Sabtu, 19 April 2014

Bahasa Isyarat, Sama Tapi Beda Arti

Yang Mana Gambar Bebeknya Dik ?
Tuuuuh Sambil Manyun - Sejak Kecil Memang Orang
Indonesia Sudah Terbiasa Menunjuk Dengan Manyun

Saya punya banyak teman India di Kuwait, sehari hari juga sering ngobrol bareng. Meskipun wajah orang India mirip dengan orang Srilanka, Pakistan atau Bangladesh, tapi mudah sekali mengenalinya karena orang India kalau berbicara kepalanya selalu bergoyang. Setiap goyangan kepala baik itu mengangguk, menggeleng atau goyang goyang tak beraturan semua mempunyai makna.


Sahabatku Dari India

Ketika saya tanyakan kenapa semua orang India kepalanya selalu gedeg gedeg kalau berbicara. Eh, jawabnya langsung balik bertanya 'Kenapa orang Indonesia kalau menunjuk sesuatu pakai mulut', 'Tuuuuh....' .sambil mulutnya manyun diarahkan ke arah tertentu. Kaget juga saya dengan serangan balik pertanyaannya. Saya akui umumnya orang Indonesia kalau menunjuk sesuatu memang pakai mulut yang dimanyunin. 'Tuuhhhh...... Itu Tuuhhhhh.....'


Arab : Kalau Jari menguncup Dan Digerakkan
Naik Turun Artinya Minta Jalan
'Sabar ..Sabar, Tunggu Sebentar Saya Mau Lewat'

Orang Arab lain lagi, kalau berbicara tangannya selalu bergerak. Sedang terima telponpun kalau berbicara tangannya juga bergerak nggak karuan. Saya sering heran juga, emangnya tangan digerak gerakkan seperti itu orang yang diajak ngomong diseberang sana bisa melihat ?.


Geleng Geleng Kepala Terus
Tanda Respect

Setiap gerakan tangan dan jari punya arti dan lama lama saya tahu juga kode kode dan maksud gerakan tangan tersebut. Dan saya tahu juga, ada beberapa gerakan isyarat tangan yang sama tetapi kemungkinan artinya bisa beda kalau dipakai dinegara lain.


Arab : Yang Ini Artinya 'Tunggu Sebentar Ya'
'Sabar Nanti Saya Kembali Lagi'
Banyak Dijumpai Sehari Hari di Kantor

Sebagai Arek Suroboyo, rasanya saya nggak punya bahasa isyarat lewat gerakan tangan atau kepala seperti orang India dan orang Arab. Hanya satu isyarat tangan yang sering dilakukan oleh Arek Suroboyo yaitu seperti gambar dibawah ini. Di Surabaya artinya 'mesum' yang mengarah pada hubungan suami istri dan belum tentu berarti marah. Di Turkey, isyarat tangan seperti ini artinya  marah berat. Hati hati jangan mendekat bisa digampar anda. 


Di Turkey Artinya Marah Berat
Kalau Ada Cewek Cantik Tangannya
Mengepal Seperti Ini Jangan GR Ya

Oleh karena itu ada baiknya juga untuk mempelajari bahasa tubuh atau bahasa isyarat  penduduk lokal kalau sedang jalan jalan ke negeri orang. Isyarat bisa sama tapi artinya bisa sangat berbeda. Dan ini sudah saya buktikan sendiri di Turkey. Saya saksikan sendiri ada wanita cantik tangannya mengepal sambil diacung acungkan keatas. Ini cewek cantik maksudnya apa. Sebagai arek Suroboyo, saya sempat senyam senyum GR melihat kepalan tangannya. tapi ekspresi wajahnya kok sedang marah.

Selamat Jalan Sahabat
Geleng Geleng

Kalau di Surabaya, gerakan kepalan tangan seperti diatas sangat lembut, singkat dan bukan diacung acungkan keatas. Maksudnya 'Mas, ayuk beginian' sambil si cewek ngedip ngedipkan mata agak genit. Di Gang Dolly, makelar didepan wisma juga dengan lembut memberi kode singkat kepalan tangan seperti diatas kepada orang yang lewat didepannya. Artinya kira kira 'Monggo mampir mas, kamare kosong'. Sekarang Gang Dolly tersebut sudah ditutup oleh bu Risma, walikota Surabaya. Saya yakin, salam khas Gang Dolly tersebut bakalan punah dari kota Surabaya dalam waktu dekat ini.

Thailand Dan Greece Artinya Kok
Berlawanan Dengan Indonesia Ya

Lihat video Geleng Geleng India dan artinya dibawah ini (Perlu Flash Player - Windows, Apple IOS nggak terlihat)..



Baca Juga :

3 komentar:

  1. Baru tau saya yg tanga org arb mksdnya apa wkwkwk

    Sring bwt main2 d kuliah

    BalasHapus
  2. anak saya ada rencana ke cyprus july 2017. bs diinformasikan cara utk mendapatkan visa turis ke cyprus
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya schengen visa bisa langsung masuk meskipun Cyprus bukan Schengen country.

      Atau datangin saja embassy cyprus terdekat.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.