligrafinya nggak terlalu banyak. Selain itu ada juga toko buku kecil yang menjual juga minuman ringan Coca Cola yang katanya buatan Yahudi. Ada juga tempat nongkrong bernama Halal Cafe. Tanah dan bangunan Masjid ini merupakan hasil tukar guling antara King Farouq dari Mesir dan King Goerge VI pada tahun 1944. Saat itu  King Farouq membuatkan Gereja Anglican di Cairo.


Tempat Meletakkan Sandal Dan Sepatu
Masjid Besar Tapi Jumatan Hanya 5 Saf Saja


Karena masjid ini berada di negara yang mayoritasnya non muslim, maka seringkali jadi bahan tulisan yang diplintar plintir sedemikian rupa di facebook, blog, internet dan media media di Indonesia. Contohnya : "Di Sulawesi Gereja Akan Dijadikan Masjid, Di Inggris Gereja Diambang Punah". Kenyataannya nggak seperti itu, nggak ada satupun gereja atau masjid yang saling memusnahkan di UK. Semua bisa saling bertoleransi, bahkan di kota saya Portsmouth, sebuah Masjid dan Gereja yang bersebelahan seringkali saling meminjamkan gedungnya untuk Jumatan, Kebaktian Minggu atau acara acara Pameran (Open House).


Lampu Kristal Dan Kaligrafi Dibawah Kubah
Jamaah Semua Orang Arab Dari Perkampungan Arab
Disekitar Masjid

Jangan terlalu percaya berita berita yang ditulis oleh orang orang yang sama sekali tidak pernah menginjakkan kaki di Inggris seperti diatas. Banyak nggak benernya dan mereka nggak tahu sama sekali seperti apa kualitas media yang jadi acuannya dan bagaimana kehidupan beragama sehari hari di Inggris. Contohnya tulisan diatas mencantumkan Daily Mail dan Express Pos, padahal media ini termasuk koran terminal semacam Pos Kota kalau di Indonesia. Isinya full fiksi dengan judul besar tapi nggak jelas isi dan kebenarannya.

Asyikkkk, Ini Dia Tempat Main Skate Board
Lokasinya Di Kota (City Of Westminster)
Susah Cari Tempat Bermain Di Kota

Lokasi Masjid Central London ini di tengah tengah kawasan pemukiman Arab. Pemukiman Arab terkenal Edgware Road hanya berjarak sekitar 1.50 Km saja. Kalau dari Marble Arch juga sekitar itu jaraknya. Jadi jangan membayangkan orang Inggris jadi Mualaf atau rame rame convert ke Islam, Yang bener pengunjung masjid ini semuanya imigran Arab dari pemukiman Arab disekitarnya. Paling cuma ada satu atau dua orang saja yang bule. Sesekali terlihat juga mahasiswa Indonesia yang datang berombongan.

London Central Mosque Book Store
Lumayan Rame Saat Bubaran Sholat Jumat


Keturunan India dan Pakistan  juga banyaknya bukan main di seluruh penjuru Inggris, tapi jangan berasumsi juga Islam is growing fast di Inggris dan Eropa. Yang bener bener growing fast itu jumlah imigran  India / Pakistan dan imigran dari seluruh negara Arab termasuk turis Arab. Lebih growing fast lagi perkembangan Ahmadiyah karena Pemerintah Kolonial Inggris yang  membawa  Ahmadiyah dari India / Pakistan tersebut masuk ke Inggris puluhan tahun lalu dan saat ini telah beranak pinak dan menyebar diseluruh penjuru Eropa. Seperti biasa, setelah mereka sukses di Inggris, lalu saudara saudaranya dikampung halaman  diajak masuk ke Inggris atau negara lain di Eropa semua. Jadi seolah olah Islam berkembang sangat pesat, padahal cuma imigran dan keluarganya yang visit beberapa minggu saja.

Yang Dijual Di Book Store Ternyata Macam Macam
Mulai Dari Parfum Arab, Sabun Sampai Minuman Ringan


Nggak Percaya ? Lihat saja daftar daftar masjid di Inggris dan Eropa di wikipedia. Hampir semua masjid milik Ahmadiyah Community. Satu kota paling cuma ada sekitar 3 masjid saja dan kota besar seperti London lebih banyak lagi. Sholat Jumat di  London Central Mosque ini paling banter isinya cuma 5 - 10 saf saja. Itupun semua Arab dari pemukiman Arab di sekitar Edgware Road, Marble Arch, Knight Bridge, Oxford Road dll. Masjid Central dekat rumah saya di Portsmouth malah pintunya selalu tutup saat jam sholat, apalagi subuh.  Baca : "List Of Ahmadiya Community Building" dan pilih negara United Kingdom atau negara lain di Eropa.


Ini Artinya Tempat Sholat Untuk Berbagai
Macam Aliran Syiah, Sunni, Ahmadiyah Dll

Bagusnya, pemerintah Inggris tidak membeda bedakan aliran agama. Pokoknya Masjid itu buat Muslim, apakah Syiah, Sunni, Ahmadiyah yang jelas disediakan tempat sholat di Masjid. Terkadang istilahnya diperjelas, dan terpampang tulisan Multi Faith Mosque atau Multi Faith Prayer Room supaya masing masing aliran nggak gontok gontokan berebut tempat ibadah. Dan pemilik masjid yang mayoritas Ahmadiyah Community tadi bisa legowo mempersilahkan siapa saja sholat di masjidnya. Sebagai catatan, Central Mosque London ini adalah masjid Sunni karena lingkungan sekitar masjid adalah orang orang Arab yang mayoritasnya Sunni (perkiraan saya sekitar 70 %).

Pengumuman Semacam Ini Buanyak
Di Central Mosque London

Yang paling menarik, Central Mosque London ini seringkali dipakai Break Dance, Akrobat Sepeda BMX, Skateboard, Main Sepatu Roda atau Sepak Bola oleh anak anak muda. Namanya saja minoritas di UK, maka untuk mencari tenaga SATPAM muslim yang mau njagain Masjid 24 jam susahnya bukan main, jadi pengawasan masjid cukup dengan CCTV. Kalau ada anak anak remaja main skateboard atau bola, langsung loudspeaker bunyi "Perhatian perhatian, ini tempat ibadah bukan tempat main bola"


Tanda Larangan Bermain Skateboard, Main Bola
Main BMX dan Bawa Tape Compo
Dan Juga Tidak Boleh Kumpul Kumpul

Sepi Dan Luas Kan ?
Remaja Mana Yang Nggak Tertarik Main
Skate Board Dan Bola Di Masjid


Banyak Sekali Pengumumannya
Tapi Namanya Saja Anak Anak Ya Tetap
Saja Bermain, Susah Cari Tempat Bermain Di Kota

Ini Masjid Di Portsmouth
Bersebelahan Dengan Gereja Emanuel
Kalau Hari Minggu Sekat Partisi Dibuka
Hari Jumat Sekat Partisi Juga Dibuka

Ini Central Mosque Portsmouth
Pintunya Selalu Tertutup Rapat Saat Jam Sholat
Ada 3 Masjid Di Portsmouth

Ini Masjid Jami Portsmouth
Sama Saja Pintu Selalu Tertutup Saat Jam Sholat


Baca Juga :