Selasa, 31 Mei 2011

Belajarlah Dari Kucing

Habibi - Nggak Punya KTKLN
Ya nasiiib,  ini cerita tentang carut marutnya pemerintah Indonesia dalam usaha memberi Perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia diluar negeri. Caranya cukup unik yaitu BNP2TKI mewajibkan semua pekerja memiliki KTKLN (Kartu Tanda Kerja Luar Negeri). Konon kalau sudah memiliki kartu sakti ini akan mudah dilacak keberadaannya dan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia akan menjadi lebih baik. Apa ya iya ? Kenyataannya digunakan untuk ajang korupsi dan pemerasan terhadap TKI oleh oknum tertentu di bandara Soekarno Hatta Cengkareng bagi yang tidak memiliki kartu sakti ini dan juga saat pengurusan. Kartunya gratis tetapi syaratnya harus bayar asuransi Rp 400.000 untuk bisa mendapatkan kartu sakti ini.

Habibie - Pulang Dari
Pasang Microchip
Saya punya seekor kucing di Kuwait, namanya Habibie tetapi sering juga dipanggil Pancake. Beberapa tahun lalu saya bawa ke sebuah rumah sakit hewan besar di daerah Wafra untuk imunisasi (Baca : Enaknya Jadi Kucing Di Kuwait). Biayanya cukup mahal untuk seekor kucing. Setelah diusut ternyata sebuah microchip ditanam dibawah kulit si kucing. Pak Dokter bilang microchip tersebut untuk 'Perlindungan' bagi si kucing. Kalau kucing hilang tinggal telpon rumah sakit dan dengan mudah akan diketahui keberadaan si kucing dari komputer yang ada di rumah sakit. Microchip yang ditanam dibawah kulit kucing tadi mungkin semacam Global Positioning System.

ADS-B Flight Radar
Yang sedikit mahal dari microchip kucing diatas namanya ADS-B. Alat seharga EURO 500 ini banyak ddipasang di pesawat terbang komersial dan gunanya untuk 'Perlindungan'  juga, yaitu melacak posisi pesawat baik didarat maupun diudara. Anda bisa melihat secara live pesawat pesawat komersial yang memiliki ADS-B sedang terbang melalui Flighradar24.  Softwarenya bisa didownload gratis ke IPhone atau Ipad. Contoh aplikasi semacam lainnya adalah Flight Track. Jadi, inilah yang namanya perlindungan real time yang sebenarnya, semua orang bisa melihat keberadaan pesawat terbang kapanpun juga secara real time.

IPad -  Gampang Dicari
Kalau Ilang
Apple Computer juga telah menamamkan system pelacak disetiap produk terbarunya seperti IPhone dan IPad. Nama aplikasinya Find IPhone, tinggal install dan setup di unit Iphone atau IPad anda maka kalau sampai hilang dengan mudah bisa dilacak keberadaanya melalui google map dari komputer lain. Ini juga namanya 'Perlindungan' terhadap iPhone dan IPad yang dengan susah payah kita beli dengan haga mahal.

Kalau saja BNP2TKI mau belajar dari kucing kucing di Kuwait, sudah pasti tidak ada TKI yang dipalak oknum petugas bandara di Cengkareng. Juga tidak akan ada korupsi lagi di Indonesia. Suntik saja setiap TKI yang mau berangkat keluar negeri dengan microchip dibawah kulitnya. Kalau tidak mau, kalungkan saja ADS-B, masih tidak mau juga beri saja IPhone atau IPad masing masing satu. Gampang kan untuk melacak dan memberi perlindungan kepada TKI ?

Baca Juga :
 Silahkan baca polemik KTKLN dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.