Senin, 09 Juni 2008

Fasilitas Kesehatan


Begitu anda sudah mendapatkan ijin tinggal (residency/Civil ID) berarti anda telah dicover oleh asuransi kesehatan, tetapi seringkali kartu asuransi ini tidak jelas keberadaannya, ada yang menerima dan ada yang sudah berbulan bulan tidak memiliki kartu asuransi. Tetapi umumnya rumah sakit pemerintah telah mengetahui anda telah dicover oleh asuransi dengan hanya menunjukkan civil ID.


Untuk karyawan KOC, nggak perlu repot repot ke Klinik pemerintah karena KOC memiliki rumah sakit sendiri yang lebih mewah dari rumah sakit pemerintah lengkap dengan bakery, starbuck dan beberapa pertokoan didalam gedung rumah sakit. Meskipun sama sama membingungkan tetapi jelas lebih baik dari rumah sakit pemerintah.

Katanya, standard rumah sakit pemerintah dan swasta sangat 'excellent' di Kuwait, tapi saya nggak percaya melihat gedung dan cara pelayanan yang saya alami di state hospital Fahaheel. Pada saat itu, untuk periksa kesehatan dan rontgen saja kita sudah ngantri buka baju kira kira panjang antriannya sekitar 50 meter dimana bagian belakang sudah hampir keluar gedung. Setelah saya tanyakan detail ke kawan India yang mengatakan 'excellent' tersebut ternyata jawabannya adalah 'excellent' karena dia pernah punya pengalaman lebih buruk lagi pada saat semua rumah sakit rusak di bom Irak tahun 1991 yang lalu.

Berdasarkan beberapa sumber yang saya temukan di internet, saat ini ada sekitar 3200 Dokter Pemerintah, Ratusan Dokter Swasta dan sekitar 17 rumah sakit umum dan khusus dengan 4300 tempat tidur pasien. State Clinic ada di setiap wilayah dimana klinik kecil buka 6 hari antara jam 7:30 sampai jam 14:30 sedangkan klinik besar buka 7 hari per minggu 24 jam untuk pelayanan emergency.

Pengalaman beberapa kawan Indonesia yang pernah berobat di klinik pemerintah tersebut ternyata banyak yang mengeluh karena diping pong kesana kemari untuk urusan administratif saja meskipun dalam keadaan sakit gigi parah. Nggak peduli seberapa parah sakit giginya, pokoknya selesaikan dulu kertas kertas administratifnya. Trik ampuh adalah langsung masuk Emergency, biasanya langsung ditolong meskipun surat surat (Kartu Asuransi Kesehatan, Civil ID) ketinggalan dirumah.

Banyak juga yang tidak mau ke rumah sakit pemerintah dan lebih memilih rumah sakit swasta, konon katanya pelayanannya jauh lebih bagus di rumah sakit swasta. Apotik banyak tersebar dimana mana dan apotekernya biasanya dokter dan cukup enak diajak konsultasi kesehatan dan sangat ngerti tentang obat obatan yang dijualnya. Optik agak susah dicari tetapi beberapa yang saya ketahui cukup lengkap juga seperti di sepanjang Fahd Al Salem Street di Kuwait City, Fahaheel Souq. Kacamata dengan merk dari designer terkenal bisa didapat dengan harga KD 50.
Sama dengan di Indonesia apabila memerlukan perawatan khusus ke rumah sakit lain yang lebih lengkap harus ada surat rujukan dari klinik, kecuali emergency. (By: Susy/Ardi)

Baca Juga :