Minggu, 08 Mei 2016

Pameran Pintu Rumah Kuwait

Pameran Pintu Rumah Kuwait
Di The Avenue Mall

Pameran rumah sudah sering saya lihat. Pameran furniture juga sering saya lihat. Tapi  kalau pameran pintu doang, saya baru pertama kali melihat di Avenue Mall Kuwait. Sudah seminggu ini berbagai macam pintu dipajang di mall terbesar di Kuwait ini. Bentuk pintu memang bermacam macam dan dengan jelas menunjukkan culture atau budaya khas setempat. Ada yang sangat kuno sekali dengan bahan kayu yang tebal dan sangat berat untuk buka dan tutup. Tetapi ada juga yang ringan tetapi dengan ornamen tempelan yang terlihat dari bahan yang sangat mahal.


Ada Yang Motif Ukirannya Njlimet
Dan Sangat Kecil

Bukan pintu rumah saja yang dipamerkan, tetapi pintu kandang binatang kesayangan juga ada. Untung pamerannya di Kuwait, seandainya pamerannya diadakan di Indonesia, pasti akan jadi berita heboh yang berkepanjangan, karena hampir semua pintu ada tulisan Arab. Bisa saya pastikan akan jauh lebih heboh dibanding berita Agnes Monica yang manggung menggunakan gaun bertulisan Arab beberapa bulan lalu. Masih ingat kan kehebohan ditanah air  'MUI Komentari Baju Berbahasa Arab Agnes Monica' ?


Tulisan Arab Di Gaun Agnes Monica
Jadi berita Heboh Karena Nggak Tahu Artinya

Isi tulisan yang tertempel di pintu sangat bermacam macam, mulai kata kata bijak, kaligrafi ayat suci Al Quran, nama pemilik rumah sampai ungkapan cinta kasih kepada seseorang dan binatang peliharaan. Tetapi ada juga yang tanpa tulisan arab sama sekali. Ada yang polos dengan gerendel dan engsel pintu yang sangat besar dan kuat dan ada juga yang warna warni dengan detail yang sangat rumit. Kalau dibawa ke tanah air dan ditanyakan ke orang Indonesia, biasanya langsung claim pintu pintu tersebut berornamen Islam. Padahal penduduk asli di Kuwait sini cuma nyebut 'This is Kuwait Heritage that reflect the breadth and depth of the country's architectural and artistic diversity'. Nggak ada sedikitpun menyinggung apapun tentang agama.

Pintu Sangat Warna Warni

Semoga pintu pintu rumah dan kandang asli Kuwait ini tidak dipamerkan di Indonesia. Daripada nanti membuat kegaduhan di tanah air dan dianggap melecehkan agama seperti kasus Agnes Monica diatas lebih baik nggak usah coba coba mengadakan pameran di Indonesia. Di Kuwait sini, pintu apapun termasuk kandang onta ada tulisan arabnya dan motif ornamenya juga bergaya Arab.. Silahkan baca Doors Of Kuwait untuk melihat pintu pintu rumah Kuwait yang lain.

Ukirannya Njlimet


Pintunya Denga Ukiran Njlimet Seperti Ini
Buatan Mana Ya ?


Rumah Kuwait Semuanya Punya Pintu
Yang Besar Dan Artistik


Pintu Kandang Onta Ditulisi Kata Kata Arab
Kalau Di Indonesia Bisa Bikin Heboh


Hah, Ada Huruf Arab Di Pintu Kandang Onta
Hanya Orang Tolol Yang Menganggap Menghina Agama


Ini Pintu Dengan Kaligrafi Ayat Quran
Pintunya Sangat Kecil, Harus Merangkak Kalau Sekecil Itu
Jangan Jangan Pintu Kandang Binatang Peliharaan


Keren Pintunya


Warna Warni Dan Njlimet Ornamennya


Hiasan Pintu Bagus Bagus


Hmmm, Bagus Sekali


Pintu Kuno Rumah Kuwait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.