Kamis, 08 Juni 2017

Sesajen Si Hantu Kecil Garge'an

Pernak Pernik Garge'an
Isinya Permen, Kacang Dan Mainan

Di Kuwait dan juga negara sekitarnya, ada hari yang benar benar ditunggu oleh anak anak setiap bulan Ramadhan, yaitu hari ke 14. Di Indonesia nggak ada hari ke 14 ramadhan dirayakan seperti disini. Pada hari ke 14 inilah anak anak keluar rumah, jalan kaki berombongan dan berkunjung ke tetangga kiri kanan sambil memakai pakaian warna warni dan wajah dihias clontang clonteng lucu sekali. Hari ke 14 Ramadhan inilah yang disebut Guirgian atau Garge'an. Baca penjelasan detail dalam link ini :  Guirgian - Garge'an Kuwait


Bingkisan Garge'an Lucu Lucu
Isinya Boneka Kecil Bawa Kranjang Isi Permen

Karena rumah saya berbaur dengan penduduk asli Kuwait, maka setiap hari ke 14 ramadhan seringkali kedatangan rombongan anak anak. Saat pertama kali, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan saat kedatangan anak anak tersebut. Saya biarkan saja anak anak tersebut masuk kerumah saya, clingak clinguk cari makanan tapi nggak ada yang bisa dimakan. Tapi lama lama saya tahu juga apa yang harus saya siapkan saat ramadhan. Beberapa hari sebelum hari ke 14, saya sudah belanjakan pernak pernik Guirgian buat anak anak yang akan datang tengah malam setelah buka puasa nanti.


Satu Keranjang Harganya Sekitar KD 15
Isinya Boneka Kain Dan Permen

Pernak pernik Giurgian tersebut banyak dijual di berbagai macam toko, karena isinya cuma bungkusan permen saja. Yang agak mahalan sedikit ditambahin boneka kain atau mainan plastik. Rata rata harga satu keranjang sekitar KD 15 (sekitar Rp 600 ribu). Nanti permen permen dan boneka/mainan dalam keranjang ini akan diserbu oleh anak anak dan dimasukkan kedalam tas guirgian yang dibawanya.


Bonekanya Ini Yang Bikin Harga Mahal
Permennya Mah Murah

Saat anak anak tersebut datang, kita harus pura pura kaget dan takut dulu ada makhluk kecil clontang clonteng warna warni. Setelah itu anak anak tersebut akan menyanyi yang artinya kira kira 'saya makhluk kecil guirgian, apakah boleh masuk'. Sebagai tuan rumah, sebisa mungkin saya ikutan nyanyi, tapi pakai bahasa Jawa karena nggak tahu bahasa Arab sama sekali.




Baju Dan Kantong Tas Garge'an
Bisa Buat Nampung Permen Sekilo


Tinggal Pilih
Satu Keranjang Sekitar KD 15


Salah Satu Toko Yang Semarak Menjual
Permen Dan Kacang Buat Garge'an

9 Jun 17 Jam 10 Malam Akhirnya Anak Anak Yang Kutunggu
Datang Semua


Berebut Permen Dan Boneka Garge'an


Antri Ya Satu Persatu
Eh, Anak Anak Arab Nurut Disuruh Antri. Ngerti Bahasa Jawa


Sedih Deh Pindah Ke Rumah Tetangga

Pindah Deh Anak Anakku Yang Lucu
Cantik Dan Ngganteng Ke Rumah Tetangga


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.