Jumat, 11 November 2016

Pilkada Kuwait

Kontestan Pilkada/Pemilu Di Kuwait

Bulan November tahun ini di Kuwait juga sedang ada Pemilihan Umum, anggap saja namanya Pileg, Pilkada atau Pemilu Kuwait. Kontestan sangat beragam, secara garis besar bisa saya kelompokkan menjadi beberapa golongan sbb :
  • Tribal (Ethnic) Group : Kelompok ini berusaha merayu calon pemilih dengan alasan karena berasal dari suku/ethnic yang sama. Pokoknya akan memperjuangkan kesejahteraan dan hak hak yang sama untuk masa depan yang lebih baik.

Semua Iklan Komersial Diganti Wajah Politisi

  • Religious Group : Kelompok ini berusaha mendapatkan suara dari calon calon pemilih yang memiliki kepercayaan yang sama. Ada dua kelompok utama yaitu Shiah dan Sunni. Penduduk Kuwait terdiri dari 60 % Sunni dan 35 % Syiah, agama yang lain cuma sekitar 5 % saja.

Nama Dan Wajah Terpampang Besar Dimana Mana
  • Entah Group Apa Ini : Ada juga di Kuwait politisi yang berusaha mempengaruhi calon pemilih dengan uang. Kelompok ini berusaha membeli suara untuk kontestan tertentu. Ngakunya bukan dari kelompok pertama dan kedua diatas, tapi bisa jadi ada beberapa yang diam diam memainkan Politik Uang juga.

Pilih Yang Ngganteng Juga Bisa

  • Kelompok ke 4 lain daripada ketiga kelompok diatas. Anggap saja Kelompok Nasionalis. Tidak memikirkan sama sekali pemilih dari family, suku atau agama apapun. Yang diutamakan adalah kemajuan Kuwait. Pokoknya, pilih yang ini kalau pingin Kuwait maju dengan kebhinekaan.

Nggak Pernah Dengar Ada Al Maidah
Dipakai Buat Menjatuhkan Lawan


Kampanyenya gimana ?, Ada nggak hiruk pikuk suara klakson sepeda motor keliling kota ? Ada nggak politisi keluar masuk pasar ? Ada nggak usaha usaha menjatuhkan lawan dengan issue Al Maidah ? Ada nggak panggung orasi dengan hiburan musik ndangdut ?  Ada nggak tawuran antar pendukung kontestan ? Ada nggak kontestan yang bagi bagi kaos ?


Kampanye Di Rumah
Silahkan Mampir Mendengar Sendiri Program Kerjanya


Jawabnya jelas nggak ada semua. Di Arab sini tidak memungkinkan kampanye di jalanan karena udara sangat panas sekali saat musim panas dan sangat dingin sekali saat musim dingin. Disamping itu, sering ada badai pasir pula. Kalau kampanye semuanya dilakukan didalam tenda. Makanan tersedia lengkap didalam tenda. Terserah, mau nyicip makanan saja, sekedar silaturahmi atau mendengarkan orasi kampanye.


Tenda Kontestan Pilkada/Pemilu

Nggak ada satupun kontestan yang blusukan ke pasar atau bagi bagi kaos. Nggak ada juga arak arakan naik sepeda motor dengan suara klakson memekakkan telinga. Apalagi menarik perhatian calon pemilih dengan musik hingar bingar. Hanya di Indonesia saja yang kampanyenya gaduh, mewah, menghambur hamburkan uang dan pakai tawuran segala.



Modalnya Kuat Tendanya Besar

Spanduk spanduk kontestan juga tidak dipasang sembarangan atau asal tempel dan merusak keindahan kota. Semua baliho, spanduk atau apapun dipasang ditempat tempat yang sebelumnya dipakai untuk iklan komersial. Biasanya yang terpampang Iklan Pasta Gigi, tiba tiba saja berubah dengan wajah para kontestan. Yang khas adalah Onta. Selalu saja ada beberapa ekor onta yang diletakkan disekitar tenda meskipun pengunjungnya rata rata naik mobil Prado, GMC Tahoe, Ferari, Porsche atau Lamborghini..


Debat, Ribut, Setuju, Tidak Setuju
Semua Didalam Tenda


Pemaparan program kerja, debat politik, diskusi atau apapun semua dilakukan didalam tenda. Bisa jadi debatnya sangat panas, tetapi keluar dari tenda, ya jelas semua jalan bareng bareng menuju tempat parkir mobil dan saling pamitan dan salaman. Nggak seru sama sekali kalau dibanding musim kampanye di Indonesia. Semua aktifitas di mall dan jalan raya berjalan seperti biasa.


Dibelakang Tenda Selalu Ada Sekitar 5 - 10 Onta

Meskipun belum pernah terdengar ada kerusuhan, tetapi ambulance selalu stand by disekitar tenda. Yang selalu tersenyum lebar kalau lagi musim kampanye tentu saja para expatriate.. Terutama orang orang Indonesia yang bekerja di Ambulance. Konon katanya, hanya stand by, termenung menung nggak melakukan apa apa seharian disamping tenda saja overtime dan tips dari kontestan bisa melebihi gaji sebulan. Apalagi, makan terus sepanjang hari saat stand by di ambulance, rasa kenyangnya bisa bertahan 3 hari tanpa harus diisi apa apa lagi.



Menjelang Sore Tenda Tenda Mulai Ramai


Nggak Ada Arak Arakan Motor Kampanye Di Jalan
Semua Didalam Tenda



Saatnya Memilih Dimulai




Pilih Sesuai Hati Nurani


Cemplungin Surat Suara Ke Kotak Suara
Semoga Terpilih Pemimpin Sesuai Pilihan Rakyat


Suasana Kampanye Di Kuwait
Nggak Ada Yang Bawa Spanduk, Banner Semua Duduk Tertib



Kontestan Pileg Banyaknya Bukan Main
Mau Pilih Yang Mana - Bingung Kan ?


Baca Juga :


2 komentar:

  1. Coba ada dangdutan di tenda budhe, pasti lebih seru, hahaha.

    BalasHapus
  2. wah infonya menarik nih, oya tmn2 klo ada yg mau les gitar ditangerang mampir ya di blog ane"

    http://www.savanamusic.com/

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.