Minggu, 25 Januari 2015

Sewa Rumah Tanpa Hantu Di UK, Di Jaman Internet

Rumah Sewa Yang Sudah Di Book Online
Akan Tertulis 'Sold' Tapi Papan Namanya
Tidak Dilepas
Tanggal 21 Januari 2015 yang lalu saya 'boyongan' pindah rumah ke United Kingdom. Prosesnya ternyata tidak serumit seperti yang saya bayangkan. Sekitar sebulan sebelum saya berangkat ke UK, saya mulai browsing mbah Google dengan keyword "House Rent In Aberdeen", "House Rent In Manchester" atau terserah tulis saja nama kota yang anda inginkan. Saya juga coba searching mbah google dengan keyword 'Property for Rent in nama kota', berhasil nemu banyak sekali pilihan rumah. Setelah saya sampai di UK, saya baru tahu bahwa istilah 'Rumah Sewa' itu bukan 'To Rent' tapi 'To Let'. Kalau di Belanda lain lagi, istilahnya 'Te Huur'. 

Sempat Kaget Dengar Istilah To Let
Mikir Sebentar Akhirnya Tahu Juga Maksudnya
To Rent

Bukan 'To Rent' Kalau Di UK
Tapi 'To Let'. Di Belanda 'Te Huur'

Terserahlah dengan istilah istilah yang terasa aneh ditelinga saya ini. Yang jelas, website property yang saya temukan melalui mbah google sangat bisa dipercaya. Saya juga baru tahu setelah saya mengunjungi kantornya. Sebuah kantor kecil seukuran ruko ternyata mengelola banyak sekali website untuk pemasarannya. Istilah kerennya masih satu group pemasaran. Pantas saja rumah yang sama ada kemungkinan bisa ditemukan di website yang lain. Kalau kita datangi langsung rumah yang dimaksud, kita baru tahu siapa broker yang sebenarnya karena di papan iklan depan rumah tertulis jelas nama website si broker yang asli.


Ini Rumah Baruku Di England
4 Tahun Saya Akan Tinggal Di Rumah Antik Ini
Untuk sewa rumah di UK taripnya mingguan, tapi kontraknya per 6 bulan atau lebih. Nggak mau kalau disewa cuma seminggu saja. Entah broker yang lain, mungkin ada yang mau. Untuk 6 bulan pertama harus dibayar penuh biaya sewa selama 6 bulan, setelah itu kontrak sewa akan diperpanjang otomatis bulanan. Artinya setelah 6 bulan pertama cara bayar sewanya bulanan. Selain bayar 6 bulan langsung, penyewa juga harus bayar deposit yang lumayan mahal, kira kira sebesar 2 sampai tiga kali biaya sewa per bulan.

Ternyata Kantornya Berada Dalam Ruko Kecil
Satu Kantor Kecil Ini Mengelola Banyak Sekali Website
Deposit ini sebagai jaminan untuk 'Landlord' atau si pemilik rumah kalau ada barang barang yang hilang, rusak atau dijual si penyewa. Di UK banyak juga lho penyewa yang bandel, barang barang isi rumah sewa dijual di pasar loak. Tunggu saja cerita berikutnya.

Sangat Profesional, Semua Dijelaskan Dengan Detail
Mulai Hak Dan Tanggung Jawab, Cara Menyampaikan
Keluhan Dan Inventory Barang
Pada saat booking rumah online dari Kuwait, pihak pemasaran yang punya website cuma minta bayaran sebesar satu bulan saja sebagai tanda jadi. Kwitansi bukti pembayaran tanda jadi cukup discan dan dikirim ke penyewa melalui e-mail. Tanya jawab juga dilakukan melalui email atau whatsapp sampai konsumen puas dengan pilihan rumahnya. Memang ada kekhawatiran saat itu, jangan jangan photo photo yang terpampang di websitenya tidak sesuai dengan kenyataan.

Berbagai Macam Brosur Disediakan Di Kantor
Mulai Prosedur Pelaporan Maintenance
Dan Juga Asuransi Kebakaran
Ternyata tidak, photo diambil pada hari yang sama sejak mulai ditayangkan di website. Cuma yang agak surprise, ternyata rumah rumah di UK semuanya kuno kuno meskipun interiornya baru dan modern. Jangan jangan ada hantunya ?. Sempat kaget juga saat bertemu dengan staff pemasaran, orang UK ternyata nyaris sama dengan orang Indonesia. Mereka percaya hantu hantu gentayangan dan takhayul. Begitu saya pancing cerita hantu, langsung dikeluarkan berbagai macam brosur tentang Ghost Tour di segala penjuru UK.

Tanda Tangan Kontrak Sewa Rumah
Dan Serah Terima Kunci
Udah udah jangan cerita hantu. Saya batalkan sewa rumah ini meskipun kontrak sudah ditanda tangani.
'Please write and sign here, No Ghost Guarantee !!!'
'Once again, NO GHOST GUARANTEE !!!, please sign...'

Siap Pindah Rumah
Rumahnya Kuno Kuno Semua
Ada Hantunya Nggak Ya ??? Hiiiiii !!!!

Baca Juga :



10 komentar:

  1. Lah buk rumahnya kyk keliatan rumah lama gitu ya buk? Kyk serem deh buk rumah lama

    BalasHapus
  2. Berarti sekarang ga tinggal di kuwait lagi y buk? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, Masih cinta Kuwait dan bakalan mondar mandir terus.

      Hapus
  3. Ternyata "dunia lain" ada di UK jg... Hihiii...
    Smoga sehat slalu buat Bunda Susi... Aamiin...

    BalasHapus
  4. Bu susi sama pak ardi ini krja nya apa ya???kooo jalan jalan trs enaaaak...hihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. TKI bu. Ya gini inilah nasib TKI. Jalan kemana saja sesukanya, cari kerja sendiri tanpa sedikitpun diperhatikan negara.

      Hapus
  5. Bu susi koq brubah ? Saya tunggu cerita petualangan di UK..

    BalasHapus
  6. tersewa tapi kok tulisannya sold ya bukan rented ya Om/Tante?
    masuk rumah pecahin kendi yang diisi air, nanti kan hantunya pada lari…

    BalasHapus
  7. Lebih sering menulis lagi ya bu..aku akan selalu merindukan tulisan kisah2 bunda Susi yang selalu senyata2nya...view nya beda banget..

    BalasHapus
  8. Hebat ibu. Tapi apa betul ada hantu nya. Dan apakah di luar negeri hantu nya berbicara bahasa inggris atau bahasa hantu. Salam kenal Bu. Artikel nya bermanfaat buat saya. Insha Allah bisa ke inggris

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.