Sabtu, 19 September 2009

Libur Lagi, Uenak Tenan ...

Ngantri Bayar Visa
Soal Harpitnas (Hari Kejepit Nasional), Indonesia nggak ada apa apanya bila dibanding dengan Kuwait. Di Indonesia paling banter sehari saja kejepit baru dianggap Harpitnas. Kalau di Kuwait, 2 atau 3 hari kerja kemungkinan besar dijadikan Hari Kejepit Nasional sehingga total hari libur termasuk liburan akhir pekan bisa mencapai 9 hari. Contohnya lebaran tahun 2009 ini, total 9 hari dijadikan hari libur nasional. Apa nggak sedap ......


Menuju Mall Of Emirates
Ada atau tidak harpitnas keputusannya ditentukan oleh pemerintah Kuwait melalui sidang yang cukup alot, tetapi bagaimanapun juga sampai saat ini belum pernah saya mendengar usulan harpitnas ditolak. Celakanya lagi, baru baru ini kabinet memutuskan untuk mengundur tanggal masuk sekolah dengan alasan ada wabah swine flu. Analisa saya, karena masuk sekolah awal September 09 dan setelah itu ada liburan lebaran ditengah bulan maka muncullah inisiatif agar libur dibablaskan saja sampai setelah lebaran daripada masuk 2 minggu lalu libur lagi lebaran.


Big Bus Tour Dubai
Ide cemerlang memang meskipun alasan dibuat buat tapi bisa dibayangkan, liburan musim panas bulan Juli sampai September saja sudah 2 1/2 bulan ditambah penundaan tanggal masuk sekitar sebulan lagi, apa bisa pinter anak anak kita kalau sekolah kebanyakan libur seperti di Kuwait. Untungnya, tidak semua sekolah mengikuti petunjuk tersebut, Cambridge School dan American International School (AIS) tetap masuk sekolah sesuai jadwal (Awal September 09). Indian School Ahmadi hanya mengimplementasikan untuk Kindergarten dan Grade 1 dan 2 saja.


Pemandangan Dari Big Bus Tour
Lebih menggembirakan lagi adalah staff dan karyawan Perusahaan Minyak Cap Manuk. Dalam setahun jatah cuti sebenarnya 42 hari (calender days), tetapi mulai tahun 2009 ini diubah menjadi 48 hari. Alasannya, hari jum'at adalah hari libur resmi sehingga tidak diperhitungkan dalam penghitungan hari cuti. Apa nggak enak ....
Kalau kita lihat kalender 2009, berarti nanti pada saat Idul Adha November depan akan ada hari kejepit nasional lagi artinya dalam setahun akan ada hari libut kejepit lebih dari 2 kali. Kenyang deh .....


Yang bikin pusing adalah pengumuman harpitnas selalu disampaikan 2 atau 3 hari sebelum  hari libur. Artinya, kita akan kesulitan untuk booking pesawat, biasanya harga tiket pesawat ke segala jurusan kalau bookingnya mendadak akan mahal sekali. Disamping itu ngurus visa ke negara manapun tidak bisa mendadak dan perlu waktu. Akibatnya, kita hanya bisa ke negara GCC terdekat saja karena kalau kita resident Kuwait maka kita tidak perlu ngurus visa kalau masuk ke negara GCC. Visa cukup diurus di negara tujuan (On Arrival Visa).

Cara Ngurus Visa Dubai (UAE) :
  • Begitu tiba di airport Dubai, segera menuju ke counter pelayanan visa.
  • Isi formulir yang disediakan petugas custom
  • Beli stiker Visa di Bank yang ada di airport (National Bank/Emirates Bank) seharga KD 15.25
  • Bawa passport, formulir visa yang telah anda isi dan stiker ke petugas kontrol (custom)
Baca Juga :

8 komentar:

  1. Brarti ke dubai bs menggunakan visa on arrival jg yaa??
    Tdk hrs mengurus dr indonesia sblmny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa VOA, tetapi kalau punya residency permit GCC bisa VOA dengan catatan bukan domestic worker. Kalau nggak punya residency GCC juga masih ada kemudahan kalau anda naik Emirates. Perusahaan penerbangan ini bisa membuatkan Visa Turis diatas pesawat. Coba book dan ajukan visa sekaligus melalui websitenya.

      Hapus
  2. Selamat Pagi Pak Ardie,
    Beruntung sekali saya nemu blog ini. Saat ini kbetulan saya lagi tugas dinas 1 minggu saja di Brazil,dan rencana saya dan rekan akan kembali ke Indonesia pada Hari Sabtu 16 Nov 2013. Penerbangan kita menggunakan EMIRATES dan transit di Dubai selama 9 jam sebelum connection flight ke JKT. Rencananya berhubung transitnya cukup lama, kita pengen city tour Dubai dulu, tp blm urus VISA Dubai,

    Bagaimana cara nya melakukan pengurusan VOA via Emirates? apakah bisa dilakukan pada saat di bandara dan kmana kita harus menuju untuk prmohonan ini?

    Terima kasih sblmnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama naiknya emirates bisa dicoba apply visa melalui websitenya, diatas pesawat maupun di dubai airport. Bukti tiket pesawat yg mengatakan transit 9 jam hrs ditunjukkan.

      Hapus
  3. salam kenal pak..
    untuk pengurusan VOA Dubai dengan penerbangan emirates, kmana kita harus melapor dan bagaimana prosedur pengurusannya? mohon informasinya pak, krna kita ingin mngajukan VOA dubai untuk rencana transit selama 9-10 jam di Dubai Air port sblm lanjut ke JKT. Sebagai informasi, kita bukan pemegang GCC.

    Trims sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bukan resident GCC ya nggak bisa VOA dong. Tapi nggak ada salahnya dicoba di airport saja. Kalau transitnya lama pihak Emirates akan bertanggung jawab untuk menempatkan anda di transit hotel atau dilepas ke kota.

      Hapus
  4. Maaf bu,
    Saat ini saya bekerja di Saudi Arabia dan hendak berlibur ke Dubai beberapa hari tapi residency permit (Iqama) saya di perusahaan karena sudah ditukar dengan Passport, saya hanya punya foto copy Iqama nya. Apakah saya bisa ke Dubai dg Exit-Reentry Visa (Saudi Arabia), Passport dan foto copy Iqama tanpa mengurus visa dari Saudi Arabia ?
    Saat beli stiker Visa di Bank yang ada di airport (National Bank/Emirates Bank) seharga KD 15.25 maksudnya bukan AED 15.25 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, yang nggak bisa itu kalau kerjanya di rumah tangga. Kalau khawatir, lihat websitenya emirates dulu tentang Visa UAE. Ada kemudahan untuk dibuatkan Visa diudara kalau anda terbang menggunakan Emirates.
      Biaya Visa sudah saya convert ke Kuwait Dinar

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.