Minggu, 14 September 2008

Untuk Calon KOC 2008 Jilid 2

Rekan rekan calon KOC 2008 yang akan segera berangkat ke Kuwait. Dibawah ini adalah beberapa rangkuman pembicaraan kita di Kuwait yang kita harapkan anda bisa mempersiapkan lebih baik.

  • Kita harapkan anda datang sesuai jadwal keberangkatan dalam PTA (Pre-Paid Ticket Advise - Tiket sudah dibayar dan ditentukan tanggal berangkatnya di Kuwait dan bisa di issue di tempat lain) yg sudah dikeluarkan. Cek saja ke kantor Kuwait Airways di Jakarta apakah sudah ada dan sesuai namanya. Bila belum segerakanlah tetapkan keputusan, kalau sudah mantap, berikan segera jadwal keberangkatan yg diinginkan tapi jangan terlalu lama, karena akan mempengaruhi besarnya bonus dan leave passage (penggantian uang tiket). Bila datang setelah tanggaal 31 Desember 2008, maka bisa dipastikan anda tidak akan dapat leave passage th 2008, hanya 2009 jadi hanya dapat sekali saja leave passage. Seminggu saja anda datang sebelum tahun 2008 berakhir anda sudah berhak leave passage 2008. Ini masalah duit yang akan anda terima beberapa bulan kedepan :)
  • Jangan membuat kartu kredit bila diminta daftar saat diantar ke bank disini. Tetap aktifkan kartu kredit anda di Indonesia. Biaya tahunan kartu kredit di Kuwait akan lebih mahal dan anda akan dikenakan biaya penutupan juga kalau akan menutup nanti. Biarlah pengalaman buruk ini kami saja yang jadi tumbalnya.
  • Tidak usah menukar uang KD (Kuwait Dinar) di Jakarta karena nilai kursnya rendah, bawa saja rupiah atau USD (lebih baik) nanti bisa ditukar di Fahaheel atau teman2 disini (tetapi Dollar anda harus seri H – th 2006 keatas)
  • Bikin account bank Mandiri dan mendaftarkan diri untuk mendaftarkan fasilitas internet bank dengan membeli token dll. Ini sangat penting uuntuk kemudahan dan keuntungan dalam pengiriman dana (gaji) dari Kwt-Jkt.
  • Bawa pas foto 4x6 dengan background biru sebanyak 40-50, untuk mengurus civil ID dll di passport section 16 buah, SIM – 6 buah, dll. Disini mahal 8 lembar 1 KD (Rp 34,000,-)
  • Beli baju dalam long john utk persiapan musim dingin, memang agak mahal (tetapi awet), beli di pasar Raya Blok M. Kalau beli disini cepat sekali mengecil setelah dicuci (bahannya nggak bagus)
  • Bawa perlengkapan Olah Raga seperti: sepatu , Raket Tenis, celana renang dll, karena disini ada fasilitas Olah Raga lengkap bagi karyawan (2 lokasi!)
  • Saat datang ke Kuwait langsung disarankan secepat mungkin meninggalkan guest house untuk pindah ke apartemen sebelum tanggal 10 bulan berikutnya supaya bisa segera mendapatkan housing grant pada bulan berikutnya. Misalnya sebelum 10 Okt sudah selesai menyerahkan kunci dan menanda tangani Housing Grant application form maka diharapkan dalam gaji bulan Oktober tanggal 25 sudah masuk kedalam accountnya masing masing. Uenak tenan ... 10 % untuk yang memberi informasi melalui blog ini :)
  • Teman di Kuwait dari awal sudah membawa anda semua keliling ke apartemen kawan kawan yang lebih dulu di Kuwait di Fahaheel/Mangaf. Informasi apartment kosong bisa anda dapatkan. Contoh : Ada informasi di Haiza ada apartemen juga bisa langsung disewa per tanggal 25 Sepetmber 2008 nanti, kalau cocok akan dibantu dibookingkan (ditalangi dulu oleh teman2 disini yang bersedia). (Ard)
Baca Juga :