Baca Blog Ini Saya Merasa :

Kamis, 21 Februari 2008

Visa Kuwait

Sejak kabar Family Visa sedang diurus, maka persiapan segala sesuatu dimulai. Belum sempat berpikir,tiba-tiba datang call dari Kuwait,"Eh… Bun…jangan lupa bawa cobek, di Kuwait enggak ada", kata Mas Ardi dari HPnya. Hah…aku terperangah, emang di Kuwait kagak ada,"Kalau enggak ada ya pakai blender aja", jawabku santai. "Emang, sambal terasi bisa di blender", sanggah Mas Ardi. "Iya…Iya", jawabku.


Yang saya pikir berapa harga cobek, dan berapa harga lelah membawa dari Jakarta sampai ke Kuwait. Nah itulah keributa-keributan sebelum berangkat.
Setelah Family Visa dan ticket saya terima di Jakarta, Wao…ternyata untuk Residence permit tertulis 'allowing the visa holder to stay in the country for a period of 2 months during that he should return to the General Department of Immegration for the procedures ....requested'. Dua bulan dech…harus semuanya beres. Kalau untuk Visa kunjungan berlaku 1 bulan, Tourism berlaku untuk jangka waktu 3 bulan dan visa transit hanya 7 hari. Itu semua peraturan yang berlaku untuk Negara Kuwait. Berbeda peraturan dari Negara satu dengan Negara lannya.


Langkah pertama yang aku lakukan dengan anak-anak adalah foto dengan latar belakang biru. Enggak jauh-jauh Saya, Ayu dan Dinda foto di Kodak, yang dapat selesai dalam waktu 20 menit. Dan hasilnya juga bagus sekali. Sebelum Family Visa dibawa ke Kedutaan Kuwait, yang terletak di jl. Mega Kuningan Barat III Kav 16-17, harus ada surat Medical Check Up dari RS atau Clinic yang ditunjuk oleh Kedutaan Kuwait. Ada beberapa tempat seperti Clinic Amanah, An-Nur, Assa’adah, Baakhtiar, Dewi Sartika, Insani, sampai Rs. Pondok Indah dan masih ada beberapa tempat lagi, sampai enggak ingat.


Aku, Ayu dan Dinda memutuskan ke Klinik Assa’adah. Karena sudah kenal dengan semua petugasnya. Persyaratan yang harus dibawa adalah Family Visa Asli yang datang dari Kuwait, Pas Foto ukuran 4 x 6 sejumlah 4 lembar dan foto Copy paspor rangkap 1. Kalau enggak mau repot mengisi blanko di Klinik tsb, bisa disiapkan dari rumah Biodata kita . Tinggal petugas yang mengisikan.


Di tempat pendaftaran kami melakukan pembayaran untuk General Check Up antara Rp. 300.000,-- Rp. 350.000,-. Kalau anak dibawah umur 17 th. Membayar hanya Rp. 250.000,-. Di Clinic tsb difoto dan scan jari kiri dan kanan , cek darah dan urine, X-ray, cek mata dan tekanan darah. Untuk mengetahui hasilnya kita menunggu satu hari. Keesokan harinya sudah tahu hasilnya, dan diberikan selebaran kertas Medical Report , yang berisikan Medical Examination dan Laboratory Investigation. .


Setelah hasil kesehatan kita selesai baru bisa dibawa ke Kedutaan Kuwait . Di Keduataan persyaratan yang diminta ringan hanya Hasil General Check Up kita, Family Visa, Paspor Asli, uang Rp. 550.000/ per orang. Dibutuhkan waktu antara 2 – 3 hari kerja. Kalau semua sudah selesai. Dan siaplah semua untuk terbang Ke Kuwait.

Dibawah ini syarat Calling Visa (Diproses di Kuwait oleh sponsor yang sudah tinggal di Kuwait).




Family Visa:
  • Applicant passport copy
  • ID and residence Permit (Iqomah)
  • Copy booking return ticket copy
  • Bank Account Statement (minimum US@. 2000= KD. 600)
  • ID Copy / The Sponsor's Passport
  • Sponsor's letter from Indonesia (wife, relative, guarantor, etc)
  • Married / Birth Certificate

Business/Conference/Study Visa :
  • Applicant passport copy
  • ID and residence Permit (Iqomah)
  • Copy booking return ticket copy
  • Bank Account Statement (minimum US@. 2000= KD. 600)
  • ID Copy / The Sponsor's Passport
  • Sponsor's letter from Indonesia (Business Partner)
  • Company's statement letter from Indonesia

Baca Juga :