Kamis, 10 September 2009

Perbandingan Grade Antara Sekolah Indonesia, British Dan American School

Tahun ajaran baru 2009 telah dimulai. Sebagai orang tua kita kebagian tugas mbayar uang sekolah anak anak saja. Tahun ajaran 2009 ini kita harus memindahkan sekolah anak anak semua, alasannya adalah karena anak kami yang pertama Ayu harus mengikuti kelas IGCSE (Year 10). Cambridge School Mangaf ternyata tahun ini masih belum memiliki Year 10, yang ada adalah Cambridge School Hawally.
Karena rumah kita di Mangaf dan jarak dengan Hawally cukup jauh (lebih dari 30 Km) atau sekitar 1/2 jam perjalanan dengan mobil kalau jalan lancar maka Anak kami yang ke 2 Dinda mau nggak mau juga harus kita pindahkan ke Hawally. Pilihannya nggak tanggung tanggung American International School Of Kuwait (AIS), sekolah favorit Kuwaitis yang terkenal sangat sulit ditembus expatriate India dan Bangladesh. Untungnya Dinda bisa lulus test masuk dengan nilai Excellent. Anakku ini kalau dilihat postur tubuhnya memang kecil sekali tetapi jelek jelek begini dia adalah mantan Semi Finalis Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar di Indonesia.
Ada pelajaran berharga yang kita dapat dari pengalaman memindahkan anak dari Indonesia, British School dan American School, diantaranya adalah sbb :

  • Misal anak anda di Indonesia kelas 1 SMP (kelas 7) maka kalau dipindahkan ke British School harus dimasukkan ke Year 8. Tetapi kalau dipindahkan ke American School bisa tetap sama yaitu Grade 7.
    Note : Saya dulu senangnya bukan main ketika anak saya pertama kali masuk ke Cambridge English School (British System). Dari kelas 1 SMP (kelas 7) di Indonesia langsung duduk di Year 8 Cambridge. Siapa tidak senang anaknya loncat satu kelas :). Tetapi setelah tahu ternyata sama saja, kita saja yang bodo.
  • Dari British School pindah ke American School harus turun kelas satu tingkat. Debat seperti apapun tetap nggak ditanggapi karena yang jadi patokan adalah umur si anak. Nilai test masuk 'excellent'pun juga nggak menjamin, malahan karena nilainya excellent maka si anak diberi PR matematika yang jauh lebih banyak dari kawan kawannya setiap hari. Alasannya, sianak akan disiapkan untuk lomba Matematika di Dubai tahun depan.
  • Kalau dari Indonesia ke American School harus sama, di Indonesia kelas 6 SD maka kalau pindah ke American School harus dimasukkan ke Grade 6 juga.
Tabel dibawah bisa anda gunakan sebagai acuan kalau ingin memindahkan anak ke British School atau American School. Lain kali akan saya uraikan tentang Philipine School, Indian School dan Pakistan School mengingat banyak orang Indonesia yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.
UMUR
INDONESIAN SCHOOL
AMERICAN SCHOOL
BRITISH SCHOOL
Nama
KELAS
Nama
US GRADE
Nama
BSA YEAR GROUP
17-18
SMU
3 (12)
High School
12
A Level
13 (IGCSE)
16-17
SMU
2 (11)
High School
11
A Level
12 (IGCSE)
15-16
SMU
1 (10)
High School
10
O Levell
11 (IGCSE)
14-15
SMP
3 (9)
High School
9
Upper School
10 (IGCSE)
13-14
SMP
2 (8)
Middle School
8
Upper School
9
12-13
SMP
1 (7)
Middle School
7
Middle School
8
11-12
SD
6
Middle School
6
Middle School
7
10-11
SD
5
Elementary
5
Middle School
6
9-10
SD
4
Elementary
4
Elementary
5
8-9
SD
3
Elementary
3
Elementary
4
7-8
SD
2
Elementary
2
Elementary
3
6-7
SD
1
Elementary
1
Elementary
2
5-6
TK Besar
0
KG
0
Elementary
1
4-5
TK Kecil
o
Pre K
Reception
3-4
Play Grp
Head Start
Nursery

 Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.