Senin, 06 September 2010

Sekali Lagi Tentang Biaya Hidup Kuwait

Komunitas Indonesia
Sektor Migas Di Egaila
Banyak sekali yang tanya tentang biaya hidup di Kuwait dan hampir semuanya mengatakan biaya hidup di Kuwait sangat mahal sekali. Pertanyaan konyol karena yang namanya biaya hidup sebenarnya sangat tergantung dari gaya hidup masing masing. Seseorang yang terbiasa hidupnya mewah maka otomatis biaya hidupnya tinggi dan tidak bisa dipaksa untuk tinggal di apartment 'sederhana', demikian sebaliknya. Benarkah biaya hidup di Kuwait sangat tinggi ? 


Komunitas Indonesia Sektor
Migas Di Egaila Beach
Ternyata salah besar sekali. Biaya hidup di Jakarta jauh lebih mahal dibanding Kuwait. Tapi ingat, cara membandingkannya harus sama 'apple to apple'. Jangan sekali kali membandingkan biaya hidup anda sebagai warga Jakarta yang bukan expatriate dengan biaya hidup anda di Kuwait sebagai expatriate. Bandingkan biaya hidup di Jakarta seumpama anda adalah expatriate dan di Kuwait anda sebagai expatriate. Nggak usah pusing pusing, sudah ada yang melakukan survey tentang hal ini, yaitu Marsh Mercer Kroll. Detail laporannya bisa dilihat di Mercer's 2010 Cost of Living survey highlights - GlobalLuanda, Angola-Afrika ternyata menjadi kota termahal nomor satu didunia.dan Jakarta (urutan 94) jauh lebih mahal dibanding Kuwait City (Urutan 152) atau kota kota lain di Timur Tengah.

Rank 2010
City
Country
1
LUANDA
ANGOLA
2
TOKYO
JAPAN
3
NDJAMENA
CHAD
4
MOSCOW
RUSSIA
5
GENEVA
SWITZERLAND
6
OSAKA
JAPAN
7
LIBREVILLE
GABON
8
ZURICH
SWITZERLAND
8
HONG KONG
HONG KONG
10
COPENHAGEN
DENMARK
11
SINGAPORE
SINGAPORE
50
ABU DHABI
UNITED ARAB EMIRATES
55
DUBAI
UNITED ARAB EMIRATES
94
JAKARTA
INDONESIA
139
MANAMA
BAHRAIN
144
RIYADH
KINGDOM OF SAUDI ARABIA
146
DOHA
QATAR
152
KUWAIT CITY
KUWAIT
176
MUSCAT
OMAN
181
JEDDAH
KINGDOM OF SAUDI ARABIA

Jadi kesimpulannya, apa yang ditakutkan untuk berangkat ke Middle East, khususnya Kuwait ? Manusia diciptakan untuk bisa flexible atau menyesuaikan diri, penghasilan besar maka biaya hidup cenderung sangat besar juga dan penghasilan kecil maka cenderung untuk berhemat. Kapan lagi bisa jadi pahlawan kalau bukan sekarang meskipun cuma Pahlawan Devisa. Sudah bukan jamannya lagi jadi pahlawan harus perang dulu, dengan Malaysia misalnya. Hanya seorang  pemberani dengan tekad besar saja yang berani mewarnai hidupnya dengan pengalaman internasional. Selamat berjuang dan sukses selalu Tenaga Kerja Indonesia dilmanapun anda berada.


3 komentar:

  1. Sejak beberapa bulan lalu seringkali saya melongok isi wordpress ini... asik dibaca..
    insya allah, mudah2an dimudahkan segala sesuatunya seperti keluarga pak ardi ini..

    pingin banget sih.. ada beberapa yg harus diselesaikan dulu :)

    wassalam

    BalasHapus
  2. mau tanya gaji,.engineer / Drafter di kuwait berapa om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pengalaman, interview dan pasaran. Cari saja di gulftalent.com

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.