Minggu, 29 Mei 2016

Photo King Studio Kuwait

Kios Photo Langganan Di Mangaf
Namanya Photo King


Pas Photo kayaknya merupakan hal sepele atau sederhana dimanapun juga di dunia ini. Tetapi di Kuwait, masalah pas photo bisa menjadi hal yang cukup rumit, membingungkan dan terkadang menggelikan bahkan cenderung menjengkelkan. Berkali kali saya berurusan dengan birokrasi kantor pemerintah, sekolah atau yang lainnya di Kuwait. Berkali kali pula pas photo dipermasalahkan. Kadang kadang semua berkas tiba tiba dikembalikan begitu saja hanya karena  latar belakang pas photo terlalu biru gelap. Kadang kadang ditolak karena wajah agak mereng sedikit. Tapi yang paling menjengkelkan, pernah saya diminta mengulang photo beberapa kali gara gara mulut terlalu cemberut. Saya ganti photo dengan senyum yang menawan, tetap ditolak juga katanya senyumnya terlalu lebar. Ganti photo lagi katanya mata terlalu membelalak lebar.


Studio Photo Merangkap Photo Copy


Untungnya saya punya langganan tukang photo di Mangaf, namanya Photo King Studio. Karyawannya cuma dua orang, semuanya dari India. Setiap saya datang selalu ditanya, mau photo buat ngurus apa. Kayaknya si tukang photo ngerti benar selera petugas di kantor kantor pemerintah, kedutaan atau sekolah tertentu di Kuwait. Ngurus visa di kantor Immigrasi beda dengan ngurus perpanjangan SIM atau STNK di kantor polisi. Katanya kalau wajah dipoles sampai putih mulus dengan photoshop dan pori pori / jerawat hilang maka nggak bisa diterima di kantor tertentu tapi nggak jadi masalah di kantor yang lain. 


Contoh Pas Photo Yang Benar Dan Salah
Dikeluarkan Oleh Pemerintah

Sebenarnya ketentuan dari kantor kantor pemerintah, sekolah atau kantor apapun sama saja, misal ukuran photo harus 4 x 6 dengan latar belakang biru. Tetapi terkadang orang Arab yang menerima pas photo tersebut menginterpretasikan aturan tersebut sesukanya sendiri. Akibatnya, hanya di Kuwait inilah saya bisa menyaksikan pemerintah turun tangan membuat aturan tata cara pas photo yang benar. Berbagai macam contoh pas photo yang benar dan juga salah dipajang besar besar di dinding studio photo lmanapun engkap dengan bendera negara, tanda tangan pejabat atau departemen yang mengeluarkan. Kadang saya melihat juga contoh pas photo tersebut dipajang di kantor pemerintah atau ruang administrasi sekolah.


Tarip Cetak Pas Photo
Di Indonesia, pernahkah anda melihat poster panduan berisi contoh contoh pas photo yang benar dan salah resmi dikeluarkan oleh pemerintah pusat atau daerah ?. Nggak ada kan, artinya orang Indonesia itu masih bisa menerima kalau ada beda beda sedikit. Mau photo cemberut, senyum atau ngakak nggak terlalu dijadikan masalah. Betul enggak ?

Pas Photo Bisa Ditunggu, Paling Cuma 10 - 15 Menit


Duo India Jagoan Photoshop
Jerawat Bisa Hilang Dalam Sekejap


Photo King Studio Mangaf
Kiosnya Kecil


Lokasinya Di Kampung Sebelahan Dengan
Kios Daging
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.