Sabtu, 03 Januari 2009

Minta bantuan Mbah Google

Setelah urusan Visa Mesir selesai, giliran ngurus hotel atau penginapan selama kita di Mesir. Segala macam pertanyaan yang ingin kita ketahui tentang Hotel, lokasi dan harga cukup kita tanyakan kepada mbah Google. Hanya dalam hitungan detik saja berratus ratus informasi yang kita butuhkan dengan mudah dijawab oleh mbah Google. Setelah cocok baru kita booking Online tetapi sebelum memutuskan hotel mana yang tepat untuk tempat kita tinggal nanti sudah tentu harus kita pilah pilah mana yang website hotel beneran dan mana yang websitenya hotel broker.

Karena ke mesir bersama dengan anak anak yang masih ABG dan cewek semua tentu kita tidak bisa memilih hotel 'bagpacker' yang umumnya kelas melati dan letaknya di tengah perkampungan. Kita masih takut seandainya hotel melati tersebut juga digunakan sebagai hotel 'tiga jaman' seperti yang terjadi di hotel hotel melati di Bandung, Puncak atau kawasan berhawa dingin lainnya di Indonesia.

Setelah mantap dengan jawaban mbah Google, kita langsung memutuskan untuk booking sebagai berikut :
  • Di Luxor : Mercure Hotel - dapat EUR 44 per kamar per malam
  • Di Cairo : Wisma Nusantara - Cairo - dapat USD 35 per kamar per malam
Mercure Hotel - Luxor
Hotel ini terletak didepan sungai nil dan di tengah-tengah pusat keramaian kota Luxor. Hotel ini tidak bisa disamakan dengan hotel Mercure di Indonesia atau di tempat lain yang megah, meskipun klasifikasi bintangnya sama, yaitu bintang 4, Mercure Hotel Cairo tampak kusam dan tidak terawat dengan bagus, tetapi jangan ditanya turis mancangara penuh memadati hotel itu. Hotel yang sama kalau di Indonesia jelas jauh lebih bagus dibanding di Mesir. Atau bisa dilirik disini http://www.mercure.com/ tarif yang kita pilih EUR 44 per malam.
Tapi hotel ini atau mungkin resepsionisnya 'mbeling', ternyata malam pertama saya ditagih EUR 155 dengan alasan tarip yang EUR 44 baru berlaku keesokan harinya (Kita tiba di hotel sekitar jam 4 pagi dan langsung ditembak EUR 155). Note : setelah berhari hari di Mesir kita baru tahu bahwa yang 'mbeling' itu ternyata bukan staff resepsionis Mercure saja tetapi seluruh orang mesir, attitudenya nggak bener semua dan sering kali memeras turis.


Wisma Nusantara Cairo
Di Cairo kita bermalam di Wisma Nusantara. Penginapan ini dibawah naungan KBRI Cairo. Entah bagaimana tiba-tiba kita cocok dengan promosinya. Dan kembali ke Mbah Google yang selalu setia memberi petunjuk apapun yang kita butuhkan. Bisa dilihat ke http://www.wismamesir.com/ . Sempat terkejut juga begitu tiba dihotel ini karena websitenya kurang begitu meyakinkan, bayangan saya adalah sebuah hotel hotelan yang kusam dan suram seperti kebanyakan hotel yang dikelola pemerintah atau pemda. Hotel Wisma Nusantara Cairo ternyata sangat bagus sekali dengan kebersihan kamar dan pelayanan terhadap tamu yang sangat memuaskan.

Dengan harga sewa per kamar USD 35, jelas sangat wajar apalagi sudah disertai dengan pelayanan yang bagus dan jaringan internet 24 jam gratis, sudah jelas breakfast dengan masakan Indonesia juga termasuk dalam room rate diatas. Fasilitas isi kamar boleh dikatakan tidak kalah dengan hotel bintang 5 yaitu TV dengan siaran satelit dari berbagai macam channel. Disamping itu kalau cuma sekedar kopi, teh, wedang jahe, atau roti tawar tersedia setiap saat dan anda bebas buat sendiri atau minta tolong dibuatkan. Selama kita tinggal di Wisma Nusantara Cairo, kita juga menggunakan jasa layanan yang lain, diantaranya adalah :
  • Sewa Mobil
  • Paket Tour dan Guide
Wis. Pokok serasa tinggal di kampung halaman sendiri. Tarip sewa mobil dan paket tournya juga sangat wajar. Yang menarik adalah semua staff hotel dan tour guide adalah mahasiswa Al Azhar yang masih aktif. Jadi, para mahasiswa yang ingin ngobyek jadi guide atau sopir terpaksa harus giliran tergantung ada atau tidaknya kuliah dan banyak atau sedikitnya tugas yang sedang diembannya. Suasana didalam Hotel sangat santai dan kekeluargaan khas Indonesia.
Jangan segan segan untuk pesan masakan Indonesia apapun, dengan senang hati kita akan dipesankan atau diantar ke restoran Indonesia yang banyak bertebaran di Cairo terutama ditempat tempat konsentrasi mahasiswa Indonesia.

Tips :
  • Jumlah kamar di Wisma Nusantara cuma 9 kamar saja, tetapi di Cairo banyak Penginapan penginapan lain yang juga dikelola oleh para mahasiswa Al Azhar seperti Griya Jatim, Griya Betawi dan lain lain. Tetapi yang terbesar adalah Wisma Nusantara, jadi silahkan booking jauh hari sebelum kedatangan anda agar bisa mendapatkan salah satu dari 9 kamar yang tersedia.
Baca Juga :

4 komentar:

  1. Terimkasih Mas Ardi, atas sharingnya. Insyalah bermanfaat bagi kami yg akan berkunjung ke SPE North Africa, 13-17 Feb 2010.
    Wassalam. Sriyanta Hadi

    BalasHapus
  2. Ini kayaknya bundanya yang aktif ngeblog yah.. Jadi trimakasih untuk keluarga Ardi terutama bunda atas share nya.. Doakan minggu depan saya dan suami mau ke Kairo, Thanks for the Tips!

    BalasHapus
  3. wah kapan lagi ke cairo pak ardi? :)
    buat Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang mau kemesir ini saya kasih alamat lengkap indonesia hostel :
    Alamat lengkap : Indonesian Hostel 8 th Wahran st. Rabea El Adawea, Telp : (20)2-22609228. Hp : + 20106793243. http://www.wismamesir.com/
    silahkan juga hubungi saya di fb: https://www.facebook.com/hidowar
    twitter : https://twitter.com/ahmadedward
    Telp : +201111694280
    yahoomesenger: ahmad_hidowar@yahoo.com

    Selamat Berkunjung ke Mesir. wassalam

    BalasHapus
  4. wah kapan lagi ke cairo pak ardi??
    Buat-bapak dan ibu-ibu yang mau kemesir ini saya tulis Alamat lengkap kami: Indonesian Hostel 8 th Wahran st. Rabea El Adawea, Telp : (20)2-22609228. Hp : + 20106793243. http://www.wismamesir.com/
    silahkan juga hubungi saya di fb: https://www.facebook.com/hidowar
    twitter : https://twitter.com/ahmadedward
    Telp : +201111694280
    yahoomesenger: ahmad_hidowar@yahoo.com

    Selamat Berkunjung ke Mesir. wassalam

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.