Rabu, 19 Juni 2019

Mbulet Ruwet Kabel Di Kathmandu Nepal

Kabel Tilpun / Listrik Di Kathmandu
Betul Betul Ajaib

Seumur umur saya saat ini, belum pernah saya menyaksikan kabel yang begitu ruwet, mbulet dan menggumpal seperti rumah tawon. Saya baru menyaksikannya di Kathmandu, ibukota negara Nepal. Menyaksikan kabel mbulet dan ruwet di Kathmandu ini membuat saya tercengang kaget, heran dan sekaligus kagum dengan tehnisi Nepal yang bisa mengurai dan mengurut kabel ruwet tersebut kalau ada masalah. Hampir tiap hari tehnisi hebat Nepal masuk koran karena kepiawaiannya mengatasi masalah perkabelan.


Tehnisi Hebat Itu Orang Nepal
Kabel Mbulet Ruwet Seperti Apapun Dia Bisa Mengurai

Yang saya katakan diatas ini kabel masih aktif. Mungkin kabel telpon dan mungkin juga kabel listrik. Kalau kabel komunikasi antar kampung Intercom sih rasanya sudah tidak ada lagi jaman sekarang. Kabel telpon rasanya kok aneh juga. Masak masih ada jaman sekarang telpon telponan pakai kabel, setahu saya jaman sekarang semua orang punya HP dan telpon pakai whatsapp.

Coba Bayangkan Kalau Kabel Mbulet Ruwet
Seperti Diatas Lalu Bagaimana Memperbaiki Kalau Ada Masalah

Saya menduga kabel kabel ruwet tersebut adalah kabel listrik karena saat saya menginap di hotel di kawasan Thamel, hampir setiap jam sekali terjadi 'blackout'. Listrik hotel tiba tiba mati sekitar 5 menit saja setelah itu hidup kembali. Kemungkinan karena hotel punya genset sendiri yang otomatis menyala apabila ada pemadaman listrik. 

Kabel Melintas Di Tengah Jalan Seperti Ini
Pemandangan Biasa Di Kota Kathmandu
Ketika saya jalan kaki keliling kawasan Thamel dan juga saat keliling kota dengan mobil, seringkali saya menyaksikan turis yang juga terheran heran melihat kabel mbulet ruwet tersebut. Terkadang berkali kali diphoto dan terkadang senyam senyum dengan kawan kawannya membicarakan kabel mbulet nan unik dan menarik tersebut.

Coba Perhatikan, Ini Kabel Mbulet
Atau Rumah Tawon ?
Jadi, karena hampir semua turis yang datang ke Kathmandi selalu photo photoan didepan kabel mbulet dan ruwet tersebut maka saya bisa menyimpulkan bahwa Kabel Mbulet inilah sebenarnya destinasi wisata yang paling menarik dan jangan sampai terlewatkan begitu saja. Kathmandu memang amazing. Silahkan melihat photo photo dibawah ini dan nilai sendiri apakah betul betul Amazing atau hanya sekedar War Biasah.


Ya Ampun
Cara Memperbaiki Kerusakan Bagaimana Ya


Luar Biasa Mbulet Dan Ruwet
Kalau Listrik Korsleting Berapa Lama Mengatasinya ?

Setiap Seratus Meter Ada Tiang
Dengan Kabel Mbulet Ruwet

Banyak Juga Kabel Yang Rendah Hampir
Menyentuh Tanah

MasyaAllah, Dimana Mana Kabel Ruwet Dan Mbulet

Ada Hikmah Yang Bagus Kalau Kabel Sangat Rendah
Bus Dan Truk Nggak Ada Yang Berani Lewat

Kalau Kabel Malang Melintang Ditengah Kota
DanSangat Rendah Maka Truk Nggak Bakalan Bisa Lewat

Terkadang Bus Harus Hati Hati Bahkan Nggak Bisa Lewat
Takut Nyangkut Kabel

Ya Ampun, Rendah Sekali Kabel Ini
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.