Rabu, 12 Juli 2017

Ngrasain Jadi Bule Di Kenya

Anak Anak Sekolah Di Nairobi, Kenya
Cukup Saya Sapa 'Sudah Makan ?', Langsung Ngajak Photo


Seringkali kita menyaksikan dan ikut tertawa kalau ada turis asing grotal gratul mengucapkan salam atau kalimat dalam bahasa Indonesia. Semakin tersengal sengal mengucapkan kosakata Indonesia semakin banyak yang mengerubutinya. Kesannya aneh dan lucu. Apalagi, kalau turisnya bule, pasti ada yang ngajak selfie photo bersama. Sebenarnya para turis itu heran juga kalau sedang enak enak wisata tiba tiba diajak photo bersama. Dan sebenarnya sangat wajar juga para turis itu mempelajari beberapa kosakata bahasa Indonesia karena tahu sebagian besar penduduk Indonesia tidak menguasai bahasa asing sama sekali.


Turis Bule Kalau ke Indonesia Sering Bengong
Karena Selalu Diajak Photo Bersama


Sayapun juga demikian. Saat saya berkunjung ke Kenya, saya hapalkan terlebih dulu beberapa kosakata bahasa Swahili. Tetapi saya keliru, ternyata penduduk Kenya sehari hari berbahasa Inggris. Kenya punya dua Bahasa Nasional yaitu bahasa Inggris dan Swahili. Saat saya menyapa mereka dengan bahasa Swahili, terlihat semua orang tiba tiba begitu 'sumringah' mendekat dan sedikit kaget melihat ada 'Turis Pesek' mengajak berbicara dalam bahasanya.  Ada yang langsung tertawa lalu ngajak selfi. Sayapun nggak mau ketinggalan, langsung saya keluarkan iphone dan saya ajak selfie juga mereka.


Anak Anakpun Suka Turis Pesek Dari Indonesia
Jambo, Habari ? Natoka Indonesia

Yang saya hapal sebenarnya nggak banyak tapi cukup membuat 'hidup' suasana.  
  • Jambo - artinya Hi/Halo
  • Habari ? - artinya Apa Kabar
  • Natoka Indonesia - arinya Saya Dari Indonesia
  • Asante - artinya Terima Kasih
  • Karibu - artinya Selamat Datang
  • Kwaheri - artinya Selamat Tinggal
  • Ndiyo - artinya Ya
  • Hapana - artinya Tidak
  • Jina Lako Nani ? - artinya Siapa Namamu ?
  • Ushakula ? - artinya Sudah Makan ?
  • Nina Njaa - artinya Saya Lapar
  • Nina Kiu - artinya Saya Haus
Anak Anak Sekolah Kenya

Lebih heboh lagi saat saya bertemu dengan anak anak sekolah. Salah satu saya tanya namanya, 'Jina Lako Nani ?', dan salah satu anak menyebut namanya Njagua Ndese tapi minta dipanggil Jaguar. Sangar sekali panggilannya Jaguar. 
'Hah.... Jaguar ? ', pura pura kaget saya.  
'No..no... you are mbuzi', langsung ngakak semua teman temannya.


Eh, Disuruh Bergaya Mau
Keren Gayanya

Baru kemarin sore saya makan Nyama Choma, semacam Sate Kambing ala Afrika di pusat kota Nairobi. Ada tulisan Mbuzi di warung tersebut. Jadi cuma kata Mbuzi itu saja yang saya ingat dan terucap. Sampai saya berpisah dengan anak anak tersebut, masih terdengar suara ngakak senda gurau mereka. Si Jaguar mulai hari ini dipanggil Mbuzi oleh kawan kawannya. Mbuzi itu artinya Kambing.


Anak Sekolah Di Nairobi Wajahnya Diclontang Clonteng

Jambo Jaguar, eh Mbuzi
Ushakula ? Artinya Sudah Makan ?

Bu Guru Baru
Ngajari Lagu Anak Anak Indonesia, Ternyata Bisa

Gede gede, Ternyata Masih SMP
Ceweknya Gundul Semua

Akrab Bersama Guru Dan Anak Anak


Angkat Tangannya Semua
Selfie Dulu Ya

Jambo, Salam Buat Anak Anak Indonesia

Horeee  Jadi Bule Di Kenya

Orang Kenya Ternyata Mudah
Diajak Akrab Dan Bersahabat


Horeeee Pulang
Baca :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.